Permainan Dor untuk Anak


permainan anak
Mempunyai kelompok bermain dengan anak adalah hal yang menyenangkan.  Dari sini kita bisa belajar bagaimana berbagi dan menjadi mentor atau pembina untuk anak-anak.  Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan keceriaan, makanya seorang pembina atau guru harus senantiasa terlihat ceria.  Resep sederhana untuk menampilkan keceriaan yang paling pertama adalah dengan tersenyum kepada anak-anak.

Untuk mendidik anak-anak diperlukan daya kreatif tinggi untuk memunculkan ide-ide segar.  Ide-ide segar ini perlu kita butuhkan agar kegiatan yang sedang kita jalankan bersama anak-anak tidak mengalami masa jenuh.  Dan karena memang tipikal sifat-sifat anak-anak yang ingin selalu ada hal-hal baru.  Hal-hal baru tersebut akan menarik dan menjadi perhatian anak.  Sebuah acara atau kegiatan yang hanya mempunyai kegiatan itu-itu saja cenderung akan membosankan.

Tapi ternyata untuk memunculkan ide-ide baru ini juga tidak gampang.  Kita harus banyak membaca dan mendapatkan informasi baru.  Informasi baru yang kita peroleh kemudian kita olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan ide baru.  Misalnya kita mengolah ide baru tentang permainan yang lebih baru lagi dan lebih seru.  Ya, anak-anak suka dengan permainan.  Permainan buat anak-anak adalah kegiatan yang menyenangkan, kegiatan yang tidak membosankan.

Banyak permainan yang bisa kita gunakan untuk menarik simpati anak.  Mulai dari permainan yang sederhana hingga permainan yang sulit.  Ada permainan yang bertipe sendiri (individual) ada juga permainan anak yang bersifat team work.  Semua permainan itu akan bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.  Baik itu ketangkasannya, motorik halus dan kasarnya dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah permainan yang bisa kita praktekkan untuk melatih anak ataupun permainan ini  bisa kita gunakan sebagai ice breaking dalam sebuah acara.

Kita sebut permainannya adalah permainan Dor.  Kenapa disebut Dor, karena nanti permainannya akan menggunakan kata Dor dan diucapkan.   Untuk teknisnya adalah sebagai berikut

1.       Permaianan ini menggunakan metode matematika.  Yaitu menggunakan metode angka berurut dan sistem kelipatan

2.      Agar anda mudah memahami permainan ini perhatikan angka berikut
0  1  2 3  4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 dst
Urutan angka tersebut adalah sebuah urutan angka dan nanti akan kita mulai permainan dengan sistem kelipatan dua.  Anda bisa juga membuat dengan kelipatan yang lain, terserah selera anda.  Untuk kesempatan kali ini kita memakai kelipatan dua.

3.      Dari urutan angka di atas perhatikanlah urutan angka di bawah ini yang menjadi
0  1  DOR  3   DOR  5  DOR  7  DOR  9  DOR  11  DOR dan seterusnya

4.      Untuk langkah selanjutnya perintahkanlah anak-anak atau para peserta kegiatan untuk mengucapkan angka atau DOR sesuai dengan urutannya.  Setiap anak atau peserta yang  kebagian angka kelipatan dua (2) maka mengucapkan kata “DOR” .  Kata DOR ini adalah sebagai pengganti angka yang berkelipatan dua, sedangkan peserta yang tidak kena angka kelipatan dua cukup menyebutkan angkanya saja.

5.      Permaianan ini akan melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri, anda bisa memberikan sesuatu apabila ada yang salah mengucapkannya. Sesuatu ini bisa hukuman ataupun yang lainnya.  Biasanya para peserta akan bingung dalam mengucapkan angka atau harus bilang DOR.

Anda bisa menerapkan permainan dor ini di berbagai macam kegiatan.  Kita bisa memanfaatkan permainan ini sebagai pemecah keheningan atau bahasa kerennya adalah ice breaking.  Permaianan ini akan bisa membuat segar suasana.

Semoga bermanfaat dan membantu dalam mencari permainan buat anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Permainan Dor untuk Anak"