Manfaat Mainan Balok Edukatif Untuk Anak

manfaat mainan balok untuk anak
Manfaat Mainan Balok Untuk Anak.  Tak diragukan lagi bahwa mainan sangat banyak memberikan manfaat untuk anak.  Dengan mainan maka si anak akan dapat mengembangkan kemampuan motorik kasarnya dan motorik halusnya.  Banyak aneka mainan yang bisa kita berikan untuk anak agar anak betah bermain namun memiliki unsur edukatif buat dirinya.  Sehingga anak tak sadar bahwa dirinya sebenarnya sedang belajar menggunakan media mainan edukatif.

Saat ini mainan anak yang beredar di toko-toko tergolong banyak.  Mulai dari toko yang berskala kecil hingga skala besar seperti mall sudah banyak menyediakan aneka mainan edukatif untuk anak.  Bahkan bagi anda yang saat ini tinggal di kota-kota besar belanja mainan bukanlah hal yang sulit.  Banyak toko-toko online yang menyediakan mainan anak.  Jadi para bunda tidak perlu repot keluar rumah dan ikut terjebak macet di perjalanan.  Cukup buka situs toko online mainan anak maka kita bisa memesan dan memilih mainan untuk anak kita.  Mulai dari mainan untuk bayi hingga anak dewasa seperti shoot gun mainan pun tersedia di toko online mainan anak.

Bagi para bunda yang sudah menyekolahkan anaknya di KB (Kelompok Bermain) ataupun TK pasti akan menemukan mainan untuk anak.  Mulai dari puzzle, balok, angka, gambar hingga mainan yang bersifat out door seperti ayunan, perosotan, bola dunia dan lain sebagainya.  Ternyata mainan yang ada di sekolah tersebut memiliki banyak manfaat, bukan hanya sekedar untuk menarik anak agar anak mau masuk sekolah tersebut.  Setiap jenis mainan anak memiliki fungsi masing-masing.

Jumlah dan jenis mainan anak di sekolah-sekolah Indonesia setingkat preschool tergolong masih sedikit bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah luar negeri.  Kalau di sekolah yang ada di luar negeri mereka menyediakan aneka dan jenis mainan yang banyak dan bervariasi.  Hingga mainan yang bersifat untuk membedakan suara dan rasapun mereka menyiapkan untuk siswa-siswinya.

Salah satu mainan yang ada di sekolah kelompok bermain dan Taman Kanak-kanak adalah balok.  Balok ini umumnya terbuat dari kayu.  Bentuknya macam-macam dan warnanyapun ada yang beraneka ragam dan menarik anak untuk dijadikan mainan.  Balok adalah mainan yang tergolong edukatif untuk anak.  Dan harganyapun relatif tergolong mahal.  Meskipun mainan balok boleh dibilang mahal, tapi para bunda yang cukup materi bisa membelikan mainan balok kayu ini untuk hadiah putra-putri kesayangan.  Selain edukatif mainan balok juga mainan yang relatif aman untuk anak-anak.  Para bunda bisa juga mengkoleksi mainan balok ini untuk anak-anak agar jenisnya beragam sehingga anak bisa berkreasi lebih banyak lagi.

Balok adalah potongan-potongan kayu yang polos (tanpa dicat), sama tebalnya dan dengan panjang dua kali atau empat kali sama besarnya dengan satu unit balok. Sedikit berbentuk kurva, silinder dan setengah dari potongan-potongan balok juga disediakan, tetapi semua dengan panjang yang sama yang sesuai dengan ukuran balok-balok dasar. (Sumber : Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain, Diknas, 2003)

Apa saja kelebihan mainan balok sehingga setiap sekolah-sekolah menyediakan untuk anak-anak?  Berikut ini adalah beberapa manfaat mainan edukatif balok untuk anak

1.  Dengan mainan balok maka anak akan belajar menghitung jumlah.

2.  Mainan balok akan mengajarkan kepada anak tentang besar dan kecil, lebih dan kurang, tinggi dan pendek

3.  Permainan balok akan membantu anak mengenal bentuk-bentuk geometri, seperti kubus, persegi panjang, kerucut, silinder

4.  Dengan mainan balok maka anak akan belajar mengenai pengklasifikasian bentuk sesuai dengan tempatnya.  Anak tentunya akan belajar menyusun sesuai dengan pasangannya dan anak juga akan belajar menyusun rapi ketika anak sudah selesai bermain balok.

5.  Anak akan belajar menyatukan balok-balok tersebut dalam ukuran yang berbeda-beda sehingga menjadi sebuah bentuk sesuai dengan daya imajinasinya dan daya kreasinya.

6.  Anak akan banyak belajar mengenai pola yang akan mengasah daya kreatifitasnya dalam membuat sebuah kreasi bentuk sesuai dengan ukuran balok yang tersedia.

Dalam pengenalan mainan balok kepada anak, maka para orang tua sebaiknya menemani terlebih dahulu ketika anak sedang bermain balok barunya.  Kenalkan dan jelaskan konsep dan tata cara bermain balok kepada anak agar anak tidak bingung.  Setelah anak paham maka kita sebagai orang tua bisa membiarkan anak bermain sendiri dan berkreasi sendiri sesuai keinginannya.

Bermain balok adalah salah satu mainan yang bisa menjadi alternatif untuk anak-anak.  Daripada anak-anak hanya bermain game online, bermain balok tentunya akan lebih bermanfaat.
  Dengan mainan balok maka anak akan banyak bergerak dan berpikir.  Berbeda dengan mainan seperti Play station ataupun game online lainnya yang cenderung anak hanya diam tidak banyak bergerak.

Mainan balok bisa dijadikan kado ataupun hadiah untuk anak kita yang sedang ulang tahun.  Mainan balok bisa juga untuk kado ultah teman anak.  Selain itu mainan balok juga bisa diwariskan untuk adik-adik dari anak kita.  Oleh karena itu rawat dengan baik mainan balok yang sudah dibeli.  Siapkan tempat yang baik agar mainan balok tetap awet dan tetap mempunyai manfaat untuk anak-anak.

Para bunda tidak perlu bingung dalam mencari mainan balok ini.  banyak situs toko online yang menyediakan mainan anak.  Sebagai bahan pertimbangan kita bisa menanyakan kepada admin toko online mainan anak.  Jadi jangan ragu untuk menanyakan tentang kualitas dan produk mainan balok di toko online.  Selamat berbelanja mainan balok di toko online mainan anak.  Bagi bunda yang ingin menghemat biaya maka bisa mencari mainan balok di toko-toko mainan terdekat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Mainan Balok Edukatif Untuk Anak"