Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

23 December 2012

Agar Anak Cerdas? Inilah Tips dan Caranya

agar anak cerdas
Agar Anak Cerdas - Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh kembang dengan sempurna, termasuk otak anak.  Otak anak merupakan organ vital untuk menunjang kecerdasannya.  Oleh karena itu dibutuhkan nutrisi dan stimulasi yang pas agar anak menjadi anak yang cerdas.  Ya minimal lebih cerdas dengan teman seusianya.  Untuk menuju anak yang cerdas bukanlah hal yang mudah dan bukan pula hal yang terlalu sulit.  Tapi kebanyakkan para orangtua tidak mengetahui cara agar anaknya menjadi anak yang cerdas.  Pada hal banyak tips dan cara sederhana agar anak tumbuh kembang menjadi anak yang cerdas.

Tips dan cara agar anak cerdas tidak perlu biaya yang sangat mahal.  Hanya butuh waktu dan mau meluangkan waktu dengan anak.  Tapi di zaman sekarang ini, banyak orangtua lebih sibuk dengan dunianya sendiri terutama ketika dua-duanya sibuk bekerja di luar rumah.  Meskipun ada beberapa orangtua yang bisa mengelola waktunya dengan baik, sehingga interaksi dengan keluarga dan anak tetap terjaga.  Untuk menjadikan anak agar menjadi anak yang cerdas hanya dibutuhkan interaksi yang sering dengan anak. 

Berikut ini ada beberapa tips dan cara sederhana yang bisa kita praktekkan kepada anak agar anak menjadi anak yang cerdas

1.  Seringlah ajak si anak berbicara

Mengajak anak berbicara merupakan langkah sederhana agar anak menjadi cerdas.  Komunikasi dengan anak bukan hanya dengan memujinya atau memanggil namanya.  Tapi cobalah ajak berbicara ketika sedang beraktivitas.  Aktivitas apa saja, anggap saja anak sudah bisa berbicara.  Ketika kita berbicara kepada anak maka si anak akan menjadi pendengar yang baik.  Meskipun belum bisa berbicara, anak memiliki kemampuan merespon yang sangat baik.  Ketika mengajak anak berbicara gunakan kata-kata yang jelas dan mimiknya.  Misalnya makan, jangan menggunakan kata maem, kata minum, jangan diucapkan dengan num.

2.  Ikut serta bermain dengan anak

Nah, ini yang biasanya diabaikan para orangtua.  Ketika anak sudah diberi mainan kemudian anak dibiarkan begitu saja.  Alasannya sudah ada mainan, anak pasti akan bermain sendiri.  Para orangtua yang menemani anakya bermain akan memiliki banyak kelebihan.  Salah satunya adalah mengajarkan anak cara bermain yang benar sehingga akan sangat membantu anak untuk mempercepat proses belajarnya karena ada yang membimbing.  Selain itu juga bermain dengan anak akan membantu mengembangkan potensi sosialnya, mengenali bakat dan minatnya serta akan melatih kemampuan emosional anak.

3.  Membacakan cerita pada anak

Membacakan cerita pada anak agar anak menjadi anak yang cerdas?  Mana sempat.. mana mungkin?  Hal tersebut bisa jadi benar karena para orangtuanya saja tidak senang membaca.  Pada hal dengan membaca akan melatih anak untuk menyukai buku. Selain itu dengan membacakan cerita akan sangat membantu anak untuk memiliki kosakata yang banyak dan bervariasi dan kemampuan anak untuk berbahasa.  Untuk menarik anak, bacakanlah buku yang berisi gambar-gambar menarik.

4.  Bernyanyi dengan anak

Banyak lagu anak-anak yang bisa kita ajarkan pada anak.  Mulai dari lagu cicak-cicak di dinding, bebek adus kali, naik gunung dan lain sebagainya.  Dengan bernyanyi akan melatih anak untuk mengenali beragam suara dan bunyi dan juga untuk menambah kosakata anak.  Dengan bernyanyi akan mendorong anak untuk tetap ceria dan bergerak aktif.

Anak yang cerdas bukanlah kecerdasan yang datang begitu saja.  Untuk mengeluarkan kecerdasan anak dibutuhkan stimulasi-stimulasi yang pas dan cocok untuk anak.  Dari keempat stimulasi di atas merupakan cara yang sederhana agar anak menjadi anak yang cerdas.  Mudah bukan cara dan tipsnya? tidak memerlukan biaya yang sangat mahal.  Cukup berinteraksi dengan anak dan meluangkan waktu.
Back To Top