Manfaat Olahraga Edukatif Untuk Anak

manfaat olahraga anak
Manfaat Olahraga Untuk Anak.  Olahraga bersama anak merupakan hal yang sangat menyenangkan.  Meskipun hanya sekedar jalan-jalan pagi putar keliling taman.  Biasanya start awal olahraga dimulai kisaran pukul 5 pagi sudah mulai jalan dengan anak.  Anak-anak juga senang diajak olahraga pagi.  Apalagi kalau si anak punya sepatu baru, pasti akan mudah untuk membangunkannya dipagi hari.  Manfaat olahraga pagi ternyata juga bisa melatih anak untuk bangun pagi lebih awal.

Olahraga merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.  Banyak para dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan agar memberikan waktu untuk berolahraga.  Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga butuh waktu untuk olahraga.  Waktu bisa disesuaikan, bisa olahraga pada waktu pagi maupun olahraga pada waktu sore hari.  Menyisihkan waktu untuk berolahraga 2 kali dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan badan.  Tentunya olahraga yang bisa mengeluarkan keringat dan minimal 30 menit.

Banyak artikel-artikel yang membahas tentang manfaat olahraga baik itu untuk anak dewasa maupun anak-anak.  Manfaat olahraga antara lain menjaga kesehatan, menurunkan kolesterol, menurunkan stress, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya.  Manfaat olahraga untuk anak-anak dan orang dewasa ini sudah dibahas panjang lebar dalam beberapa situs.  Terutama situs-situs yang berisi tentang kegiatan olahraga.

"Men Sana In Corpore Sano" (Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat)

Tapi ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan berolahraga.  Terutama untuk pendidikan anak.  Makanya para orang tua jangan sungkan untuk mengajak anaknya berolahraga.  Biasanya kesempatan yang tepat untuk mengajak anak olahraga pagi adalah pada waktu liburan.  Selain anak libur sekolah, kita sebagai orang tua juga sedang libur dari pekerjaan kantor.  Rasanya merupakan waktu yang tepat untuk janjian mengajak anak-anak olahraga pada hari minggu pagi.

Lantas manfaat apa yang bisa didapatkan dengan olahraga bagi anak-anak?  Adakah nilai edukatif dari olahraga untuk anak-anak?

Berikut adalah manfaat olahraga untuk membantu perkembangan dan tumbuh kembang anak

1.  Membantu pembentukkan fisik anak.

Dengan berolahraga rutin bisa membantu untuk membentuk berat badan ideal anak.  Selain itu olahraga juga bisa membentuk tubuh anak agar terlihat atletis dan kuat.  Anak-anak dengan postur tubuh yang gagah akan lebih terlihat menarik dan bisa kita bentuk melalui olahraga. Selain itu fisik yang ideal memungkinkan anak untuk bergerak lebih leluasa.

2.  Sebagai media pendidikan untuk anak.

Permainan olahraga sangat beragam.  Mulai dari olahraga yang bersifat individu maupun olahraga yang bersifat kerjasama atau tim.  Dengan media olahraga maka kita bisa menyisipkan nilai pendidikan untuk anak.

3.  Memberikan manfaat sosial untuk anak.

Dengan berolahraga akan bisa membentuk jiwa sosial anak.  Terutama ketika kegiatan olahraga tersebut dilakukan bersama dengan anak-anak lain.  Dengan berolahraga maka bisa mengakrabkan dengan anak yang lain dan olahraga juga dijadikan media silaturahim yang efektif.  Misalnya untuk menambah tali persaudaraan dengan tetangga setelah anak seminggu penuh belajar di sekolah.

4.  Menanamkan akhlak kepada anak.

Sportivitas adalah slogan yang senantiasa lekat dengan olahraga.  Ternyata dengan olahraga juga bisa menananmkan nilai-nilai kejujuran, keadilan, menahan emosi dan akhlak-akhlak lainnya.

5.  Mengembangkan ekspresi dan daya cipta anak.

Dengan berolahraga maka akan bisa membantu anak untuk mengekspresikan dirinya.  Daya cipta anak juga bisa disalurkan dengan media olahraga.  Karena ada beberapa anak yang baru muncul daya kreasinya manakala anak sudah bergerak.

6.  Membantu pengembangan diri.

Banyak olahraga-olahraga yang bisa digunakan sebagai media untuk mengembangkan kemampuan anak.  Tak sedikit orang yang berhasil dari cabang olahraga.  Bahkan ada beberapa pengusaha yang lahir dari dunia olahraga.  Yang pasti dengan olahraga maka akan bisa meningkatkan kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak.  Melompat, melempar bola, memukul bola adalah olahraga yang berkenaan dengan kemampuan motoriknya.

7.  Memberikan manfaat solutif.

Anak-anak juga bisa mengalami tegang pikiran.  Apalagi kalau anak sudah memasuki dunia pembelajaran di sekolah.  Pelajaran yang sulit tentunya juga bisa membuat anak stress.  Nah untuk membantu menghilangkan dan menyalurkan stress ini maka olahraga adalah solusi yang tepat.

Banyak aneka olahraga yang bisa dimainkan para anak-anak.  Permainan untuk anak laki-laki juga banyak macamnya, begitu pula olahraga untuk anak perempuan.  Semua olahraga bisa membantu untuk menjaga kesehatan terutama menjaga kesehatan jantung.  Jantung adalah salah satu organ vital yang harus dijaga dengan baik.  Peredaran darah yang lancar akan sangat membantu untuk meningkatkan tingkat kecerdasan anak.  Anak yang aktif akan memiliki fisik yang sehat dan ideal.

Olahraga yang didampingi dengan makanan yang sehat akan lebih mampu untuk menjaga kesehatan dan tentunya akan membantu anak agar lebih cerdas dan lebih kreatif.  Yang terpenting adalah rutin dalam menjalankan dan istiqomah.  Salam olahraga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Olahraga Edukatif Untuk Anak"