Tips dan Cara Agar Anak Tetap Gembira

anak gembira
Anak adalah permata indah yang menjadi hiasan keluarga yang bisa membuat hati orang tua senang dan gembira.  Ketika anak merasa gembira maka kita sebagai orang tua juga akan merasakan hal yang sama yaitu ikut bergembira.  Kegembiraan anak adalah nilai mahal yang tidak bisa diukur dengan materi.  Karena menyenangkan anak dan membuat anak tetap riang gembira bukanlah pekerjaan yang mudah.

Rasa gembira anak akan menurun drastis dan bisa kita lihat  manakala anak terkena sakit.  Sehingga tak jarang orang tua akan melakukan banyak hal agar anaknya terlihat riang, ceria dan gembira.  Mulai dari mengabulkan semua keinginan anak, yang terpenting anak sembuh dan sehat.  Apabila anak sehat maka anak akan lebih mudah untuk tersenyum dan perasaan orang tua pun juga akan tenang.

Anak yang memiliki sifat riang dan bergembira merupakan salah satu ciri anak yang bersemangat tinggi.  Anak yang memiliki semangat tinggi maka akan lebih bersikap aktif dan akan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Dan anak yang berjiwa gembira akan lebih berpeluang menjadi anak yang bisa berkarya dan berinovasi.  Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh kembang dengan jiwa yang senantiasa bergembira.

Anak merupakan sosok yang tidak mudah untuk berbohong.  Termasuk kesamaan hati dan tingkah laku tidak akan ada kemunafikan.  Manakala anak merasa sedih si anak juga akan mengekspresikan kesedihannya yang bisa terlihat dari pancaran wajahnya.  Begitu pula ketika hati anak sedang riang gembira maka kita akan bisa melihat pancaran ceria diantara raut wajahnya.

Tak selamanya anak akan selalu merasa riang gembira.  Oleh karena itu peran orang tua dalam mengasuh anak agar tetap bergembira mutlak dilakukan.  Menggembirakan anak tidak harus dengan membelikan anak mainan yang bagus dan banyak.  Bukan pula dengan senantiasa memanjakan anak dan menuruti segala kemauan anak.  Kalau menggembirakan anak dengan cara seperti ini maka nantinya anak malah manjadi pribadi yang tidak mandiri dan mudah putus asa.

Kita sebagai orang tua bisa melakukan cara-cara sederhana namun anak akan bisa merasakan bahagia dan gembira.  Perhatian dan kasih sayang yang diberikan inilah yang membuat anak akan merasa tenang, nyaman.  Rasa nyaman dan tenang inilah yang akan memicu anak untuk senantiasa bersikap riang gembira.

Lalu cara-cara seperti apakah yang bisa dilakukan orang tua dalam rangka untuk menggembirakan hati anak?  Setidaknya ada enam hal langkah sederhana untuk menggembirakan hati anak yaitu

1.  Memberikan sambutan anak dengan baik

Adakalanya kita juga harus menyambut kehadiran anak dengan baik.  Bukan hanya orang tua saja yang ingin disambut.  Anak juga ingin disambut oleh orang tuanya.  Misalnya ketika anak baru pulang dari sekolah.  Sempatkanlah waktu untuk menunggu dan menyambut anak di depan pintu.  Berikan sambutan hangat dan berilah senyuman.  Tanyakan kepadanya bagaimana kabar dan keadaan anak ketka di sekolah.  Apabila ada waktu bisa juga dengan menyambutnya dengan menyiapkan makanan kesukaannya.  Rasa perhatian yang tulus inilah yang nantinya akan membuat hati anak untuk tetap bergembira karena orang tuanya peduli kepadanya.

2.  Memberikan ciuman dan bercanda dengan anak

Janganlah bersikap pelit kepada anak dengan meminimalkan ciuman kepada anak.  Manakala anak bisa bersikap lebih baik dari sebelumnya berilah pujian dengan memberikan ciuman.  Maksudnya adalah agar anak merasa diperhatikan dan untuk menjaga kondisi hatinya tetap bergembira dan bersemangat. 

Selain itu juga para orang tua sebaiknya memberikan waktu kepada anak untuk bermain bersama.  Kita bisa ikut bercanda kepada anak. Anak yang bisa tertawa geli tentunya akan membuat badannya tetap sehat dan ceria.

3.  Berikan usapan di kepala anak

Para istri juga akan merasa senang apabila rambut atau kepalanya dibelai dan diusap-usap oleh suaminya.  Begitu juga dengan anak.  Anak juga akan merasa nyaman manakala kepalanya diusap dengan tangan kita.

4.  Menggendong dan memangku anak

Menggendong dan memangku anak bukan saja dilakukan ketika anak masih dalam kondisi bayi.  Seorang balitapun juga memerlukan gendongan dan pelukan hangat dari orang tuanya.  Kehangatan inilah yang akan membuat hati anak tetap semangat dan bergembira.

5.  Memberikan hidangan makanan yang baik

Makanan adalah salah satu kesukaan anak-anak.  Siapkanlah makanan yang lezat dan menyehatkan untuk anak agar bisa membantu tumbuh kembangnya.  Asupan gizi yang cukup akan menjaga stamina anak tetap sehat sehingga anak tidak akan mudah merasa lunggrah,lesu dan loyo.

6.  Meluangkan waktu untuk makan bersama anak

Berilah jadwal yang baik dengan agenda makan bersama keluarga.  Dan biasakanlah para orang tua untuk mengajak anaknya makan bersama meskipun hanya sekali dalam sehari.  Dengan acara makan bersama ini akan menjalin rasa kasih sayang antara anak dan orang tua.  Selain itu dengan kegiatan makan bersama ini maka kita akan bisa menyisipkan nasehat-nasehat untuk anak yang memang dirasa perlu untuk disampaikan kepada anak.

Orang tua yang cerdas tentunya akan senang melihat anaknya bergembira.  Rasa gembira anak ini harus tetap dipelihara agar anak tidak mudah sakit dan terserang penyakit.  Jangan biarkan hari-hari anak dihabiskan dengan muka kusam dan cemberut.  Anak yang suka bergembira maka akan memancarkan nuansa bersemangat yang bisa kita lihat dari pancaran wajahnya.  Menjadikan anak tetap bergembira merupakan tanggung jawab orang tua.  Itulah sekilas tentang cara dan tips untuk menggembirakan buah hati kita.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Cara Agar Anak Tetap Gembira"