Cara Sehat Sahur dan Buka Puasa

Menu puasa sehat
Agar tetap fit dan kuat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan dibutuhkan strategi yang tepat.  Perencanaan yang baik akan memudahkan kita dalam menjalankan puasa sehingga target-target amalan puasa bisa dicapai dengan maksimal.  Hal yang sangat penting kita perhatikan diantaranya adalah tentang menu makan selama puasa, tips sahur dan kiat berbuka yang simple dan praktis.

Ketiga hal tersebut memiliki peran yang cukup penting apabila menginginkan stamina tetap sehat selama bulan ramadhan.  Pemilihan menu makan dan pola makan yang salah akan bisa mengurangi stamina dan akan membuat badan selalu lemas ketika berpuasa.  Badan lemas dikarenakan asupan makanan yang kurang tepat ataupun pola sahur yang banyak mengkonsumsi makanan manis yang banyak mengandung gula.

Tips sahur sehat

1. Cukupi kebutuhan akan air, vitamin ataupun makanan yang banyak mengandung elektrolit. 

Sebaiknya menghindari minuman yang manis-manis yang banyak mengandung gula, misalnya teh manis.  Minumlah air putih dengan porsi yang cukup.  Selain itu kebutuhan akan air dan vitamin bisa kita dapatkan dari buah-buahan segar.  Agar menarik kita bisa mengolah buah-buahan menjadi jus segar.

2. Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks terbukti ampuh untuk memberikan cadangan energi sehingga akan membuat kita tetap kuat selama menjalani puasa.  Banyak sekali aneka makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks yang bisa kita dapatkan.  Contoh makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran.

Banyak sekali aneka olahan dari makanan tersebut.  Kita bisa melihat dari komposisi yang digunakan dari makanan tersebut.  Untuk produk makanan jadi cek terlebih dahulu komposisi bahan pembuatnya untuk memastikan bahwa makanan tersebut terbuat dari salah satu makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks.

3. Makanlah secara teratur dan perlahan-lahan

Sebaiknya makan jangan terburu-buru.  Selain tidak bisa menikmati makanan ,makan yang terlalu cepat akan bisa mengganggu kadar gula dalam darah dan akan membuat perut cepat merasa lapar.  Makan yang terlalu cepat akan membuat kerja pencernaan menjadi berat karena proses penghancuran makanan tidak maksimal.  Sunnah rasul yaitu mengunyah makanan minimal 32 kali kunyahan sehingga akan membuat makanan menjadi lembut dan zat untuk membantu pencernaan bisa terpenuhi.

4. Mengakhirkan sahur

Sebaiknya tidak sahur pada tengah malam kemudian tidur.  Carilah waktu sahur yang paling baik yaitu kurang lebih setengah jam sebelum waktu imsak.  Sahur yang terlalu mepet juga tidak terlalu baik karena akan membuat makan menjadi terburu-buru.

Tips berbuka sehat

1. Menyegerakan berbuka

Apabila waktu berbuka sudah tiba maka sebaiknya jangan menunda-nunda berbuka meskipun kita masih kuat berbuka.  Keutamaan berbuka adalah dengan tidak mengulur-ulur berbuka dan menyegerakan berbuka.

2. Berbuka dengan makanan yang manis

Selama menjalankan puasa maka tubuh akan banyak kehilangan energi.  Agar energi cepat kembali pulih maka makanan/minuman  yang manis akan cepat membantu proses pengembalian energi.
Makanan yang dianjurkan untuk berbuka yaitu kurma, air putih (teh manis juga boleh).

3. Hindari berbuka dengan minuman dingin

Minuman dingin akan membuat perut berasa kenyang, sehingga hal ini akan membuat selera makan menjadi berkurang.  Selain itu biasanya minuman dingin akan membuat badan menjadi panas dingin karena perbedaan suhu tubuh dengan suhu minuman.

4. Bertahap dalam mengkonsumsi makanan

Berbuka bukanlah waktu balas dendam karena seharian sudah menahan lapar dan haus.  Berilah interval atau jarak antara makanan yang ringan-ringan baru kemudian makan makanan yang berat-berat.  Biasanya berbuka dengan menu makanan berat akan membuat tubuh menjadi mmengantuk sehingga pada waktu tarawih akan cenderung malas dan mudah capek.  Selain itu berbuka dengan makanan berat akan menimbulkan sembelit.

Menu makanan selama puasa

Menu makanan yang minimal tersedia antara lain buah kurma, madu dan air putih.  Sebagai contoh menu makanan yang lain

Contoh menu sahur sehat

1. Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.

2. Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur serta Buah jeruk

3. Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
    Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang.

4. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning dan buah pepaya.

Contuh menu berbuka puasa
1. Nasi merah dengan sate ayam dan buah pisang
2. Nasi merah dengan soto ayam dan buah jeruk
3. Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Bulan ramadhan merupakan bulan untuk menempa diri.  Oleh karena itu niatkan puasa semata-mata untuk mengharap keridhaan Allah Ta'ala agar kita dimasukkan dalam golongan orang-orang yang bertakwa.  Jangan lupa untuk melatih anak kita berpuasa agar anak ketika dewasa bisa menjalankan ibadah puasa tanpa ada paksaan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Sehat Sahur dan Buka Puasa"

Irham Maulana said...

Yang pasti untuk memulai usaha di bidang makanan, Sebaiknya Anda menggunakan Dus Makanan. Jika Anda membutuhkannya silahkan hubungi saya Irham dari Greenpack.