Biasa Makan Ikan, Anak Akan Lebih Cerdas

makan ikan anak pintar
Setiap orang tua pasti mengingimkan anaknya tumbuh dengan cerdas.  Anak cerdas banyak dipengaruhi banyak hal.  Mulai  dari stimulasi hingga nutrisi makanan yang diasupnya.  Setidaknya kita bisa berusaha mewujudkan anak tumbuh kembang dengan cerdas dan pintar.

Sebaiknya para orang tua memberikan menu ikan dalam nutrisi makanannya agar anak tumbuh cerdas.  Paling tidak seminggu satu kali menu ikan menjadi menu wajibnya.  Di negeri maritim seperti Indonesia tentu sangatlah mudah untuk menemukan menu ikan.

Ada beberapa keunggulan kenapa anak harus banyak mengkonsumsi ikan.  Anak yang rutin makan ikan akan memiliki intelejensi atau kecerdasan yang lebih baik daripada anak yang tidak pernah makan ikan.  Selain itu dengan banyak mengkonsumsi ikan, anak akan lebih mudah untuk tidur nyenyak dan pulas.  Tipsnya adalah seminggu sekali hadirkan menu ikan dalam santapan anak.

Anak lebih pintar dan nyenyak tidur karena rajin mengkonsumsi ikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania, USA seperti yang dilansir dari situsnya 

news[dot]upenn[dot]edu/news/weekly-fish-consumption-linked-to-better-sleep-higher-IQ

Hal ini bisa menjadi trik tersendiri ketika menghadapi anak yang susah untuk diajak tidur. Orang tua cukup mengubah pola hidup anak terutama menu makan anak.  Tips ini akan lebih mudah dilakukan dan anakpun akan mudah diajak tidur.

Kandungan ikan yang sangat baik untuk otak adalah Omega 3 dan asam lemak.  Omega 3 mampu meningkatkan kecerdasan anak dan akan membuat kualitas tidur anak menjadi lebih baik.  Anak-anak yang makan ikan sedikitnya sekali seminggu tidur lebih baik dan memiliki nilai IQ yang 4 poin lebih tinggi, rata-rata, daripada mereka yang mengkonsumsi ikan kurang sering atau tidak sama sekali, berdasarkan temuan baru dari University of Pennsylvania

Jianghong Liu, Adrian Raine dan Jennifer Pinto-Martin
Peneliti universitas Pennsylvania Jianghong Liu, Adrian Raine dan Jennifer Pinto-Martin

"Dalam wilayah penelitian ini tidak berkembang dengan begitu baik. Itu yang muncul,"kata Liu, penulis utama pada catatannya dan Profesor Keperawatan dan kesehatan masyarakat. "Di sini kita melihat hal tersebut datang dari makanan kita bukan dari suplemen omega-3."

Untuk pekerjaan, sebuah kelompok 541, usia 9 hingga 11 tahun di Cina, 54 persen anak laki-laki dan perempuan 46 persen, menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi ikan pada bulan lalu, dengan pilihan mulai dari "tidak pernah" untuk "minimal sekali per minggu." Mereka juga mengambil versi Cina tes IQ yang disebut skala intelijen Wechsler untuk anak-anak yang sudah direvisi, yang meneliti verbal dan non-verbal keterampilan seperti kosakata dan pengkodean.

Orangtua mereka kemudian menjawab pertanyaan tentang kualitas tidur dengan menggunakan kuesioner kebiasaan standar anak tidur , yang mencakup topik-topik seperti durasi tidur dan frekuensi bangun malam atau kantuk di siang hari. Akhirnya, para peneliti dikontrol untuk informasi demografis, termasuk pendidikan orangtua , pekerjaan dan status perkawinan dan jumlah anak di rumah.

Makan ikan meningkatkan kecerdasan anak dan membuat kualitas tidur anak menjadi lebih baik

Menganalisis titik data ini, tim Penn menemukan bahwa anak-anak yang dilaporkan makan ikan mingguan mencetak 4,8 poin lebih tinggi pada ujian IQ daripada mereka yang mengatakan mereka "jarang" atau "tidak pernah" mengkonsumsi ikan. Mereka  yang kadang-kadang makan ikan mencetak 3.3 poin lebih tinggi. Selain itu, peningkatan konsumsi ikan adalah dikaitkan dengan lebih sedikit mengalami gangguan tidur, dan para peneliti mengatakan dan menunjukkan bahwa kualitas tidur lebih baik secara keseluruhan .

"Kurangnya tidur bisa dikaitkan dengan perilaku anti Sosial; kognisi miskin dikaitkan dengan perilaku anti Sosial,"kata Raine, yang memiliki jabatan di sekolah seni dan ilmu dan Penn Perelman School of Medicine. "Kami telah menemukan bahwa omega-3 suplemen mengurangi perilaku anti Sosial, sehingga tidak terlalu mengejutkan bahwa di balik semua ini adalah ikan."Pinto-Martin, yang eksekutif Direktur Pusat Penn inisiatif kesehatan masyarakat, serta profesor film kemerdekaan Viola Keperawatan dan seorang profesor epidemiologi di Penn Medicine, melihat potensi kuat untuk implikasi dari penelitian ini.

"Hal itu menambah pertumbuhan tubuh dan menunjukkan bukti bahwa mengkonsumsi ikan 
memiliki manfaat kesehatan yang benar-benar positif dan sesuatu yang harus disosisalisasikan dan dipromosikan," katanya. "Anak-anak harus diperkenalkan lebih dini." Itu bisa dicoba usia 10 bulan, selama ikan memiliki tidak ada tulang dan cincang halus, tetapi tetap harus dimulai oleh anak sekitar usia 2 tahun.

"Memperkenalkan rasa lebih dini membuatnya lebih enak," kata Pinto-Martin. "Itu benar-benar harus menjadi upaya, terutama dalam kebiasaan di mana ikan tidak seperti biasanya disajikan atau berbau. Anak peka terhadap bau. Jika mereka tidak terbiasa dengan hal itu, mereka bisa menjauhkan diri dari itu."

Mengingat usia muda kelompok studi ini, Liu dan rekannya memilih untuk tidak menganalisis detail peserta dan melaporkan tentang jenis ikan yang dikonsumsi, meskipun mereka berencana untuk melakukannya untuk bekerja pada kelompok yang lebih tua di masa depan. Para peneliti juga ingin menambahkan pengamatan studi ini saat ini untuk membangun, melalui terkontrol acak, yang makan ikan dapat menyebabkan tidur yang lebih baik, lebih baik kinerjanya di sekolah dan kehidupan nyata, hasil yang praktis.

Untuk saat ini, para peneliti merekomendasikan secara bertahap memasukkan ikan tambahan ke dalam diet; konsumsi ikan satu minggu sekali dan menuju keluarga ke dalam kelompok konsumsi  ikan "tinggi" seperti yang didefinisikan dalam studi.

"Melakukan hal itu bisa menjadi cara yang jauh lebih mudah daripada mendorong anak-anak untuk tidur," kata Raine. "Jika ikan meningkatkan tidur, tentu sangat bagus. Jika hal ini juga mampu meningkatkan kinerja kognitif — seperti kita telah melihat di sini-bahkan lebih baik. Itu adalah sebuah hasil ganda."

Pendanaan untuk penelitian ini berasal dari hibah Nasional Institut Kesehatan Nasional Institute dari lingkungan kesehatan ilmu R01-ES-018858, K02-ES-019878, K01-ES015877 dan P30 ES013508, dengan dukungan tambahan dari program Intramural Nasional Institut tentang alkohol.

Sering mengkonsumsi ikan akan membantu anak tumbuh lebih cerdas dan anak akan lebih baik dalam kualitas tidurnya.  Ini merupakan tips dan cara yang mudah untuk mewujudkan anak pintar sesuai harapan orang tua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biasa Makan Ikan, Anak Akan Lebih Cerdas"