Manfaat Pelukan Orang tua Kepada Anak

manfaat pelukan untuk anak
Anak usia dini adalah usia dimana anak harus diberi kasih sayang dan perhatian yang lebih.  Meskipun anak belum bisa berkomunikasi dengan baik, anak akan bisa merasakan curahan perhatian yang diberikan orang tuanya.  Pelukan kepada anak termasuk bentuk kasih sayang orang tua kepada anak.  Memberikan pelukan kepada anak akan sangat membantu meningkatkan tumbuh kembangnya.

Definisi peluk atau pelukan adalah sebuah bentuk keintiman fisik yang biasanya dilakukan dengan menyentuh atau memegang erat seputar bagian badan seseorang, beberapa orang sekaligus, ataupun hewan peliharaan. Pelukan merupakan tanda dari perasaan cinta atau kasih sayang maupun penghargaan.

Pelukan adalah hal yang sangat indah meskipun hanya dipandang dan pelukan merupakan sebuah bentuk kemesraan yang sejati yang tidak dapat diukur dengan materi.  Pelukan bisa mencairkan kondisi hati yang sedang tegang, menceriakan kembali suasana yang sedih, membantu menenangkan jiwa yang gelisah.

Setiap orang tua pasti pernah memeluk anaknya.  Baik itu ketika anak sedang sakit ataupun anak sedang merasa ketakutan.  Anak adalah insan yang masih membutuhkan hangatnya pelukan orang tuanya.  Semakin anak diberikan pelukan maka akan semakin mudah untuk membentuk dan mendidik mereka.  Karena dengan pelukan kepada anak akan memperkuat tali ikatan batin.

Yang menjadi persoalan adalah masih banyak orang tua yang jarang memberikan pelukan kepada anaknya.  Entah itu karena kesibukkan orang tuanya ataupun karena sebab-sebab lain.  Sesibuk apapun kita, berikan dan luangkan waktu kita untuk memberikan pelukan kepada anak.  Jangan sungkan untuk memeluk anak dan mencium pipi mereka.  Karena hal ini memiliki dampak positif terhadap anak.

Beberapa manfaat memberikan pelukan kepada anak

1.  Sentuhan dan pelukkan dari orang yang kita sayangi akan mampu untuk menaikkan dan meningkatkan jumlah hemoglobin darah.  Hemoglobin darah ini akan bisa meningkat manakala tubuh diberikan rangsangan dengan dipeluk dan sentuhan kasih sayang.

Adapun fungsi hemoglobin adalah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.  Bagian tubuh yang memerlukkan oksigen yang cukup adalah jantung dan otak.  Makanya ketika anak sedang sakit maka kita bisa memberikan pelukan agar kadar hemoglobinnya meningkat sehingga bisa membantu proses penyembuhan.

2.  Ternyata dengan pelukan memiliki banyak manfaat.  Terutama pelukan dari orang yang disayangi.  4 kali pelukan terbukti ampuh untuk mengurangi tekanan yang dialami seseorang termasuk anak.  8 kali pelukan akan mampu untuk memulihkan dan menenangkan emosi serta akan bisa memberikan kestabilan emosi.  Sedangkan 12 kali pelukan bisa mempengaruhi kondisi psikologi seseorang khususnya anak.

Rasa nyaman dan rasa bahagia dari pelukan merupakan faktor yang bisa meningkatkan perkembangan emosi anak dan mental anak.

3.  Dengan pelukan akan mampu memberikan ketenangan dan memberikan semangat kembali kepada orang yang sudah putus asa.  Selain itu dengan pelukan akan sangat membantu bagi anak yang sedang mengalami kesedihan untuk bergembira lagi dan melupakan kesedihannya.

4.  Dengan pelukan akan memberikan stimulasi kepada otak sehingga daya kecerdasan anak akan semakin meningkat.  Anak-anak yang rutin dan sering mendapatkan pelukan dari orang tuanya akan lebih siap untuk menunjukkan kemampuannya baik itu di sekolah ataupun ketika anak sedang di rumah.

5.  Dengan pelukan akan membantu meningkatkan semangat belajar anak.  Sisipkanlah pesan-pesan lembut kepada anak manakala sedang memeluk anak.

6.  Manfaat pelukan untuk anak yaitu akan mampu untuk membentuk mereka untuk menjadi pemimpin.  Untuk bakat dan kemampuan anak memimpin bisa kita lihat manakala anak sudah memasuki usia 9 tahun.

Memberikan pelukan kepada anak tidak memerlukan biaya yang mahal.  Yang terpenting adalah memberikan waktu dan perhatian.  Seringlah untuk memeluk anak agar anak bisa merasakan kasih sayang dan perhatian orang tuanya.  Materi saja tidak cukup, tapi kebutuhan jiwa anak juga perlu diperhatikan.

Kita sebagai manusia biasa hanya bisa berdoa dan berikhtiar.  Termasuk dalam mendidik anak.  Untuk mendidik anak yang shaleh dan shaleha butuh kesabaran dan keuletan.  Pelukan kasih sayang dari orang tua merupakan kebutuhan anak dan akan memberikan banyak manfaat positif agar anak menjadi anak yang sehat dan anak yang cerdas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pelukan Orang tua Kepada Anak"