Manfaat Mainan Play Food untuk Anak

manfaat mainan makanan untuk anak
Manfaat Mainan Play Food Untuk anakUsia anak dini adalah usia dimana si anak senang bermain.  Bermain baginya adalah aktifitas yang menyenangkan.  Mulai dari mainan yang sangat sederhana hingga mainan yang mahal harganya.  Anak laki-laki akan berbeda kesukaan bermainnya bila dibandingkan dengan anak perempuan.  Anak laki-laki sangat suka dengan permainan yang menantang sedangkan anak perempuan akan lebih senang bermain permainan yang lemah lembut.

Tumbuh kembang anak akan bisa lebih baik lagi manakala kita sebagai orang tua bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik.  Terutama pada waktu anak sedang bermain.  Anak yang sedang bermain merupakan kesempatan baik untuk mengajari dan mendidik anak namun tanpa ada kesan menggurui dan tentunya tidak akan membosankan untuk anak.  Anak akan bisa menikmati permainannya tapi anak juga belajar.  Bermain sambil belajar merupakan konsep yang tepat untuk anak.

Oleh karena itu dibutuhkan kepekaan dari ibu untuk menganalisa anaknya.  Kira-kira perkembangan apa yang belum dikuasai oleh si anak.  Dengan mengetahui kekurangan anak maka kita akan bisa memberikan mainan edukatif yang tepat untuk si buah hati.  Akan beda halnya apabila si ibu kurang peka terhadap perkembangan anaknya.  Indikator-indikator perkembangan anak sesuai usianya saja ibu tidak tahu, bagaimana para ibu mau mengevaluasi perkembangan anaknya. 

Perkembangan anak usia 1 bulan, 1 tahun akan memiliki indikator yang berbeda-beda.  Indikator anak maksudnya adalah kemampuan minimal yang harus sudah dikuasai anak pada saat anak memasuki usianya.  Hal ini menjadi penting untuk diketahui karena sebagai acuan apakah anak mengalami keterlambatan perkembangan atau malah si anak tergolong anak cerdas yang bisa berkembang lebih cepat daripada anak seusianya.

Memperbanyak fasilitas mainan untuk anak boleh dilakukan dalam rangka untuk membantu meningkatkan perkembangannya.  Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan berlebihan dalam memberikan rangsangan melalui media bermain.  Karena rangsangan yang berlebihan akan membuat anak cepat bosan.  Bertahap adalah cara yang tepat agar anak tetap menyukai mainan yang kita berikan kepadanya.

Play food adalah salah satu mainan yang bisa dijadikan mainan pilihan untuk si kecil.  Mainan play food bisa diberikan kepada anak laki-laki maupun anak perempuan.  Play food adalah mainan yang berbentuk makanan.  Play food ini bisa dijadikan media edukatif untuk anak kita.  Apalagi kalau anak kita suka dengan hal masak-memasak.  Akan menjadi seru permainan anak manakala kita menyiapkan mainan tersebut untuk anak.  Banyak toko mainan yang menyediakan mainan jenis play food ini.

Bagi para bunda yang sudah membelikan anaknya mainan play food maka si anak akan bisa merasakan beberapa manfaatnya.  Apa saja manfaat dari mainan play food ini?  Mari kita simak uraiannya tentang manfaat mainan play food untuk anak.

Play Food (mainan makanan) adalah mainan yang meniru bentuk-bentuk (gambar) makanan, sayur-buah-roti-kue dan lain sebagainya. Jenisnya pun bermacam-macam, ada yang bisa diiris dan direkatkan kembali, atau yang dibuat dengan gambar atau bentuk yang sangat jelas untuk menjadi media peraga atau pengenalan. 

Adapun manfaat mainan play food untuk anak yaitu

1.  Mainan play food akan mampu memberikan stimulasi untuk melatih daya imajinasi anak.  Karena dengan bermain play food, anak akan berlatih bermain peran.  Rasanya akan menjadi seru apabila kita melihat si kecil sedang bermain peran dengan play food bersama teman-temannya.  Ada saja cara komunikasi yang lucu sesama anak yang akan membuat kita tertawa.

2.  Dengan play food maka akan mengajarkan kepada anak tentang pengenalan keterampilan hidup dasar.  Anak akan belajar tentang makanan dan cara mengolahnya meskipun hanya bersifat permainan.

3.  Mainan makanan (Play Food) akan melatih kemampuan berbahasa anak.  Karena nantinya anak akan belajar untuk memperagakan benda yang dipegangnya.  Anak akan berimajinasi terhadap benda yang dipegangnya dengan benda yang sesungguhnya.

4.  Play food akan memperkuat kemampuan motorik halus anak.  Karena nanti anak akan belajar mengiris makanan.  Meskipun hanya mengiris bohongan tentunya anak juga membutuhkan ketelitian.

5.  Dengan play food anak akan belajar mengenal warna.  Tentunya dalam mainan makanan akan terdapat warna yang berbeda.  Ini yang nantinya akan dikenal oleh si anak.  Biasanya anak akan mengingat mainannya manakala si anak melihat benda yang sesungguhnya.  "Ma, ini kan kayak mainan dede!"

Dengan anak bermain play food tentunya anak akan mendapatkan nilai edukatif yang tinggi.  Sehingga anak bisa berkembang dan tumbuh menjadi lebih baik lagi.  Daripada anak hanya banyak menonton film vcd kartun yang penuh adegan kekerasan, play food bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk anak.  Permainan akan menjadi seru lagi manakala orang tua ikut bermain bersama anak.

Anak tumbuh menjadi anak yang kreatif bukanlah sebuah hal yang kebetulan.  Ia tidak akan datang begitu saja, tapi anak yang kreatif memerlukan lingkungan yang mendukung.  Terutama sarana bermain yang memadai untuk anak.  Mendidik anak berdasarkan masa dan usianya adalah prioritas yang perlu diperhatikan dengan baik.  Tingkatkan kemampuan anak untuk berimajinasi dengan bermain play food dan mainan balok.

No comments:

Post a Comment