Pentingnya dan Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain

menemani anak bermain
Ada beberapa orang tua yang senang ketika melihat anaknya sedang asyik sendirian bermain bersama mainan kesukaannya.  Si anak terlihat menikmati suasana bermainnya meskipun tidak ditemani orang tua.  Seakan-akan anak betah untuk bermain dan kadang si anak lupa untuk makan.  Ada saja ekspresi yang dilontarkan anak, baik itu dari wajahnya ataupun suaranya yang meraung-raung menirukan suara mainan yang dipegangnya.  Memang kalau diperhatikan dengan seksama akan tampak lucu dan kita yang melihatnya akan berpikir alangkah cerianya anakku.

Bagi sebagian orang tua melihat anak mau bermain sendiri biasanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya yang belum terselesaikan.  Mumpung si kecil sedang asyik bermain, tidak salah kan untuk meninggalkannya sejenak agar bisa melakukan aktifitas lain.  Biasanya pesan yang disampaikan kepada anak, "Sayang nanti kalau sudah selesai mainannya dirapikan kembali ya! Kalau mau minum ibu di dapur." kata si ibu.

Makanya tak heran apabila orang tua kemudian menyediakan berbagai aneka mainan agar si anak mau main dan tanpa ditemani baik itu oleh ayahnya maupun ibunya.  Maklum ayahnya juga sibuk kerja di kantor, hingga kadang menganggap menemani anak bermain bisa dilakukan lain kali bila ada waktu senggang dan lowong.  Tapi ada juga seorang ibu yang melihat anaknya bermain sambil berpikir, "Mmmmhhh ternyata anak saya suka menonton tv!"  Saya carikan saja film kartun agar si anak mau menonton dan si anak tidak akan beranjak kemana-mana, sehingga ibu bisa istirahat sejenak sambil tiduran."  Banyak kok kaset-kaset film anak yang dijual dengan harga murah.

Dalam mendidik anak hal tersebut bisa saja dilakukan kepada anak.  Toh anak juga bisa bermain sendiri dan yang terpenting si anak disediakan mainan yang cukup dan nanti anak juga akan memilih mainan sendiri.  Konsep bermain anak yang baik adalah bukan dengan membiarkan anak bermain sendiri dan membiarkan anak melakukan apa saja. Termasuk si anak melakukan hal yang berbahaya karena anak tidak ada pengawasan oleh orang tuanya.

Untuk membantu proses tumbuh kembangnya agar optimal, menemani anak bermain adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh para orang tua.  Tidak perlu seharian kalau memang tidak ada waktu, yang terpenting adalah orang tua ikut bermain bersama anak meskipun hanya 1 hingga 2 jam.  Berikan perhatian dan jangan biarkan anak bermain sendiri terus tanpa didampingi oleh ayah ataupun ibunya.

Menemani anak bermain ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan anak.  Apa saja manfaat menemani anak bermain?  Berikut adalah beberapa manfaat menemani anak bermain

1.  Anak akan merasa diperhatikan dan dekat dengan orang tua

Menemani anak bermain maka akan membangun kedekatan dengan anak  sehingga sisi emosional anak akan bisa terasah dan tersalurkan.  Si anak juga akan bisa mengekspresikan segala tingkah lakunya dengan mainannya sehingga si anak tidak akan mudah untuk mencari perhatian orang tuanya dengan melakukan hal-hal negatif.

2.  Meningkatkan hubungan anak dengan teman sebayanya

Keterlibatan orang tua ikut bermain dengan anak maka akan membantu anak untuk bisa berkomunikasi lebih baik lagi.  Baik itu komunikasi dengan orang tuanya sendiri ataupun komunikasi dengan teman bermainnya apabila si anak bermain dengan anak yang lain.  Dengan kita ikut menemani anak bermain maka akan merangsang kepekaan anak.

3.  Menambah wawasan anak

Dengan keterlibatan orang tua menemani anak bermain maka orang tua akan menyadari apa saja yang dibutuhkan anak.  Ketika orang tua peka maka kemudian akan menyediakan kebutuhan mainan anak.  Sehingga anak akan tambah pengetahuannya karena ada mainan baru yang diperlukannya.  Selain itu dengan orang tua menemani anak bermain maka si orang tua akan mengajarkan kepada anak cara bermain yang benar. Hal inilah yang akan diingat anak sehingga akan menambah khasanah keilmuan anak.

4.  Anak mendapat persetujuan

Ketika orang tua ikut bermain maka si anak berpikir bahwa dirinya diperbolehkan untuk bermain.  Anak akan menganggap bahwa kegiatan yang dilakukannya adalah kegiatan yang bermanfaat dan berguna sehingga si anak tambah semangat lagi untuk bermain.

Bagi beberapa orang tua menemani anak bermain adalah hal yang membosankan dan tidak menyenangkan.  Ada juga karena si orang tua tersebut memang sibuk mencari uang sehingga seakan-akan tidak ada waktu untuk anak.

Melihat manfaat yang bisa dirasakan oleh si anak maka sebaiknya para orang tua meluangkan waktunya sejenak untuk ikut bermain dengan anak.  Perlu diingat bahwa sebagian besar waktu anak adalah digunakan untuk bermain.  Oleh sebab itu ketahuilah cara bermain anak dan sediakan mainan edukatif untuk anak. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya dan Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain"