Manfaat Susu Untuk Anak dan Orang Dewasa

manfaat susu kambing
Meminum susu ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak.  Baik itu susu kambing maupun susu sapi.  Karena susu memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.  Nutrisi-nutrisi yang dikandung susu inilah yang akan memperkuat kemampuan dan kesehatan baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa.  Susu mengandung aneka nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan gizi anak. Contoh, asam lemak tak jenuh (AA, DHA, sphingomyelin), serat pangan yang berperan sebagai prebiotik (Fos-Gos), mineral (kalsium, fosfor, dan magnesium), dan lain sebagainya.

Ada banyak susu yang tersedia disekitar kita.  Mulai dari susu formula, susu tawar, susu sapi hingga susu kambing.  Kemasannya pun beraneka ragam.  Ada yang menambahkan dengan aneka macam rasa untuk menarik perhatian terutama untuk kalangan anak-anak.  Harga susu pun juga sangat bervariasi mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Meminum susu adalah kebiasaan yang baik yang perlu dilakukan oleh setiap anggota keluarga.  Kita bisa membiasakan minum susu dua kali dalam sehari.  Terutama untuk anak-anak agar dibiasakan meminum susu sejak dari kecil.  Mengingat susu bisa membantu untuk meningkatkan tumbuh kembangnya agar lebih sehat dan lebih cerdas.

Mengapa kebiasaan meminum susu ini perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari?  Meminum susu adalah salah satu Sunnah Nabi yang patut kita contoh.  Nabi Muhammad pun gemar meminum susu bersama sahabat-sahabat beliau.  Bahkan manfaat susu ini merupakan minuman yang tidak bisa digantikan dengan makanan yang lain.  Bahkan Nabi pun mengajarkan tentang cara berdoa setelah meminum susu.  Doa yang diajarkan setelah minum susu adalah dengan membaca

"Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu"

yang artinya "Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah kami tambahan susu."

Lantas manfaat apa yang bisa didapat dengan meminum susu secara rutin?  Manfaat meminum susu adalah sebagai berikut

1.  Akan membuat tulang lebih sehat

Masih ingat dengan osteoporosis atau pengeroposan tulang?  Penyebabnya adalah kekurangan kalsium.  Untuk membantu penyakit osteoporosis ini maka bisa dibiasakan dengan meminum susu sejak anak-anak.  Mengingat kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

2.  Susu membuat gigi sehat

Kandungan kalsium dan fosfor pada susu ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.  Untuk membantu kesehatan gigi setelah meminum susu dianjurkan untuk berkumur seperti yang telah Nabi dan sahabat lakukan setelah meminum susu.  Dengan berkumur akan menghilangkan lemak yang menempel pada mulut dan gigi.

3.  Meningkatkan kecerdasan

Tak dipungkiri   bahwa kandungan DHA yang dikandung susu sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak-anak.  Susu bisa menjadi salah satu sumber asupan untuk anak-anak.  Apalagi kalau anak-anak masih sekolah, tentu akan sangat membantu kinerja otaknya.

4.  Susu akan membuat lebih aktif

Susu akan mampu untuk menjaga kesehatan baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa.  Terlebih untuk anak-anak, susu akan menjaga badan tetap sehat dan bugar sehingga aktifitas sehari-haripun akan bisa berjalan lebih maksimal.  Tubuh yang sehat akan membuat semangat lebih hidup dan tentunya akan membuat anak-anak lebih aktif.

5.  Sebagai makanan pendamping

Tak diragukan lagi sifat anak-anak yang terkadang lupa dan susah untuk makan.  Susu ini bisa dijadikan makanan pendamping agar anak tetap kuat.  Sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit karena lupa makan.

Membiasakan meminun susu adalah hal yang positif.  Yang perlu diperhatikan adalah tentang cara pemilihan susu.  Pilihlah susu yang paling baik untuk menghindari penyakit obesitas karena tambahan lain yang terkandung di dalam susu.  Yang terbaik diantara susu yang ada adalah susu kambing, sebagaimana Nabi membiasakan meminum susu kambing.

No comments:

Post a Comment