Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

17 July 2013

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil
Makanan merupakan salah satu kebutuhan penting manusia termasuk ibu hamil.  Ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi makanan sehat apabila menginginkan perkembangan janin bisa tumbuh secara maksimal.  Pola makan dan pemilihan makanan yang tidak tepat akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan sang bayi.  Oleh karena itu perlu dipersiapkan materi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sang ibu hamil beserta janin yang sedang dikandung.

Tingginya angka kematian pada ibu hamil saat melahirkan bisa jadi dikarenakan nutrisi makanan sehat yang kurang terpenuhi.  Begitu juga dengan keadaan dimana bayi lahir dengan berat badan yang rendah ataupun kondisi bayi dengan berat badan berlebih bisa jadi disebabkan gaya hidup bunda yang tidak beraturan ataupun minimnya pengetahuan bunda tentang panduan ibu hamil sehat.

Masa kehamilan selama 9 bulan 10 hari harus dioptimalkan sebaik mungkin.  Tujuannya adalah agar anak yang dilahirkan bisa terlahir dengan perkembangan yang paling optimal.  Perkembangan yang diharapkan adalah perkembangan kecerdasannya, perkembangan fisik dan kesehatannya, perkembangan emosionalnya dan perkembangan-perkembangan lainnya yang dibutuhkan sang bayi untuk mengarungi samudera kehidupannya.  Pengoptimalan perkembangan bayi bisa dibantu dengan pemilihan makanan sehat yang tepat untuk bunda hamil.

Beberapa makanan sehat yang harus terpenuhi untuk bunda hamil antara lain

1. Makanan yang kaya akan karbohidrat

Karbohidrat memiliki peranan penting dalam memberikan energi untuk ibu hamil.  Karena karbohidrat memiliki beberapa peran penting antara lain untuk pergerakan tubuh, sebagai pertumbuhan tubuh, dan untuk mempertahankan suhu tubuh.  Kebutuhan akan karbohidrat bisa kita dapatkan dari zat tepung dan gula.  Beberapa contoh makanan yang kaya akan karbihidrat antara lain nasi, roti, ubi, singkong, sagu, kentang, gandum, dan lain-lain.

Kebutuhan energi untuk ibu hamil sangatlah banyak.  Oleh karena itu asupan makanan yang kaya akan karbohidrat harus tercukupi.  Beberapa hal yang mempengaruhi kebutuhan energi tubuh yaitu berat badan, usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.

2. Makanan yang mengandung zat protein

Zat protein merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tubuh.  Beberapa fungsi dari zat protein yaitu untuk pertumbuhan sel-sel tubuh, mengganti sel-sel yang telah rusak dan untuk mengatur proses di dalam tubuh.  Zat protein dibagi menjadi dua bagian yaitu protein hewani dan protein nabati.  Kedua-duanya sangat penting untuk ibu hamil.  Contoh makanan yang mengandung protein hewani antara lain susu, daging, keju, udang, cumi, telur dan ikan sedangkan contoh makanan yang mengandung protein nabati antara lain kacang tanah, kacang merah, kedelai, dan lain-lain.

3. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan salah satu kebutuhan penting untuk menjaga kesehatan bunda hamil.  Fungsi dari mineral antara lain adalah sebagai zat yang aktif dalam metabolisme tubuh dan sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan.  Sedangkan fungsi vitamin antara lain untuk melengkapi karbohidrat, kalori dan mineral, menghambat proses penuaan dan menjaga kebugaran tubuh.  Selain itu vitamin berfungsi untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.  Bunda hamil tidak boleh terkena avitaminosis (kekurangan vitamin).  Beberapa vitamin yang diperlukan yaitu vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K.

Untuk para ibu hamil akan memerlukan asupan makanan bergizi yang lebih daripada biasanya.  Hal ini disebabkan sang ibu juga harus memberikan nutrisi kepada janin yang sedang dikandungnya.  Untuk selanjutnya adalah beberapa contoh makanan sehat untuk ibu hamil antara lain

1. Kacang merah

Kacang merah memiliki gizi yang tinggi yang sangat bermanfaat untuk membantu memaksimalkan perkembangan bayi yang sedang dikandung.  Kandungan serat dan zat besinya sangat baik untuk perkembangan sel darah merah bayi.

2. Brokoli

Sayuran alami sangat dibutuhkan ibu hamil.  Oleh karena itu brokoli bisa dijadikan menu makanan sehat untuk bunda hamil.  Brokoli ini mengandung cukup banyak air serta vitamin B kompleks yang tidak dimiliki oleh sayuran lain. Manfaat dari brokoli adalah untuk membantu mempertahankan dan juga membentuk sel-sel baru di dalam tubuh.

3. Oat

Oat terbukti memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga oat aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain mengandung karbohidrat kompleks, oat atau lebih dikenal dengan gandum juga memiliki kemampuan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

4. Susu skim

Susu merupakan kebutuhan penting untuk ibu hamil.  Susu skim bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan akan protein, kalsium, dan vitamin B 12 yang diperlukan para ibu hamil.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan favorit para ibu hamil.  Yoghurt sangat mudah untuk kita dapatkan.  Kandungan yoghurt antara lain lemak kadar rendah dan kalsium tinggi yang sangat baik untuk perkembangan tulang.

6. Telur

Telur juga amat sangat mudah kita dapatkan.  Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk merawat sel-sel tubuh.

6. Ikan salmon

Untuk membantu memaksimalkan kecerdasan bayi maka ikan salmon ini bisa menjadi pilihan sebagai makanan sehat untuk bunda.  Tips dalam memilih ikan salmon yaitu pilih ikan yang masih segar dan terbebas dari formalin dan zat merkuri.  Formalin dan merkuri sangat berbahaya untuk perkembangan kesehatan bunda dan janin yang sedang dikandung.

Makanan sehat tersebut di atas sebaiknya dikonsumsi secara rutin selama menjalani kehamilan.  Untuk memastikan lebih lanjut tentang makanan sehat tersebut maka bunda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar diberi panduan yang tepat sehingga bunda tidak ragu-ragu.  Hal terakhir yang perlu bunda ingat yaitu berhati-hatilah terhadap penggunaan obat-obatan kimia tanpa rekomendasi dokter terpercaya anda.  Makanan yang sehat dan alami merupakan pilihan terbaik untuk ibu hamil.
Back To Top