Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak

16 February 2013

menjaga kesehatan anak
Seperti apakah asas kesehatan yang baik untuk anak?  Adakah cara-cara yang bisa dipraktekkan para ibu untuk menjaga kesehatan anak?  Bagaimanakah tips yang baik untuk para ibu agar anak tetap sehat?  Pola hidup untuk kesehatan anak, apakah susah untuk dipraktekkan?  Selanjutnya bagaimanakah langkah-langkah yang baik untuk menjaga kesehatan anak agar anak tetap sehat dan kuat sesuai petunjuk dan aturan dalam Islam?

Menjaga kesehatan anak merupakan kewajiban terutama untuk para ibu.  Kesehatan anak merupakan harga yang mahal yang tidak bisa diukur dengan materi.  Dengan kesehatan maka anak akan tetap bisa bermain dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya baik itu kognitif maupun afektifnya.  Dengan anak sehat maka akan sangat membantu orang tua dalam menjalankan aktifitasnya.

Kesehatan anak sebenarnya hanya mengikuti pola hidup keluarga.  Keluarga yang sehat akan lebih bisa menjaga anaknya tetap sehat bila dibandingkan dengan keluarga yang tidak memperhatikan mengenai pola hidup.  Pola hidup yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak adalah mengenai pola makan.  Pola makan orang tua akan diikuti oleh anaknya.  Karena anak hanya mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya.  Terutama para ibu sangat memegang peranan penting.

Sebagai ibu yang baik maka harus menerapkan pola hidup yang sehat di dalam keluarganya.  Pola hidup sehat tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak biaya.  Banyak cara-cara dan tips hidup sehat yang bisa dipraktekkan namun tidak memakan biaya yang banyak.  Hidup sehat juga bukan berarti harus makan yang serba enak.  Point yang paling penting adalah kandungan gizi dan kombinasi makanan yang sesuai terutama untuk anak-anak.

Era globalisasi sebenarnya malah banyak membawa mudharat apabila kita sebagai orang tua tidak bisa mengatur segala informasi yang masuk.  Baik itu seputar informasi kesehatan.  Karena saat ini juga banyak informasi-informasi kesehatan yang malah banyak merugikan kesehatan baik itu untuk diri kita sendiri ataupun untuk ibu dan anak.  Sebaiknya para ibu tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang beredar baik itu mengenai iklan tentang seputar kesehatan.  Bahasa mudahnya adalah banyak iklan yang menyesatkan dan membawa dampak negatif untuk kesehatan ibu dan kesehatan anak.

Lantas adakah cara yang baik untuk menjaga kesehatan anak dan kesehatan ibu sebagai pengasuh anak.  Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membantu menjaga kesehatan anak

1.  Membiasakan anak berolah raga

Tak dipungkiri lagi bahwa olah raga sangat banyak membawa manfaat untuk kesehatan.  Dengan anak berolah raga maka akan membantu memperlancara aliran darah.  Dengan lancarnya aliran darah ini maka si anak akan tetap sehat.  Perlu diingat bahwa anak yang sehat akan memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat.  Imunitas tubuh yang kuat akan mampu bertahan dari serangan penyakit.

Olah raga yang dianjurkan dan disarankan adalah olah raga renang, memanah, berkuda, gulat dan lari.  Olah raga ini akan membentuk badan ideal dan kuat.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari/Muslim)

2.  Membiasakan anak bersiwak

Bersiwak sangat membantu untuk menyingkirkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut.  Bersiwak bisa dibiasakan kepada anak sejak usia kecil.  Gigi yang putih dan bersih menandakan anak rutin bersiwak.

"Sekiranya tidak memberatkan umatku niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap akan melakukan shalat."

3.  Menjaga kesehatan dan membiasakan memotong kuku

Kuku yang panjang adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri.  Apalagi kebiasaan anak-anak yang suka main pasir sehingga membuat kuku anak-anak menjadi hitam.  Ditambah lagi kebiasaan anak-anak yang suka mencomot makanan dengan tangan kotor.

“Fitrah (kesucian) manusia ada lima: dikhitan, mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (tangan dan kaki), serta mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari)

4.  Mengikuti kebiasaan Nabi dalam mengkonsumsi makanan dan minuman

Nabi memiliki cara tersendiri dalam menyantap makanan.  Mulai dari makan dengan menggunakan tiga jari dan mengambil makanan yang paling terdekat.  Dalam adab makan sebaiknya tidak mengacak-acak makanan agar keberkahan makanan tetap terjaga.  Dengan anak bisa menahan nafsu makan dengan rakus maka akan membantu anak untuk mengendalikan emosinya.

5.  Tidur miring

Jangan membiasakan anak untuk tidur tengkurap.  Posisi tidur yang paling baik adalah dengan posisi lambung berada di sebelah kanan.  Posisi tidur dengan miring ke kanan sesuai dengan tidurnya Rasulullah.  Tujuannya adalah organ-organ yang penting di dalam tubuh tidak saling menindih.  Terutama organ jantung.

6.  Mengobati dengan pengobatan alami

Pemijatan adalah salah satu pengobatan yang baik untuk diberikan kepada anak.  Sebaiknya para ibu membiasakan mengobati anaknya dengan obat-obatan alami agar anak tidak banyak mengkonsumsi obat kimia yang bisa membahayakan kesehatan anak.  Pengobatan alami sangat terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan anak tanpa membawa efek samping.

7.  Membiasakan tidur awal waktu

Kebiasaan tidur yang paling baik adalah tidur awal dan bangun pagi lebih awal.  Dengan bangun lebih pagi maka para anak bisa menikmati segarnya udara pagi.  Selain itu dengan bangun pagi maka akan lebih melancarkan rejeki.

8.  Menjaga dan menjauhkan anak dari penyakit menular

Anak-anak belum memiliki sistem dan kekebalan tubuh sebagus orang dewasa.  Ia masih rentan terkena penyakit terutama penyakit menular.  Jagalah anak baik-baik dari penyakit yang bisa menular.  Anak yang memiliki penyakit menular sebaiknya jangan dicampurkan dengan anak yang sehat.

"Tidak boleh membawa orang sakit menular kepada yang sehat."  (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud dan An Nasai)

9.  Mengobati anak dari penyakit mata yang hasad dan jin

Penyakit mata yang hasad atau 'Ain karena dengkinya seseorang bisa diobati dengan cara di ruqyah.  Untuk menjaga anak dari penyakit 'ain ini maka kita sebagai orang tua harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Kesehatan anak adalah hal yang sangat penting dan mahal harganya.  Jangan biarkan anak sakit tak berdaya karena kecerobohan para ibu karena tidak menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan dengan baik.  Sehat adalah modal besar untuk anak agar anak tumbuh kuat dan cerdas.


print this page Print this page
Judul: Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Al-maghribicendekia
Anda sedang membaca artikel Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://www.al-maghribicendekia.com/2013/02/tips-dan-cara-menjaga-kesehatan-anak.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini. Jika artikel ini bermanfaat silakan share.
Kode Praktis Artikel.

Share this Article on :

0 comments:

 
© Copyright Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini 2013 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Webmaster By Mboru.