Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

07 December 2012

Makanan Sehat Ibu Hamil Terbaru

makanan sehat ibu hamil
Bahagia rasanya ketika mengetahui bahwa dinyatakan positif hamil oleh dokter ataupun bidan.  Bagi seorang ibu normal kehamilan adalah hal yang mengharukan.  Butuh perjuangan dan pengorbanan untuk menjaga agar kandungan tetap terjaga dengan baik.  Yang pada akhirnya dan pas waktunya kelahiran tiba dan si bayi lahir ke dunia dengan selamat.  Menjadi ibu hamil bukanlah tanggung jawab yang ringan.  Yang mana perubahan bentuk tubuh ibu mulai mengalami perubahan seiring bertambahnya usia kehamilan.  Ibu yang sedang hamil dengan ibu yang sedang tidak hamil tentunya akan ada perbedaan yang mencolok baik itu mengenai pola makan ataupun aktivitas dalam keseharian.  Seorang ibu hamil akan lebih hati-hati untuk menjaga aktivitasnya terutama mengenai makanan yang dikonsumsinya.

Untuk para ibu yang sedang hamil sebaiknya menjaga dengan benar makanan yang masuk ke dalam perutnya.  Ibu hamil harus banyak makan makanan yang sehat serta bergizi apabila menginginkan anaknya nanti lahir dengan sempurna.  Mengingat makanan ibu juga akan berpengaruh terhadap perkembangan janin.  Banyak pengalaman bahwa anak yang tidak sempurna dikarenakan ada yang salah terhadap makanan yang dikonsumsinya.  Mengingat sekarang banyak diemukan makanan tidak sehat beredar di masyarakat.  Baik itu yang mengandung makanan yang banyak mengandung boraks, pengawet buatan, pewarna tekstil untuk makanan dan bahan lainnya  yang sangat berbahaya untuk perkembangan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Makanan sehat untuk ibu hamil sebaiknya mengandung unsur empat sehat lima sempurna.  Fungsinya adalah agar kebutuhan gizi sang ibu hamil dan bayi tercukupi.
Ketika semua tercukupi dengan baik maka bayi akan lahir dengan sehat dan ibupun akan mudah untuk melahirkkan sang bayi.  Menurut The Pregnancy Zone ada beberapa makanan yang sebaiknya dimakan oleh para ibu hamil apabila menginginkan anaknya lahir dengan sehat.

Makanan yang sehat tersebut adalah sebagai berikut

1.  Makanan sehat Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu makanan sehat untuk para ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi.  Mengingat alpukat banyak kandungan gizinya.  Dalam buah alpukat banyak mengandung asam folat.  Asam folat ini sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan otak bayi serta sistem syaraf.  Selain itu, alpukat juga kaya vitamin B6, vitamin C, dan kalium.  Bagi ibu hamil (bumil) yang sembelit banyaklah makan buah alpukat ini karena bisa membantu meringankan penyakit sembelit.

2.  Brokoli untuk ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya juga mengkonsumsi brokoli.  Karena di dalam brokoli juga terkandung gizi yang sangat banyak.  Yang mana gizi tersebut dibutuhkan untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.  Di dalam brokoli banyak mengandung asam folat vitamin C, vitamin A, dan tinggi kalsium dan nutrisi-nutrisi yang diperlukan pada setiap ibu hamil untuk imunitas dan kekuatan tulang.  Jadi untuk ibu hamil perbanyaklah mengkonsumsi brokoli.

3.  Wortel

Siapa yang tak tahu wortel? Ternyata makanan ini  sangat baik untuk ibu hamil. Wortel adalah makanan sehat yang kaya akan vitamin A. Yang mana vitamin A sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi bayi.  Bagi ibu hamil yang tidak suka dengan wortel maka dapat berkreatif untuk membuat makanan dengan menu wortel.  Ya bisa di variasikan agar tetap menarik untuk dijadikan cemilan.

4.  Telur ayam

Wah, siapa sangka ternyata telur juga termasuk makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi oleh para ibu hamil.  Selain mudah mendapatkannya harganya juga tidak terlalu mahal.  Telur juga banyak mengandung gizi yang diperlukan oleh para ibu dan anak yang dikandungnya. 

5.  Buah Mangga juga makanan sehat

Ternyata buah mangga juga bagus untuk dimakan oleh para ibu hamil.  Dipasaran banyak tersedia mangga.  Mangga bisa dijadikan makanan cemilan untuk para ibu hamil.  Di dalam mangga sendiri banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.  Mangga juga mengandung kalium, yang mana kalium bisa mencegah kram.

6.  Kacang-kacangan

Banyak makanan kacang-kacangan yang layak untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat. Kacang-kacangan banyak terdapat gizi mineral yang diperlukan tubuh, seperti mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, dan kalsium.  Untuk iklim di Indonesia sangat mudah untuk menemukan makanan kacang-kacangan.

Itulah beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil.  Cukupilah kebutuhan gizi sang ibu dan sang anak dengan mengkonsumsi makanan tersebut.  Meskipun masih banyak lagi makanan lainnya yang bisa dikonsumsi.
Untuk keamanan, carilah makanan yang alami, karena makanan alami tidak akan banyak mengandung kimia sehingga aman untuk kesehatan.  Salah satu ciri makanan sehat adalah makanan yang bebas dari campuran bahan kimia berbahaya.
Semoga bermanfaat.

1 comments:

Infonya sangat menarik ... :D
Intinya banyak makan buah2an yah? tp klo bs variatif biar asupan gizinya imbang, sayuran aneka warna juga disarankan .. :)

ditunggu kunjungan baliknya yah :)

Back To Top