Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini



Pendidikan adalah salah satu penentu maju tidaknya sebuah Negara. Ketika sebuah Negara memperhatikan kualitas pendidikan untuk rakyatnya maka secara tidak langsung Negara tersebut sedang membangun sebuah pondasi yang kokoh untuk membangun sebuah Negara yang bermartabat.  Maka sudah menjadi kewajiban bagi rakyat untuk senantiasa menuntut ilmu pendidikan jika menginginkan perubahan kearah yang lebih baik.

Mengenai tahapan pendidikan bisa diawali dari sejak usia dini baik ketika lahir hingga dewasa.  Pertumbuhan anak akan berkualitas jika diawali dari usia dini sudah diberikan pendidikan yang memadai untuk sang anak.  Untuk pendidikan anak usia dini bisa diberikan dari usia 0-8 tahun.

Pendidikan anak Usia Dini adalah salah satu tahapan jenjang pendidikan sebelum anak masuk ke dalam jenjang pendidikan dasar yang bertujuan untuk membina bagi anak yang di mulai dari sejak lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan anak baik jasmani maupun rohani agar memiliki kesiapan mental untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Pendidikan anak usia dini menitikberatkan pada pembentukan dan peletakkan dasar mengenai perkembangan motorik halus dan motorik kasar, dan perkembangan kecerdasan daya piker, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual serta perkembangan sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama), perkambangan bahasa dan komunikasi sesuai dengan kemampuan sang anak.

Tujuan dari diselenggarakannya pendidikan anak usia dini adalah

1.   Untuk membentuk anak yang berkualitas sesuai dengan usianya guna membantu mempersiapkan untuk menghadapi jenjang pendidikan berikutnya.

2.   Untuk membantu meyiapkan anak mencapai kesiapan belajar secara akademik

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Adapun untuk tahapan pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut
  • Infant (0-1 tahun)
  • Toddler (2-3 tahun)
  • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
  • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Memberikan pendidikan yang layak adalah kewajiban sebagai orang tua guna menciptakan generasi yang Robbaniyun dan berkualitas dengan pemerintah sebagai penyedia sarana pendidikan yang berstandar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini"