Manfaat Mendongeng untuk Anak


cerita dongeng anak
Mendongeng adalah hal yang sedikit sekali orang tua melakukannya kepada anaknya.  Padahal mendongeng adalah suatu aktivitas untuk mempererat kedekatan orang tua dengan anak.  Biasanya mendongeng adalah sesuatu aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Tetapi mendongeng bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit untuk melakukannya. Untuk bisa mendongeng dengan baik diperlukan kebiasaan dan latihan.

Beberapa hal manfaat dari mendongeng untuk anak

Melatih kekuatan berpikir anak

Semua cerita atau dongeng memiliki alur cerita yang baik.  Dongeng akan membawa pesan baik itu berupa nasehat, hikmah, harapan dan cita-cita.  Oleh karena itu dongeng harus berisi cerita yang bisa merangsang keingintahuan anak, baik itu mengenai tokohnya, apa yang terjadi kemudian dan akhir dari cerita.
Semua ini akan merangsang cara berpikir anak. Ia akan tumbuh kembang bersama dongeng yang diceritakannya.  Anak akan berlatih berimajinasi terhadap apa yang diceritakan kepadanya.

Sebagai media yang efektif

Dengan mendongeng merupakan media yang sangat efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak.  Kita bisa menyampaikan pesan mengenai kejujuran, kegigihan, kebaikan,rasa empati kepada anak tanpa kesan menggurui.  Dengan cara mendongeng ini, anak akan mudah menyerap nilai-nilai yang dikandung dari sebuah cerita atau dongeng.  Anak akan lebih menyukai untuk meniru tokoh yang diceritakannya.

Mengasah kepekaan anak terhadap suara atau bunyi-bunyian

Ketika suatu cerita diceritakan dengan baik, baik itu mengenai intonasinya , suara tokohnya ataupun suara lainnya bisa dibedakan maka si anak akan belajar untuk mengasah pendengarannya terhadap bunyi-bunyian. Anak akan berlatih berekspresi mengenai tokohnya.  Bisa tokoh utama itu sendiri atau tokoh binatang lainnya.  Anak akan bisa menirukan suara binatang apabila kita menceritakannya dengan diiringi suara dari binatang tersebut.

Menumbuhkan rasa empati pada anak

Sebuah dongeng akan memiliki alur cerita. Alur cerita tersebut terdapat dua sisi yang berbeda.  Ada sisi tokoh yang baik serta sisi tokoh yang jahat.  Dengan hal tersebut anak akan belajar dari tokoh yang jahat dan akibatnya serta anak juga akan bisa belajar dari tokoh yang baik dan mengambil hikmahnya.

Mendongeng adalah kegiatan yang sangat dianjurkan oleh agama islam.  Ini tertera dalam Alquran

“Ceritakanlah (hai Muhammad) kisah ibrahim di dalam Alquran ini.  Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi.”(Qs Maryam 41)

Diayat yang lain

“Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al kitab (Al Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang Rasul dan Nabi.” (Qs Maryam 51)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Mendongeng untuk Anak"