Program Tarawih dan Buka Puasa Bersama

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi kaum muslimin. Karena bulan ini bulan dimana Allah lipat gandakan pahalanya hingga 700 kali lipat bagi siapa saja yang berbuat kebaikan.  Dibulan tersebut diwajibkan untuk melaksanakan puasa kecuali untuk orang-orang yang diberi keringanan oleh Allah Swt diperbolehkan untuk meninggalkan puasa dengan syarat dan ketentuan yang telah Allah tetapkan.

Bulan puasa adalah bulan untuk menempa diri dan untuk menyiapkan diri untuk menjadi manusia unggulan yang diharapkan nantinya bisa memberikan kontribusi dakwah sehingga bisa bermanfaat untuk sesama.

Pada kesempatan bulan Ramadhan kali ini, Yayasan Al-maghribi Cendekia mengadakan kegiatan Tarawih dan acara buka puasa bersama.  Untuk kegiatan tersebut diikuti oleh para anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar lingkungan Yayasan Al-maghribi Cendekia.
Untuk kegiatan Tarawih bersama, awal idenya adalah berasal dari tokoh masyarakat setempat. Bapak Sukardi yang juga sekaligus bendahara Mushalla Nurul Iman mengusulkan agar ada pembinaan kepada anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar Mushalla Nurul Iman.

Anak-anak pada saat shalat tarawih di Mushalla banyak yang hanya membuat kegaduhan dan berisik sehingga mengganggu kekhusu’an para jamaah.  Dan biasanya juga anak-anak hanya senang berkumpul dan bermain serta tidak menunaikan shalat tarawih dengan sempurna.  “Anak-anak yang seperti ini harus diberi pengarahan.” Ujar bendahara Mushalla yaitu pak Sukardi.

Alhamdulillah untuk kegiatan Tarawih bersama yang dilakukan di ruang belajar Yayasan Al-maghribi Cendekia berjalan lancar.  Untuk kegiatan ini sendiri berlangsung selama satu bulan penuh.

buka puasa telaga murni
Di tengah-tengah kegiatan Ramadhan juga diadakan kegiatan Buka Puasa bersama.  Untuk buka puasa bersama diadakan pada hari Selasa 14 Agustus 2012.  Banyak anak-anak yang menginginkan untuk diadakan acara buka puasa bersama. Dalam acara kegiatan Buka Puasa bersama tersebut diisi dengan nonton film bersama.  Diharapkan dengan materi tersebut akan membuat anak-anak lebih bersemangat dan bisa menjadi motivasi untuk menjadi manusia yang bermanfaat buat sesama.

buka puasa
Untuk kepanitiaan acara buka bersama tersebut dipegang oleh remaja di sekitar Lingkungan Yayasan Al-maghribi Cendekia. Dalam hal pendanaan tidak ada masalah yang berarti karena banyak warga sekitar yang ikut menyumbang, mulai dari kue hingga makanan berat seperti lonthong.  Para peserta Buka puasa bersama terlihat  merasa senang dan memberikan kesan positif terhadap kegiatan tersebut serta berharap mudah-mudahan tahun depan kegiatan tersebut masih tetap berlanjut.

tarawih puasa
Itulah beberapa agenda dibulan ramadhan, semoga dengan acara tersebut bisa membentengi para anak-anak dan remaja terhadap pengaruh era globalisasi yang memang tidak bisa dibendung. Semoga kegiatan seperti ini akan tetap dan terus berkelanjutan di tahun mendatang. Untuk foto kegiatan bisa lihat gambar postingan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Tarawih dan Buka Puasa Bersama"