Khasiat Madu Untuk Kesehatan


madu
Untuk bertahan hidup manusia memerlukan asupan makanan. Manusia dalam sehari bisa makan lebih dari 2 kali.  Dengan asupan makanan ini akan berfungsi untuk mengganti energi dan pembaruan bagian-bagian tubuh yang telah rusak.  Makanya untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar maka diperlukan makanan yang halal dan thoyyib, salah satunya adalah mengandung komposisi yang pas atau yang lebih dikenal dengan makanan empat sehat lima sempurna.

Tapi tahukah anda, bahwa penyakit juga bisa datang dari makanan yang kita asup setiap hari.  Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam memilih makanan.  Ketika manusia terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan maka akan dapat mudah terserang penyakit, baik itu penyakit obesitas, kolesterol, ginjal dan lain sebagainya.

Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda “Sumber dari segala penyakit adalah perut, perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu obat” (H.R. Muslim)

Nabi Muhammad sudah memberikan kepada kita tentang hal-hal yang penting salah satunya adalah kesehatan.  Dalam menjaga kesehatan Rasulullah juga mengajarkan banyak hal, baik mulai dari tata cara makan dan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Salah satu makanan yang dianjurkan adalah untuk mengkonsumsi madu.  Maduini mempunyai banyak khasiat, baik untuk anak kecil maupun orang dewasa.  Bahkan Allah Swt sudah mewahyukan tentang baiknya madu untuk kesehatan

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, 'Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di temat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan (bagimu).' Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." Qs An Nahl 68-69.

Madu berasal dari lebah yang mana lebah itu mengkonsumsi dari makanan yang baik-baik.
Pada era saat ini kondisi makanan yang tersedia di masyarakat rawan akan makanan yang tidak sehat, terutama makanan siap saji.  Karena kesibukkan manusia yang terlalu banyak menjadikan makanan siap saji adalah pilihan utama.  Makanya jangan heran kalau tubuh akan mudah terserang penyakit.

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena penyakit maka solusi yang bisa kita praktekkan adalah dengan rutin mengkonsumsi madu.  Untuk khasiat madu tidakusah diragukan lagi selama madu itu masih murni.

"Kesembuhan itu ada pada 3 (tiga) hal, dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan kay (besi panas). Tetapi aku melarang umatku menggunakan kay" HR. Muslim.
Itulah beberapa khasiat madu dan anjuran untuk meminumnya.  Sebagai orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt maka tentunya akan senantiasa mengikuti apa yang diajarkan dan tidak terpengaruh dengan media-media yang banyak menyesatkan tentang khasiat madu. Wallahua’lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Madu Untuk Kesehatan"