Membangun Jiwa Anak Dengan Cara Efektif

membangun jiwa anak
Bagaimanakah cara yang efektif untuk membangun jiwa anak?  Hal apa saja yang bisa mempengaruhi jiwa anak?  Seberapa besar peran orang tua dalam membangun jiwa anak?  Mari kita simak ulasan tentang cara membangun dan mendidik jiwa anak agar menjadi jiwa yang sehat dan senantiasa bersemangat.

Tak diragukan lagi bahwa anak memerlukan pendidikan yang baik. Pendidikan ini akan mempengaruhi anak baik itu tingkat kecerdasannya dan jiwa anak.  Dalam membangun kecerdasan anak maka diperlukan stimulasi yang cukup.  Banyak aneka macam stimulasi yang bisa kita berikan kepada buah hati.  Termasuk upaya-upaya untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan media permainan.

Akan tetapi dalam membangun jiwa anak diperlukan peran orang tua.  Membangun jiwa anak tidak hanya cukup dengan mengandalkan  pihak luar saja, misalnya pihak sekolah.  Pihak sekolah juga memerlukan kerjasama yang baik antara orang tua dan para guru.  Jiwa anak juga harus dibangun dan diberi rangsangan sejak usia dini.

Membangun jiwa anak merupakan bagian yang penting karena dengan jiwa yang baik akan mampu menghantarkan anak menjadi pribadi yang baik pula.  Begitu pula sebaliknya, ketika pendidikan jiwa ini tidak diperhatikan dengan baik maka tak mustahil anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang bermasalah.  Jiwa anak akan sangat tergantung dari pengaruh lingkungan di sekelilingnya.

Dalam membina jiwa anak diperlukan kesabaran dan ketelatenan.  Karena jiwa anak tidak bisa hanya dirubah dalam waktu yang sekejap seperti membalik telapak tangan.  Tapi ia butuh proses dan butuh waktu.  Apalagi kalau jiwa anak sudah dipengaruhi hal-hal negatif, maka perlu perhatian yang khusus terutama dari orang tuanya.  Mendidik jiwa anak sejak kecil akan lebih mudah bila dibandingkan memperbaiki jiwa anak setelah usia dewasa.

Ada beberapa cara yang efektif untuk membangun jiwa anak yang bisa kita terapkan di dalam keluarga. Apa saja caranya mari kita simak ulasannya di bawah ini.  Cara tepat membangun jiwa anak yang wajib dilakukan oleh para orang tua

1.  Orang tua menemani anak

Berilah waktu untuk menemani anak.  Kita bisa menemani anak ketika anak sedang bermain.  Menemani anak ini akan membangun persahabatan kepada anak.  Jadi tidak sekedar hanya hubungan orang tua dan anak.  Persahabatan yang terjalin antara anak dan orang tua ini maka akan mendekatkan perasaan terutama ikatan emosional.  Hubungan emosional ini yang akan membentuk jiwa anak.

Menemani anak bermain akan menjadi masalah bagi beberapa orang tua yang mana keduanya lebih sibuk dengan urusan pekerjaan.  Oleh karena itu diperlukan manajemen yang baik agar waktu untuk menemani anak bisa tersedia dan tak habis disita karena banyaknya pekerjaan di kantor.

2.  Menggembirakan hati anak

Menggembirakan hati anak akan bisa mempengaruhi perkembangan jiwa anak.  Kondisikan bahwa hati anak dalam kondisi yang riang gembira.  Jangan libatkan anak dalam pertengkaran keluarga dan para orang tua sebaiknya tidak bertengkar di depan anak.  Banyak cara untuk menggembirakan hati anak.  Bisa baca artikel sebelumnya tentang cara menggembirakan hati anak.

Menggembirakan hati anak ini juga perlu diperhatikan dengan baik.  Mengingat hati anak yang lebih senang dengan hal-hal yang bernuansa ceria dan riang.

3.  Membangun kompetisi di dalam keluarga

Untuk menarik dan memberikan tantangan kepada jiwa anak maka kita bisa memberikan rangsangan dengan menerapkan sistem kompetisi.  Orang tua bisa membuat kompetisi sederhana dan berikan penghargaan kepada pemenangnya.  Tujuannya adalah agar anak memiliki semangat jiwa yang tinggi.

4.  Memberikan motivasi kepada anak

Jiwa anak juga memerlukan motivasi agar senantiasa hidup dan bersemangat.  Tidak hanya orang tua saja yang memerlukan motivasi, anak juga perlu.  Motivasi ini bisa kita berikan ketika sedang bersama anak.  Pada waktu makan bersama, rekreasi dan waktu-waktu lainnya.

5.  Jangan sungkan memberikan pujian kepada anak

Memberikan pujian kepada anak juga bisa membangun jiwanya.  Berilah pujian kepada anak ketika anak bisa melakukan hal-hal yang positif.  Pujian yang kita berikan kepada anak akan masuk ke dalam perasaan dan emosi anak.  Hal inilah yang akan mempengaruhi jiwa anak.

6.  Bercanda dengan anak

Bangunlah hubungan yang baik dengan anak melalui main bersama.  Kita bisa mengajak anak untuk bercanda agar permainan menjadi lebih menarik untuk anak.  Bercanda dengan anak juga akan menghilangkan kesan orang tua yang galak dan kaku.

Membangun jiwa anak merupakan tanggung jawab orang tua yang harus diperhatikan dengan baik.  Jiwa anak akan tumbuh dewasa apabila diberikan stimulasi dan rangsangan yang cukup.  Rangsangan tidak harus menggunakan alat-alat yang mahal.  Banyak cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membangun jiwa anak.  Yang terpenting adalah memberikan waktu dan menemani anak.

Jiwa anak harus dibentuk sejak anak usia dini.  Cara-cara sederhana yang telah diuraikan di atas semoga membantu para orang tua dalam mendidik anaknya agar menjadi anak yang memiliki kepribadian dan jiwa yang kuat sehingga tidak akan mudah tergerus oleh laju era globalisasi yang bisa menjadikan anak hanya berorientasi pada dunia saja.  Anak yang hanya berorientasi dunia saja maka hanya akan menjadi pribadi yang kering di dalam jiwanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Jiwa Anak Dengan Cara Efektif"