Tips Mudah Meningkatkan Semangat Belajar Anak

belajar anak
Masa kecil anak-anak adalah masa yang penuh dengan bermain.  Para anak-anak akan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain.  Dunia bermain adalah dunia yang menyenangkan dan penuh keceriaan.  Makanya sangat disayangkan apabila anak-anak yang masih kecil harus diberi beban yang berat.  Ada yang sudah harus merasakan mencari nafkah ataupun beban berat harus sekolah dan belajar.  Sekolah dan belajar bisa menjadi hal yang menyeramkan buat anak-anak.  Baik itu mulai dai pelajarannya, gurunya yang galak bahkan teman-temannya yang suka berlaku kasar.

Banyak beberapa anak yang cenderung merasa takut ketika berada di sekolah.  Entah itu pelajarannya yang tidak menyenangkan ataupun perlakuan temannya yang sering kali membuat si kecil jadi lemah semangat.  Metode pembelajaran yang baik untuk anak-anak yang masih kecil adalah sebaiknya belajar sambil bermain.  Dengan suasana ini maka anak-anak akan merasa bermain, namun tanpa sadar sesungguhnya ia sedang belajar.

Masih banyak para orang tua yang mengeluhkan para anak-anaknya yang tidak memiliki semangat belajar tinggi.  Kesannya adalah bahwa anak-anak malas dan sangat susah untuk diajari dalam belajar.  Tapi memang begitulah perilaku anak-anak yang harus senantiasa dibimbing dan diarahkan agar tidak salah jalan ataupun sekolahnya menjadi ngadat di tengah jalan.

Kita sebagai orang tua harus lebih cerdas untuk menghadapi perilaku anak-anak yang demikian.  Mengedepankan emosi akan membuat anak semakin bandel dan malah susah untuk meningkatkan kemauan belajarnya.  Ada beberapa cara agar anak senantiasa merasa nyaman dan senang dalam belajarnya baik itu di sekolah ataupun tempat pembelajaran yang lain.  Berikut ini adalah beberapa tips agar anak senantiasa semangat dalam belajar

1. Berilah sapaan yang menyenangkan ketika anak pulang sekolah

Menyambut anak pulang dari sekolah sebaiknya dilakukan, karena wujud perhatian kita kepada anak.  Berilah sapaan yang manis.  Sebagai contoh misalnya Gimana sekolahnya nak? Banyak hal yang menyenangkan kan?  Sapaan tersebut sangat sederhana akan tetapi akan merangsang otak sang anak mencari hal hal yang menyenangkan di sekolahnya.  Kita bisa berkreasi dengan kata-kata yang lain yang bisa merangsang semangat anak untuk belajar.  Ketika ada kesan positif yang diterima dari sekolah anak maka akan menambah semangat belajar anak di rumah.

2.  Terapkan Hypnosleep pada anak

Ketika anak mau tidur cobalah untuk menemaninya sebentar. Berilah bisikan tentang kesan belajar yang menyenangkan. Sebagai contoh "belajar seperti bermain dan menyenangkan".  Banyak kata-kata sugestif lain yang bisa kita bisikkan kepada anak.  Hypnosleep ini akan masuk ke bawah alam sadar anak ketika dibisikkan pas mata anak sudah mau tidur dan akhirnya tertidur.

3.  Memberikan pujian kepada anak

Berilah pujian kepada anak ketika bisa menguasai suatu pelajaran yang baru.  Pujian ini akan sangat membantu dan menambah semangat anak untuk belajar.  Tapi berilah pujian yang sebenarnya jangan hanya sekedar bohongan semata-mata untuk menyenangkan hati anak.  Boleh juga untuk memberikan hadiah ketika anak mendapat prestasi di sekolahnya.

4.  Membacakan dongeng kepada anak sejak dini

Dengan membiasakan membacakan dongeng kepada anak akan lebih mendekatkan hubungan kepada anak.  Selain itu juga akan merangsang anak untuksuka membantu baca buku.  Ini nantinya akan berefek setelah usia anak menginjak dewasa.  Sang anak akan berinisiatif untuk mencari buku yang disenanginya.  Tentang manfaat mendongeng bisa baca artikel tentang manfaat mendongeng kepada anak.


Itulah beberapa kiat untuk membangkitkan semangat anak agar giat belajar.  Sejak awal kita harus memberikan perhatian kepada anak terutama dalam hal belajarnya.  Jangan sampai anak mogok di tengah jalan karena malas belajar baik itu di rumah ataupun di sekolahnya.  Membiasakan sejak kecil akan memiliki manfaat yang luar biasa. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Mudah Meningkatkan Semangat Belajar Anak"

TryOutPlus said...

Mau belajar yang efektif ? Semuanya ada disini dan ikuti Kompetisi Cerdas Cermat Online Se-Jawa Timur Seri 2
Jangan lupa Join Grup yaa !!!!