5 Penyebab Bayi Menangis Yang Perlu Diketahui

Penyebab bayi menangis
Menangis adalah salah satu hal yang biasa dilakukan oleh bayi.  Penyebab dari bayi menangis ini bermacam-macam.  Bagi bayi menangis merupakan salah satu cara bentuk komunikasi baik itu dengan orang lain ataupun kepada orang tuanya sendiri.  Para orang tua sebaiknya tidak meremehkan tangisan bayi apabila bayinya menangis.  Penanganan dan tindakan yang cepat ketika bayi menangis akan membuat perkembangan psikologi bayi menjadi optimal.

Bagi beberapa orang tua baru, mungkin masih kesulitan mendeteksi penyebab bayi menangis.  Karena penyebab bayi menangis sangat beragam.  Bisa saja menangis karena bayi lapar, bayi haus, bayi mengompol dan lain sebagainya.  Tapi lambat laun bunda akan memahami dan mengerti akan tangisan bayi berdasarkan keperluan bayi.

Beberapa penyebab bayi menangis

1. Bayi perlu makan

Lapar bisa jadi penyebab bayi menangis.  Karena bentuk perutnya yang masih kecil, maka perut bayi belum mampu untuk menyimpan makanan secara banyak.  Oleh karena itu bayi akan lebih sering menangis dikarenakan perutnya merasa lapar.  Apabila bayi menangis maka hal yang bisa dilakukan pertama kali adalah memberikan bayi dengan asi.  Apabila bayi mau menghisap asi berarti bayi sedang lapar.

2. Bayi perlu kenyamanan

Hal lain yang bisa menyebabkan bayi menangis yaitu baju bayi yang tidak nyaman. Baju yang terlalu ketat akan membuat rasa nyaman menjadi berkurang.  Oleh karena itu pilihkan bayi baju yang nyaman agar bayi tidak sering menangis. Selain itu baju yang nyaman akan membuat kulit bayi tidak cepat iritasi.

Banyak hal yang berhubungan dengan rasa nyaman ini.  Selain baju yang dipakai bayi, ruangan mungkin juga bisa menyebabkan bayi menangis.  Ruangan yang panas dan kurang ventilasi bisa menyebabkan bayi sering menangis. Oleh karena cek segala sesuatu yang berhubungan dengan rasa nyaman agar bayi tidak rewel.

3. Bayi perlu dipeluk

Bayi juga membutuhkan belaian dan pelukan dari orang tuanya.  Ada beberapa bayi yang membutuhkan ketenangan dengan membutuhkan hangatnya pelukan dari orang tuanya.  Dalam beberapa kejadian ada beberapa bayi yang terdiam dari menangisnya setelah bayi ditimang-timang oleh orang tuanya terutama ketika malam hari

4. Bayi perlu istirahat

Ada beberapa bayi yang menjadi rewel setelah bermain.  Kelelahan bayi bisa terjadi karena bayi sering pindah-pindah tangan untuk digendong.  Karena para ibu biasanya akan lebih suka untuk menggendong bayi yang dilihatnya.  Apabila bayi cenderung lebih sering menangis maka cobalah untuk menigistirahatkan bayi agar bayi bisa rehat sejenak.

5. Bayi perlu rasa sehat

Bayi menangis bisa jadi karena bayi sedang sakit.  Oleh karena itu kenali dengan baik kondisi kesehatan bayi.  Amati setiap perubahan dari bayi.  Cek suhu tubuhnya dan keadaan badannya karena bisa saja bayi sedang sakit.  Kalau bayi sakit karena gigitan serangga biasanya akan tampak ada bekas gigitan di tubuhnya.  Namun apabila bayi tetap menangis dikarenakan sakit namun kita masih ragu maka kita bisa mengkonsultasikan kesehatan bayi ke pelayanan kesehatan terdekat.

Kira-kira hal apa yang bisa kita lakukan ketika mendengar bayi menangis?  Hal-hal yang bisa dilakukan ketika bayi menangis diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Tenangkan bayi dan peluk dengan hangat
b. Menimang-nimang bayi
c. Memijit bayi
d. Membiarkan bayi menghisap sesuatu terutama asi

Dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menenangkan bayi menangis.  Memenuhi kebutuhan bayi dikala menangis merupakan hal yang wajib dilakuakan oleh para orang tua. Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang ringan dan mudah.  Akan tetapi kita akan bisa menikmati seni dalam mendidik anak sebagai agenda rutin dalam kehidupan sehari-hari sebagai tabungan amal sholeh untuk kehidupan akherat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Bayi Menangis Yang Perlu Diketahui"