Tips Dalam Memilih Mainan Anak


mainan anak
Keluarga akan terasa lengkap apabila sudah mempunyai keturunan yaitu anak.  Anak adalah aset dan investasi yang sangat berharga bagi seorang keluarga.  Betapa banyak keluarga yang belum mempunyai momongan akan berusaha untuk mewujudkan mempunyai anak.  Banyak cara dilakukan termasuk dengan mengadopsi anak.

Tentunya dalam mewujudkan rasa syukur kepada Allah Swt terhadap karunia seorang anak, maka menjaga dan memelihara anak adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan. Dalam tumbuh kembang anak diperlukan berbagai macam hal, termasuk pendidikan, pakaian makanan dan juga hiburan untuk  sang buah hati.

Hiburan yang paling disukai anak adalah mainan.  Maka tak heran apabila ada sebuah keluarga yang memanjakan anaknya dengan aneka macam mainan. Baik itu mainan yang bersifat edukatif ataupun hanya mainan semata yang tidak mempunyai nilai pendidikan.
Agar mainan anak bisa bermanfaat dan tidak terkesan membuang-buang duit, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih mainan anak

1. Pilihlah mainan yang mempunyai nilai manfaat buat sang buah hati. Mainan tidak selalu yang berharga mahal, tapi lihatlah apakah mainan tersebut mempunyai nilai positif untuk perkembangan bayi atau anak, meskipun dalam beberapa kasus mainan yang bagus harganya juga bagus alias mahal. Jangan lupa lihat manfaatnya buat anak.

2. Jangan mudah untuk membeli mainan yang sepintas terlihat menarik, baik itu modelnya yang menarik, warnanya yang ngejreng. Alangkah baiknya memilih mainan yang juga terjaga keamanannya. Aman di sini maksudnya adalah bahwa mainan tersebut memang sudah masuk standarisasi aman buat anak.  Karena ada sebagian anak yang mempunyai kebiasaan menggiggit mainan ataupun menciumi mainannya.  Bahkan ada beberapa mainan anak yang warnanya tidak baik untuk kesehatan anak, dikarenakan warnanya bisa luntur dan akan menempel pada tangan. Ketika warna tersebut luntur dan menempel ditangan, maka tatkala anak makan dengn tidak mencuci tangan, anak akan bisa keracunan dari warna mainan tersebut.

3. Perhatikan mainan yang akan dibeli, apakah merupakan mainan yang bagiannya bisa dipisah-pisah.  Sesuaikan dengan kondisi anak.  Ketika sebuah mainan bisa menjadi partisi atau menjadi bagian yang lebih kecil akan sangat rawan tertelan.

4. Apabila anda bertipe keluarga yang suka membeli mainan, cobalah untuk memvariasikan model mainan. Sebaiknya jangan membelikan mainan anak yang modelnya hanya itu-itu saja. Berkreasilah dengan mainan model baru agar anak bisa berkembang lebih banyak lagi.  Karena anak akan mempunyai imajinasi baru ketika meihat mainannya tidak monoton.

5. Pilihlah mainan yang memang sesuai dengan usianya. Anak bayi jangan belikan mainan yang rumit, misalnya dibelikan puzzle.  Anak bayi belum bisa memainkan mainan tersebut, meskipun ada beberapa anak yang sudah bisa memainkannya.

6. Untuk tips yang terakhir perhatikanlah label atau petunjuk yang tertera di kemasan mainan. Ikutilah anjurannya yang ada pada label tersebut.

Sebagai orang tua harus bijak dalam membelikan mainan buat anaknya.  Pilihkanlah mainan yang sesuai dengan usia anak. Memanjakan anak dengan mainan yang sangat banyak juga tidak baik buat perkembangan dirinya.  Setelah dewasa kelak nanti bisa menjadi anak yang manja.

Itulah beberapa tips dalam memilih mainan buat anak.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dalam Memilih Mainan Anak"