Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

12 November 2018

Peran Penting Ayah Dalam Keluarga

peran ayah dalam keluarga
Ayah memiliki peran yang penting dalam keluarga.  Ia merupakan kepala rumah tangga yang memiliki banyak tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan. Kelak tanggung jawab ini akan ditanyakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, apakah ia bisa berlaku menjadi ayah yang baik atau sebaliknya menjadi ayah yang tidak baik bagi keluarganya.

Oleh karena itu setiap ayah harus mengetahui dengan baik peran yang harus dilakukannya terhadap keluarganya.  Beberapa peran yang harus diketahui para ayah antara lain
  • Ayah sebagai pemimpin keluarga
  • Memberikan nafkah buat keluarga
  • Berlaku adil terhadap keluarganya
  • Mencarikan pendamping yang baik untuk anaknya
  • Mendidik anak dan keluarganya
  • Melindungi keluarga
  • Ayah menjadi teladan keluarga

Dan masih banyak lagi peran-peran ayah lainnya.  Dipundak ayahlah segala beban diberikan kepadanya sebagai wujud pemimpin keluarga.  Maka dari itu peran ayah di dalam keluarga sangat penting.  Hal ini dikarenakan beberapa alasan yaitu

  1. Tantangan zaman yang semakin berat terutama untuk anak-anak
  2. Peran besar ayah dalam mendidik anak
  3. Peran ayah sebagai kepala rumah tangga


Perlu kita ketahui bersama bahwa seorang ayah yang mampu berkomuikasi baik dengan putra-putrinya maka kelak nantinya anak akan tumbuh dewasa dengan maksimal.  Ayah yang sering berdialog dengan anak-anaknya akan bisa menciptakan anak yang mampu bergaul dan akan memiliki prestasi sekolah yang menonjol diantara teman-teman sebayanya.

Pentingnya peran ayah untuk anak perempuan

Jika seorang ayah tak mampu memberikan kasih sayang dan perhatian kepada putrinya maka akibatnya bisa sangat fatal.  Anak perempuan yang kekurangan kasih sayang seorang ayah maka ia akan lebih mudah jatuh cinta dan mudah untuk menyerahkan dirinya. Tentunya hal ini akan memberikan peluang anak untuk lebih mudah hamil di luar pernikahan.  Anak perempuan yang kekurangan kasih sayang seorang ayah akan lebih cenderung menyukai lelaki yang lebih tua dan lebih mudah untuk bercerai dan memilih menjadi single parent.

Pentingnya peran ayah untuk anak laki-laki

Apabila anak laki-laki kekurangan kasih sayang dari ayahnya maka anak laki-laki akan mudah terlibat dalam pornografi.  Selain itu anak juga akan lebih suka bergabung dengan genk, bertindak kriminal dan bersikap sexually active serta lebih mudah terkena tekanan dari teman-teman yang seusianya.  Efek selanjutnya adalah nanti ketika sudah dewasa akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana jika ayah anak tiada

Ini akan menjadi tantangan tersendiri buat ibu dan ibu harus memberikan pendidikan dan pengasuhan yang bagus dan intens.  Seorang ibu harus berupaya sekuat tenaga untuk melindungi anaknya dari efek negatif karena ketiadaan ayahnya.

Apabila orangtua bercerai maka usahakan agar anak masih bisa berkomunikasi dengan ayahnya.  Hal ini akan membantu anak agar lebih bisa bahagia secara psikis meskipun ayahnya sudah tidak bersama lagi dengan ibunya.  Perlu diingat bahwa orangtua yang sudah bercerai bukan berarti ia sudah putus hubungan dengan ayahnya akan tetapi ia masih tetap berstatus anak dari ayahnya dan ini garis keturunan yang tidak bisa diputus.

Itulah beberapa peran dan keutamaan seorang ayah di dalam keluarga.  Namun perlu diketahui juga bahwa tak hanya ayah saja yang diperlukan akan tetapi peran ibu juga memegang peranan penting di dalam keluarga.  Kerjasama yang baik diantara keduanya akan membantu anak tumbuh kembang secara optimal.
Back To Top