Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

26 November 2018

Lagu Guruku Tersayang, Inilah Pencipta Lirik dan Lagunya

hari guru 25 november

Siapa yang tak kenal dengan lagu yang berjudul Guruku Tersayang yang sering dinyanyikan baik itu para siswa ataupun para guru ketika sedang ada acara di sekolah. Bahkan sekolah paud dan taman kanak-kanakpun juga menyanyikannya.

Hari Guru yang dirayakan setiap tanggal 25 November merupakan momen yang sangat pas untuk menyanyikan lagu Guruku Tersayang.  Pada tanggal 25 November ini adalah untuk mengingat kembali jasa-jasa para Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.  Karena jasa merekalah para putra-putri Indonesia bisa mengenal baca, tulis maupun hitung.

Perlu kita ketahui ternyata Lagu Guruku Tersayang seolah-olah sudah menjadi lagu wajib saat perayaan hari Guru bahkan lagu tersebut menjadi hymne dan paling populer saat menyambut hari Guru.

Bagi yang belum hafal lirik lagu Guruku Tersayang, berikut adalah liriknya

Pagiku cerahku
Matahari bersinar
Kugendong tas merahku di pundak
Selamat pagi semua
Kunantikan dirimu
Di depan kelasmu
Menantikan kami
Guruku tersayang
Guru tercinta
Tanpamu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terimakasihku
Nyatanya diriku
Kadang buatmu marah
Namun segala maaf
Kau berikan

Tapi tahukah kita siapa yang membuat lirik dan lagu di atas?  Bahkan beberapa orang tidak mengetahui siapa pencipta kreatif dari lagu Guruku Tersayang yang menjadi lagu populer sepanjang masa itu.

Lirik Lagu Guruku Tersayang bisa dibaca artikel Guruku Tersayang Hymne Guru

Tak sedikit netizen yang kaget dan baru menyadari bahwa pencipta lagu tersebut ternyata tidak asing dan merupakan seorang musisi handal yang terkenal di Indonesia.  Kiprah beliau di dunia musik tidak kita ragukan lagi dan hasil karya-karyanya banyak yang diterima oleh masyarakat Indonesia.

Pencipta lagu Guruku Tersayang yaitu Melly Goeslaw.  Beliau juga lebih kerap dipanggil dengan nama Teh Melly.

Teh Melly bertutur tentang bagaimana proses dalam menciptakan lagu Guruku Tersayang dan berikut adalah kutipannya

"Waktu bikin lagu ini tidak pernah menyangka akhirnya bisa jadi semacam lagu wajib setiap memperingati hari guru nasional.  Waktu saya buat saya betul-betul mendedikasikan lagu ini untuk semua guru-guru saya. Saya seperti sekarang inipun adalah berkat semua guru-guru saya" .
.
Selamat hari Guru Nasional 2018
"SETIAP ORANG MENJADI GURU, SETIAP RUMAH MENJADI SEKOLAH" Ki Hajar Dewantara
Itulah sepenggal kisah kreatif dari teh Melly tentang penciptaan dan proses pembuatan lirik lagu Guruku Tersayang.  Semoga para Pahlawan tanda Jasa senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur serta rezeki yang melimpah sehingga bisa mengabdi dan mendidik para putra-putri Indonesia.
Back To Top