10 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan sehat ibu hamil
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil.  Makanan adalah salah satu sumber gizi untuk ibu hamil.  Asupan makanan yang baik akan sangat mempengaruhi perkembangan janin yang sedang dikandung ibu hamil.  Pertumbuhan janin yang normal akan sangat membantu lancarnya proses persalinan ibu hamil.  Meskipun hal tersebut bukan faktor utama ibu hamil akan bisa melahirkan normal, namun bayi yang sehat dan berat badan yang normal akan sangat berperan dalam proses persalinan normal.

Oleh karena itu para ibu hamil harus memperhatikan dengan baik faktor makanan yang dikonsumsinya agar si ibu hamil tidak mengalami obesitas ataupun kekurangan asupan gizi disebabkan karena rendahnya gizi makanan yang dikonsumsi.  Untuk membentuk janin yang sehat dibutuhkan penyeleksian makanan yang tepat.  Banyak makanan sehat yang tersedia dan bisa diolah sesuai dengan selera para ibu hamil.


Bagi bunda yang baru hamil pertama mungkin akan sangat berhati-hati terhadap makanan sehat yang dikonsumsinya.  Tapi bagi bunda yang sudah mengalami masa kehamilan lebih dari dua kali bisa jadi tidak akan terlalu peduli dengan makanan yang dikonsumsinya.  Ibu hamil akan tetap boleh makan selama makanan tersebut bukan pantangan untuk ibu hamil, karena ibu hamil juga memiliki pantangan makanan.

Untuk membantu janin tumbuh sehat dan untuk menjaga kesehatan para ibu hamil, setidaknya ada 10 makanan sehat yang layak untuk dijadikan menu sehari-hari.  Apa saja makanan sehat tersebut? Mari kita simak 10 makanan sehat untuk ibu hamil

1.  Telur

Kandungan gizi pada telur sangat tinggi, apalagi kalau tersebut adalah telur organik.  Telur organik akan bebas dari zat-zat kimia tambahan.  Banyak di kampung-kampung yang menjual telur alami.  Telur memiliki kandungan protein yang berkualitas, kaya akan kolin dan juga mengandung lemak omega 3 yang akan membantu pertumbuhan otak janin agar tumbuh sehat.

2.  Ikan salmon

Ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.  Kandungan omega 3 tanpa lemak sangat bagus untuk membantu pertumbuhan janin.  Tapi para bunda juga perlu waspada terhadap ikan salmon ini, terutama kandungan merkurinya.  Sebaiknya para ibu hamil jangan berlebihan dalam mengkonsumsi ikan salmon.  Setidaknya sekitar 12 ons perminggu agar tidak berlebihan.  Untuk menjaga kesehatan pilihlah ikan yang memang alami dan jauh dari bahan pengawet.

3.  Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang paling baik adalah kacang buncis.  Kacang-kacangan banyak mengandung serat dan protein yang tinggi.  Serat tinggi akan sangat membantu ibu hamil dalam menghadapi penyakit sembelit.  Karena sembelit biasanya akan dialami para ibu hamil.  Selain itu kacng-kacangan banyak mengandung besi, folat, kalsium, dan seng.

4.  Ubi jalar

Banyak ubi jalar yang dijual baik itu di pasar maupun di supermarket.  Ubi jalar ini banyak mengandung karotenoid.  Karotenoid bisa dikonversi menjadi vitamin A.  Yang mana pengkonversian ini ketika sedang diperlukan tubuh.  Jadi berbeda dengan vitamin A yang terdapat pada makanan sehat lainnya.

5.  Popcorn dan biji-bijian

Popcorn kaya akan serat, vitamin E, selenium dan fitonutrien.  Popcorn adalah makanan sehat yang cocok untuk para ibu hamil.

6.  Walnut

Walnut juga merupakan makanan yang kaya akan sumber nabati dan omega 3.

7.  Yoghurt

Yoghurt yang paling baik adalah yoghurt yunani, karena yoghurt yunani memiliki kandungan gizi 2 kali lebih tinggi daripada yoghurt biasa.  Yoghurt banyak mengandung kalsium.

8.  Sayuran

Sayuran sangat banyak mengandung gizi yang wajib untuk dijadikan menu bagi ibu hamil.  Pilihlah sayuran alami yang bebas dari racun dan pestisida.  Cuci dengan baik sebelum dimasak.  Sayuran warna-warni juga banyak mengandung gizi tinggi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

9.  Daging tanpa lemak

Daging juga merupakan makanan yang kaya akan protein tinggi.  Sebaiknya para bunda memilih daging yang sudah dipisahkan dengan lemaknya.  Tapi para bunda juga harus berhati-hati dalam mengolah daging.  Pastikan daging yang diolah benar-benar matang agar terbebas dari bakteri dan virus yang berbahaya untuk janin dan para bunda.  Karena ada beberapa daging yang mengandung virus toksoplasma.

10.  Buah-buahan

Jangan lupa para bunda bayak mengkonsumsi buah-buahan segar.  Kandungan vitaminnya yang tinggi akan sangat membantu stamina dan kesehatan para ibu hamil.  Pilihlah buah-buahan segar yang aman dari pestisida.  Cuci dengan baik sebelum dimakan.  Ketika buah-buahan dijadikan menu pendamping makan besar, sebaiknya makan buah terlebih dahulu baru bunda makan makanan yang tergolong makanan berat.  Jadi buah sebaiknya tidak dijadikan makanan penutup, tapi jadikan makanan pembuka karena sifat buah-buahan yang mudah membusuk ketika sudah berada di dalam lambung.

Makanan sehat adalah makanan yang wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil.  Buatlah daftar dan menu untuk membantu para bunda mengatur pola makannya.  Dengan mengetahui daftar makanan maka para bunda akan tahu kandungan makanan apa saja yang sudah dikonsumsi sehingga para bunda tidak akan berlebihan terutama kandungan gizinya.  Jadi bunda jangan hanya makan makanan yang mengandung vitamin itu-itu saja, tapi harus diseimbangkan dengan vitamin lainnya.

Semua jenis makanan di atas adalah sangat baik untuk ibu hamil.  Namun akan menjadi masalah manakala berlebihan dalam mengkonsumsinya.  Seimbangkan antara makanan, air, dan udara.  Yang paling baik adalah komposisinya masing-masing sepertiga.  Makan jangan kekenyangan karena hanya akan membuat bunda menjadi malas sehingga tidak mau bergerak.  Semoga bermanfaat dan konsumsilah makanan sehat serta kontrol dengan baik usia kehamilan para bunda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil"