6 Manfaat Mainan Buat Anak


mainan anak
Bermain dengan mainan adalah kesukaaan setiap anak.  Terlebih apabila mainannya masih baru.  Anak akan senang sekali untuk memainkannya berulang-ulang.  Bagi anak, mainan adalah hiburan yang sangat menyenangkan.  Mainan dengan model yang beraneka ragam bisa membantu tumbuh kembang anak.

Bagi dunia industri, berbisnis dalam dunia mainan merupakan hal yang sangat prospek dan berpeluang.  Terutama membuat mainan untuk kalangan anak-anak.  Tapi sayangnya kebanyakan industri mainan anak di Indonesia dikuasai dari luar negeri terutama mainan yang berasal dari negara tirai bambu yaitu cina.

Ada beberapa manfaat mainan untuk anak.  Berikut ini adalah beberapa manfaat mainan untuk perkembangan anak

1.       Perkembangan fisik

Dengan mainan akan membantu anak untuk mengolah otot-ototnya melalui gerakan.  Sebagai contoh adalah untuk melatih  agar cepat merangkak.  Untuk hal ini, kita bisa merangsangnya melalui mainan.  Caranya adalah dengan menarik mainan tersebut dan biarkan bayi menggapainya atau mengejarnya.  Dengan hal ini si bayi akan bergerak tanpa ia sadari, lakukan hal tersebut hingga si bayi lancar merangkak.

2.      Perkembangan Motorik Kasar dan motorik halus

Kedua motorik ini bisa dilatih sejak usia kecil.  Motorik kasar biasanya berhubungan dengan gerakan  yang menggunakan otot-otot kasar misalnya melempar, menendang, melompat.  Untuk gerakan motorik halus sendiri berkaitan dengan otot-otot halusnya.  Misalnya menulis, menggenggam.    Kesemua motorik ini bisa dilatih dengan mainan.

3.      Perkembangan sosial

Dengan mainan akan bisa membantu untuk berimajinasi.  Salah satu caranya adalah dengan anak mengajak berkomunikasi dengan mainannya.  Seolah dia menganggap mainannya adalah sahabatnya.  Dengan kebiasaan seperti ini akan membantu untuk bisa bersosialisasi dengan teman bermainnya.

4.      Perkembangan Emosi

Ada beberapa anak yang rewel dan gampang menangis akan mudah untuk ditenangkan dengan mainan.  Di samping itu dengan mainan akan bisa melepaskan rasa emosinya dengan menendang, melempar ataupun dengan mengejar.

5.      Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak yang berkenaan dengan perkembangan pola pikir.  Pola pikir ini berkaitan aktivasi otak sebagai contoh  berhitung, membedakan bentuk suatu benda, membedakan warna.  Perkembangan kognitif ini bisa dirangsang dengan mainan agar lebih maksimal dam efektif.

6.      Perkembangan Indra

Perkembangan panca indra anak bisa  dirangsang dengan mainan.  Baik itu pendengarannya, penglihatannya, indra perasanya dan indra-indra yang lain.  Dengan mainan ini akan bisa membantu perkembangan panca indranya.  Maksimalkan dengan mainan yang sesuai.

Berikanlah anak dengan mainan yang sesuai untuk membantu segala perkembangan yang dibutuhkannya.  Bijaklah dalam membelikan mainan untuk anak.  Untuk tipsnya bisa anda baca tentang bagaimana cara memilih maianan untuk anak.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Mainan Buat Anak"