Anak Cadel dan Solusi Yang Tepat

Anak usia 5 tahun masih cadel cara bicaranya, mungkin ada yang salah dalam pendidikan semasa kecilnya.  Anak cadel atau cedal atau orang jawa biasa menyebutnya dengan anak pelo dikarenakan anak tidak bisa menyebutkan beberapa suku kata konsonan.  Biasanya si anak cadel susah untuk mengucapkan huruf R.  Mungkin kalau hanya anak susah melafazhkan huruf R bisa diatasi dengan diberikan rangsangan yang terus-menerus, tapi akan sangat berbeda manakala si anak masih banyak kosakata lainnya yang tidak lazim diucapkan anak usia 5 tahun.

Misalnya anak masih mengucapkan es krim dengan ucapan "ecim" atau kata strawberry diucapkan anak cadel dengan "tobeyi".  Sekilas memang itu bahasa anak-anak dan cara pengungkapan bahasa anak-anak.  Namun kalau dipelajari lebih lanjut ternyata untuk anak ukuran usia 5 tahun hal tersebut haruslah segera diperbaiki agar tidak berkelanjutan dalam berbicaranya.  Anak cadel yang dibiarkan terus dan tidak ada langkah perbaikan maka hal tersebut akan menjadi masalah untuk anak, terutama ketika anak sudah berbaur di lingkungan sekolah.  Biasanya anak cadel atau cedal akan menjadi bahan ejekan di kelas.  Kalau hal ini sampai terjadi tentunya akan membuat anak menjadi minder.

Penyebab utama dari anak cadel adalah

1. Faktor pembiasaan yang dilakukan orang tuanya sejak anak sejak kecil.  Biasanya orang tua mengikuti gaya bicara anak-anak.  Para orang tua menganggap bahwa hal tersebut tidak akan berefek apa-apa pada anak-anak.  Padahal hl tersebut merupakan pemicu anak untuk berbicara cadel atau cedal.

2. Bentuk susunan gigi dan bentuk lidah yang tidak sesuai sehingga anak akan mengalami kesulitan untuk mengucapkan beberapa kata yang diajarkan kepadanya.  Untuk masalah hal ini maka bisa dikonsultasikan kepada psikiater untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Anak cadel juga bisa disebabkan bentuk Frenulum Linguae yang berbeda dengan bentuk lidah anak yang lain.  Frenulum Linguae dapat kita cek di lidah anak dengan menggerakkan lidah ke atas.  Panjang pendek Frenulum Linguae inilah yang bisa menyebabkan beberapa anak kesulitan untuk melafazhkan huruf tertentu. (lihat gambar)





Mengatasi anak cadel


Salah satu untuk mengobati anak yang lidahnya mengalami kelainan maka bisa diterapi dengan metode Speech Therapy yang bisa kita tanyakan kepada ahlinya.  Terapi ini akan sulit kalau hanya dilakukan sendiri tanpa bantuan ahlinya, karena dalam speech therapy ini memerlukan koordinasi lidah dan bagian organ lain di rongga mulut.  Tentunya kita belum mengetahui caranya untuk mengobati kelainan cadel ini.

Ketika melihat anak kita masih cadel maka anak tersebut harus segera ditangani agar hal tersebut tidak berkelanjutan.  Menangani anak cadel yang masih berusia di bawah 5 tahun akan lebih mudah untuk memperbaikinya daripada anak ketika sudah berusia diatas 5 tahun.

Untuk membantu agar anak bisa jelas bicaranya maka stimulasi yang diberikan kepadanya harus jelas juga.  Para orang tua tidak diperkenankan untuk ikut cadel-cadelan sehingga anak juga akan mengikuti gaya bicara cadel tersebut.  Untuk langkah perbaikannya bisa dibaca dalam artikel sebelumnya yaitu tentang Anak 2 Tahun Cadel Berbicara.  Insya Allah dengan ijin Allah anak cadel akan bisa disembuhkan asalkan kita sabar dan rutin dalam memberikan stimulasi kepada anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak Cadel dan Solusi Yang Tepat"