Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

28 November 2018

3 Macam Doa Agar Anak Cerdas dan Pintar yang Harus Dibaca

doa pintar
Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas dan pintar. Harapannya adalah nantinya anak bisa sukses dan berhasil sehingga bisa membahagiakan kedua orangtua dan bermanfaat bagi lingkungan sekelilingnya. Banyak cara yang dilakukan mulai dari banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memberikan stimulasi agar anak cerdas.  Tapi masih sedikit para orangtua yang hafal dengan doa agar anak cerdas dan pintar.  Padahal doa merupakan penunjang utama sebagai salah satu langkah usaha agar anak tumbuh cerdas.

Setiap anak yang terlahir ke dunia akan memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan yang berbeda-beda.  Ada sebagian anak yang mempunyai kemampuan penalaran kecerdasan yang bagus dan cepat namun ada juga anak yang memiliki kemampuan pemahaman yang biasa saja bahkan ada yang terlihat lambat untuk memahami tentang sesuatu hal.  Banyak cara sudah dilakukan oleh para orangtua agar anak tumbuh cerdas namun tak sedikit yang akhirnya pasrah.

Di era maju saat ini terutama pesatnya perkembangan teknologi diperlukan kapasitas kecerdasan yang mumpuni agar anak nantinya bisa bersaing dengan dunia luar. Kekhawatiran orangtua juga sangat berdasar dikarenakan populasi manusia juga semakin bertambah dan efeknya dunia persaingan juga akan semakin ketat.  Langkah pertama yang biasanya dilakukan untuk membantu anak agar cerdas adalah dengan menyekolahkan anak di sekolah-sekolah yang unggulan. Tujuannya adalah agar anak mendapatkan ilmu yang lebih sehingga anak akan bisa tumbuh cerdas.  Sekolah favorit biasanya juga memiliki kurikulum dan penerapan sistem pendidikan yang bagus sehingga sekolah unggulan menjadi pilihan utama para orangtua.

Selain dengan menyekolahkan anak di tempat sekolah yang bagus, usaha lain yang tak kalah pentingnya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi untuk membantu agar perkembangan otak anak mampu berkembang secara maksimal. Para orangtua akhirnya mencari tahu makanan apa saja yang memiliki kandungan dan vitamin tinggi guna membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Setelah berusaha dengan maksimal maka langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan doa kepada Allah SWT.  Ikhtiyar langit ini kadang hanya dilakukan oleh sebagian orangtua saja karena memang pengetahuan mereka yang masih minim dan hanya mengandalkan usaha yang sifatnya dunia saja. Selayaknya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa maka doa agar anak cerdas merupakan usaha yang tak boleh kita tinggalkan ataupun kita sepelekan.  Doa memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan kecerdasan anak.  Oleh karena itu para orangtua harus paham dengan doa yang dipanjatkan dan amalan-amalan agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT yaitu doa anak agar pintar dan cerdas.

Banyak doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah Swt.  Diantara doa-doa agar anak cerdas antara lain yaitu

doa anak cerdas

"Allahummaj’al nafsi nafsan thoyyibatan muthma-innatan tho-i’atan hafizhotan tu’minu biliqo-ik wa taqna’u bi ‘atho-ik wa tardho bi qodho-ik wa takhsyaka haqqo khosy-yatik la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim."

Bacalah doa di atas pada waktu pagi dan petang.  Bacalah secara kontinyu dan penuh keikhlasan agar Allah Swt berkenan mengabulkan doa kita yaitu agar anak tumbuh cerdas.

doa anak cerdas dan pintar

“Alloohummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.”

Artinya “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

doa anak cerdas

RABBII HABLII GHULAAMAN ZAKIYYAN, WAJALHU ALLAHUMMA MUBAARAKAN AINA MAA KAANA, WA A’INHU ‘ALASH-SHALAH WAZ-ZAKAAH MAA DAA MA HAYYA, WA BARRAN BIWALIDAIHI WA LAA TAJ’ALHU JABBAARAN SYAQIYYA.

Artinya: “Ya Allah, karuniakanlah kepadaku anak yang suci, dan berikanlah keberkahan kepadanya di mana pun ia berada. Dan tegakkanlah dirinya untuk selalu menunaikan shalat, dan zakat sepanjang hidupnya. Jadikanlah pula ia sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Jangan jadikan ia sebagai anak yang sombong lagi durhaka.”

Itulah 3 macam doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT agar anak menjadi cerdas dan pintar.  Rutinkan ke 3 doa anak cerdas ini dan bisa pilih salah satu. Agar doa cepat diijabah dan dikabulkan maka peliharalah sumber penghasilan kita dan pastikan terbebas dari makanan haram.  Semoga Allah SWT berkenan mengabulkan doa anak cerdas ini.  Amin Ya Robbal "Alamin.
Back To Top