Cara Mengobati Biang Keringat Anak dan Bayi

penyebab biang keringat pada anak dan bayi
Biang keringat pada anak dan bayi.  Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh dengan bermain.  Maka tak jarang dengan aktifitasnya yang kuat akan membuat munculnya biang keringat.  Biang keringat yang muncul pada tubuh anak akan membuat si anak merasa tidak nyaman.  Oleh karena itu untuk membantu mengurangi biang keringat pada anak maupun bayi para orang tua hendaknya memperhatikan faktor-faktor penyebab dari munculnya biang keringat atau keringat buntet.

Mengatasi biang keringat bisa dilakukan dengan mencari penyebab dari biang keringat tersebut.  Penyebab biang keringat pada anak-anak yang sudah dewasa dan bayi memiliki kemiripan.  Biasanya biang keringat muncul ditandai dengan timbulnya bintil-bintil merah pada tubuh anak dan biasanya bintil-bintil tersebut berwarna merah dan gatal.

Lalu apa yang dimaksud dengan biang keringat?  Biang keringat adalah kelainan yang terjadi pada anak-anak yang disebabkan tersumbatnya saluran keringat dan biasanya ditandai dengan munculnya bintil merah dan terasa gatal.  Biang keringat ini bisa muncul di dahi, kepala, punggung, dada dan bagian tubuh yang tertutup dan berlipat.

Biang keringat bisa menimpa kepada anak-anak dan bayi.  Terutama anak-anak yang memiliki bentuk postur tubuh gemuk maupun anak-anak yang memiliki aktifitas tinggi.  Dari aktifitas yang tinggi ini akan memicu keluarnya keringat yang banyak.  Apabila keringat anak ini tidak diserap dengan baik maka akan dapat memicu keluarnya biang keringat.

Apa saja penyebab munculnya biang keringat pada anak dan bayi yang perlu kita waspadai?  Setidaknya ada 4 penyebab dari munculnya biang keringat ini, yaitu

1. Keringat yang berlebihan yang disebabkan karena aktifitas anak yang tinggi tanpa didukung penyerapan keringat yang baik

2. Saat anak demam juga bisa memicu munculnya biang keringat pada anak.

3. Ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara yang baik sehingga menyebabkan udara menjadi panas dan lembab.  Desain rumah atau ruangan yang buruk akan menambah munculnya biang keringat pada anak dan bayi.

4. Pakaian anak yang terlalu tebal namun tidak bisa menyerap keringat.  Pakaian tebal ini yang memicu timbulnya panas dan anak berkeringat.  Tanpa didukung penyerapan keringat yang baik maka akan menyebabkan sumbatan pada saluran keringat.

Panas dan keringat pada anak sebisa mungkin harus diserap baik itu menggunakan lap ataupun dengan memakaikan anak dengan pakaian yang sangat baik dalam menyerap keringat dan panas.  Lantas bagaimanakah cara yang baik mencegah dan mengatasi biang keringat pada anak dan bayi?

1.  Membiasakan anak mandi 2 kali dalam sehari.  Apabila aktifitas anak sangat tinggi maka frekuensi mandi bisa ditambahi.  Gunakan sabun antiseptic untuk membantu membersihkan bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan tersumbatnya saluran keringat.  Sehabis anak mandi maka usaplah dengan kain kering dan taburi anak dengan bedak terutama pada bagian tubuh yang banyak lipatan yang memungkinkan munculnya biang keringat.

2.  Gunakan baju yang bisa menyerap keringat dan nyaman ketika dipakai.  Hindari menggunakan pakaian yang ketat apabila anak kita berpotensial memiliki biang keringat.  Ganti pakaian anak apabila baju anak basah karena keringat yang mengalir.

3.  Untuk membantu menyerap kerinagat anak, maka kita bisa membantunya dengan menyeka keringat anak dengan lap.  Tujuannya agar tidak memicu atau manambah parah penyakit biang keringat.

4.  Keringkan keringat anak terlebih dahulu apabila mau memberi bedak kepada anak.  Ketika kulit masih basah karena keringat tidak dianjurkan untuk membedaki anak.

5.  Apabila sudah menjadi luka karena biang keringat parah maka jangan dibedaki.  Bedak yang menggumpal karena basah akan menyebabkan tempat sarang bibit penyakit.  Selain itu juga dapat menyebabkan anak terkena infeksi kulit.

Mengobati dan mengatasi biang keringat pada anak dan bayi adalah dengan mencari penyebab munculnya biang keringat tersebut.   Apakah karena suasana atau ruangan yang panas ataupun karena baju anak yang tidak relevan dengan aktifitasnya.  Segera pindahkan anak apabila ruangan tidak memiliki ventilasi udara yang baik.  Dan apabila baju anak tidak bisa menyerap keringat segera ganti dengan baju yang bisa menyerap keringat dengan baik.  Longgarkan baju anak apabila baju anak tersebut terlihat ketat.

Apabila langkah-langkah di atas tidak mempan mengobati biang keringat atau keringat buntet maka segera konsultasikan kepada tempat pelayanan kesehatan terbaik.  Carilah tempat pelayanan kesehatan yang memiliki reputasi baik agar anak bisa diobati dengan baik.  Jaga keceriaan anak dengan meminimalkan penyebab keringat buntet pada anak dan bayi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengobati Biang Keringat Anak dan Bayi"

abah luqman said...

selain hal tersebut yang disampaikan, boleh juga ditambahkan pengobatan tradisional yang terbukti berhasil terapkan pada anak kami yaitu dengan memandikan anak dengan air kelapa 5-10 menit sebelum dimandikan dengan air biasa. kemudian olesi badannya dengan minyak jinten (minyak habatus-saudah)

rumah-tangga-bahagia