Agar Rumah Aman Selama Mudik

Agar rumah aman selama mudik
Mudik adalah salah satu rutinitas tahunan yang sangat populer di Indonesia.  Kegiatan mudik yang sangat ramai ini biasanya terjadi pada hari menjelang hari raya lebaran. Kegiatan mudik ini merupakan salah satu hal yang dinanti karena biasanya para pemudik merupakan para perantau yang meninggalkan kampung dalam tempo yang lama.  Sehingga untuk mengobati rasa rindu dan kangen sama keluarga, momen idul fitri adalah kesempatan yang sangat baik untuk acara kumpul keluarga.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan sebelum mudik adalah keamanan rumah yang akan ditinggalkan.  Diperlukan tips dan kiat tertentu agar keadaan rumah aman sehingga barang-barang berharga tidak ada yang hilang.  Selain itu salah satu hal yang patut diwaspadai yaitu kebakaran.  Oleh karena itu faktor keamanan instalasi listrik di rumah juga mesti diperhatikan.  Instalasi rumah yang buruk bisa menyebabkan terjadinya konsleting sebagai pemicu kebakaran.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita terapkan sebelum meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lumayan lama.  Agar rumah tetap aman ketika ditinggal mudik, berikut ini adalah hal-hal yang layak anda ketahui

1. Hati-hati dengan status di jejaring sosial

Twitter dan facebook adalah jejaring sosial yang paling populer di Indonesia.  Sebaiknya hindari memberikan informasi dengan membuat status akan mudik di jejaring tersebut.  Karena bisa jadi anda sedang diintai oleh maling melalui media internet.  Rahasiakan keberadaan anda dengan tidak mengumbarnya di internet.

2. Minta tolong kepada tetangga

Apabila ada tetangga yang tidak ikut mudik maka kita bisa menitipkan rumah kita kepada tetangga kita.  Minimal minta bantuan untuk mengontrol kondisi rumah kita.  Apabila tidak ada tetangga maka kita bisa mencari bantuan kepada teman, pembantu ataupun kerabat yang tidak mudik.  Jangan lupa memberi pesan kepada tetangga untuk tidak menyerahkan kunci rumah kecuali kepada kita.  Hal ini untu meminimalisir terjadinya pencurian dengan modus menipu dengan mengaku saudara kita.

3. Matikan lampu yang tidak perlu

Ada sebagian yang beranggapan dengan menghidupkan lampu akan menganggap rumah ada penghuninya.  Bisa saja pendapat ini salah karena maling pasti akan mencurigai rumah yang lampunya tidak mati hingga larut malam.  Kalau ada dana cadangan lebih, kita bisa memasang saklar otomotis seperti lampu-lampu penerangan di jalan.  Atau kalau memungkinkan mintalah ke tetangga untuk menghidupkan lampu dan mematikan lampu.

4. Perabotan rumah tangga

Jangan lupa untuk mencabut semua steker perabotan agar tidak terjadi korsleting.  Rapikan dengan baik tabung gas dan peralatan masak lainnya.  Simpan dengan baik perabotan rumah yang memiliki nilai jual tinggi.  Misalnya komputer, laptop, televisi dan lain-lain.

5. Mengecek semua langganan

Langganan majalah atau koran sebaiknya dihentikan dahulu agar meminimalisir kesempatan untuk mencuri. Selain itu hal ini bisa sedikit menghemat keuangan karena biasanya koran atau majalah langganan hanya akan menumpuk di depan rumah.

6. Koordinasi dengan RT atau petugas keamanan

Beritahukan kepada RT bahwa kita akan mudik dalam tempo yang lama.  Selain itu berilah sedikit uang saku untuk petugas keamanan agar mereka semangat untuk menjaga keamanan lingkungan rumah.  Jangan lupa untuk meminta nomor telepon RT dan petugas keamanan karena hal ini biasanya sangat bermanfaat.

7. Menyimpan dokumen dan kendaraan

Untuk sementara kita bisa menitipkan kendaraan kita di tempat penitipan kendaraan agar aman.  Selain itu jangan lupa untuk menyimpan atau menitipkan dokumen penting ke tempat yang terpercaya, misalnya ke bank.

8. Pastikan semua terkunci dengan baik

Pintu dan jendela harus dalam keadaan terkunci.  Kamar-kamar penting yang berisi barang-barang berharga jangan lupa dikunci khusus, minimal untuk menghambat maling jikalau ada pencurian.

Tips aman meninggalkan rumah ini bisa dipraktekan untuk meminimalisir terjadinya pencurian ke dalam rumah kita.  Jangan lupa untuk senantiasa bertawakal kepada Allah karena Allah adalah sebaik-baik pelindung.  Semoga bermanfaat dan mudik anda lancar hingga tujuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Rumah Aman Selama Mudik"