Seberapa Cerdaskah Anakku


anak cerdas
Setiap anak yang dilahirkan ke dunia sudah Allah bekali dengan kecerdasan.  Meskipun kecerdasan tiap anak-anak pasti berbeda.  Orang tua tidak harus panik dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki sang anak apabila tidak sesuai dengan harapannya.  Karena kecerdasan anak bisa timbul optimal apabila ia diasah dengan baik dan berada dalam lingkungan yang mendukung.  Tinggal bagaimana orang tua mencari kelebihan anaknya dan mengasah kecerdasan yang dimiliki sang anak.

Delapan kecerdasan yang dimiliki oleh seorang manusia yaitu

1. Kecerdasan Bahasa atau linguistik

kecerdasan linguistik adalah kecerdasan yang dimiliki oleh seorang manusia untuk menggunakan sistem bahasa sehingga dia bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya. Kecerdasan ini meliputi kemampuan mendengarkan, bercakap dan menulis untuk berbagai tujuan seperti memberi informasi, mengungkapkan pendapat atau argumen serta meyakinkan orang lain.

Beberapa ciri anak yang mempunyai kecerdasan bahasa adalah memberikan pandangan mata ketika diajak berkomunikasi. Kemampuan lainnya adalah bisa berbicara ma, pa atau yang lainnya dalam usia 3 bulanan dan bisa merespon perintah yang sederhana di usia 6 bulan

2. Kecerdasan matematis atau logika

kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan untuk hal yang berkaitan dengan hal matematis/hitung-hitungan dan ilmiah. Kecerdasan ini biasanya terlihat dari si anak yang suka menghitung mainannya

3. Kecerdasan Spasial.

Kecerdasan spasial adalah kemampuan anak untuk bisa menvisualisasikan apa yang dilihatnya dan mampu berimajinasi dalam pikirannya sehingga bisa membayangkan bentuk 3 dimensi.  Biasanya anak yang demikian mempunyai kemampuan untuk mengingat jalan yang pernah dilaluinya ataupun si anak suka bermain dengan bentuk dan ruang, contohnya adalah senang bermain puzzle dan balok.

4. Kecerdasan Kinestetik atau Jasmani.

kecerdasan ini adalah kemampuan anak mengekspresikan dirinya untuk menyatakan perasaanya, perilakunya bahkan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah.  Anak yang demikian biasanya si anak tidak bisa diam dan selalu ingin gerak/aktif.  Anak yang demikian biasanya memiliki daya kreatifitas tinggi atau terampil mengerjakan sesuatu misalnya membuat bentuk dari lilin, menjahit dan lain sebagainya. 

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan ini adalah kemampuan anak untuk menyanyikan lagu atau mengingat nada-nada lagu dan melodi  yang berkaitan dengan irama, nada dan suara termasuk suara-suara yang bersumber dari alam.  Biasanya si anak suka mendengarkan musik atau lagu, senang bersenandung dan memiliki suara yang baik serta mampu mengingat syair lagu dengan baik.


6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak untuk bersosialisasi sehingga dalam dirinya memiliki motivasi, bisa mengendalikan emosi  serta bisa mengerti suasana hati sehingga akan mudah akrab dengan orang lain.  Biasanya anak yang seperti ini adalah si anak mudah bergaul dengan orang lain dan mudah untuk akrab dengan kawan barunya serta suka berkunjung kepada temannya.

7. Kederdasan Intrapersonal

Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan anak untuk memahami dirinya sendiri, siapa dirinya.  Sehingga anak yang bertipe seperti ini biasanya mempunyai kemampuan untuk mandiri dan mempunyai sikap sehingga tidak mudah untuk terpengaruh dengan orang lain.  Ciri yang lainnya adalah kemampuan anak untuk belajar dari kesalahannya atau keberhasilannya sehingga ia mampu untuk mengontrol dirinya sendiri.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, mengingat, mengkategorikan, menganalisis atau menguasai pengetahuan mengenai lingkungan alam di sekitarnya sehingga anak yang demikian akan lebih suka dengan alam. Kemampuan lainnya adalah mampu untuk mengeksplore dari alam sekitarnya sehingga mudah untuk beradaptasi dengan suasana baru.

Biasanya anak yang demikian senang dengan dunia yang berkaitan dengan alam, misalnya berkebun, naik gunung, main tanam-tanaman dan lain sebagainya.


Sebagai orang tua kita harus bisa mengetahui potensi dan kecerdasan anak agar kita bisa membantu anak dalam mengembangkan kecerdasan dengan memberikan pendidikan yang tepat dan terarah. Mengingat pendidikan bagi anak sangat penting. Tentang perlunya pendidikan untuk anak silakan buka link disini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seberapa Cerdaskah Anakku"