Tips Mengajari Anak Balita Lancar Berbicara

melatih mengajari anak berbicara
Melatih dan mengajari anak balita agar cepat berbicara bisa dilakukan dengan cara-cara yang sederhana namun memiliki efektivitas yang baik untuk membantu kelancaran berbicaranya.  Ada beberapa tips mudah dalam rangka mendorong anak lancar dan pintar berbicara.

Setiap anak akan memiliki tingkat perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda-beda.  Ada yang berkembang dengan cepat ataupun ada anak yang balita yang berkembang secara perlahan.  Salah satu perkembangan anak balita adalah kemampuan untuk berbicara ataupun mengucapkan kata-kata sederhana.

Mendengar anak balita bisa berbicara ataupun hanya baru sekedar melafazkan beberapa kata sederhana merupakan kebahagiaan yang luar biasa bagi para orang tua.  Ada perasaan gembira ketika anak berbicara lucu ataupun bahkan kita menganggapnya anak cerdas ketika anak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kita, yang pastinya sesuai dengan kapasitas anak-anak pada umumnya.

Agar anak balita cepat berbicara sejak usia dini, maka setidaknya ada beberapa tips yang bisa terapkan agar anak cepat dan lancar berbicara. Tips melatih anak berbicara antara lain

1. Sering mengajak anak berkomunikasi

Dengan sering mengajak anak bercakap-cakap maka akan mampu menambah kosa kata yang dimiliki anak.  Bisa jadi anak tidak lancar berbicara dikarenakan kosa kata yang dimiliki anak sangat minim atau sedikit.  Dalam berbicara kepada anak sebaiknya menggunakan kata-kata yang mudah dipahami anak dan tidak perlu dicadelkan mengikuti gaya anak berbicara.

2. Menjelaskan sesuatu

Maksudnya adalah ketika sedang mengenalkan sesuatu kepada anak maka berilah penjelasan lebih lanjut akan sesuatu yang dikenalkan tersebut.  Hal ini akan mengenalkan anak kosa kata dan akan membuat anak mengenali dengan baik obyek yang dijelaskan sehingga anak akan terdorong untuk menyampaikan isi hatinya dengan berbicara.

3. Merangsang motoriknya

Berbicara erat kaitannya dengan organ mulut terutama lidah.  Untuk merangsang otot-otot lidah dan untuk memperkuatnya maka kita bisa memberikan permainan sederhana pada anak balita.  Contoh permainan yang bisa diterapkan adalah menghisap air dengan sedotan, meniup gelembung di udara, meniup seruling atau peluit, menggigit gigitan yang kenyal dan lain sebagainya.  Hal ini diharapkan mampu untuk menguatkan organ mulut dan lidah sehingga anak bisa fasih berbicara.

4. Mendongeng kepada anak

Mendongeng, membacakan buku ataupun bercerita merupakan hal yang sangat baik untuk membantu anak agar anak balita cepat berbicara.  Buku bergambar dengan diberikan diskripsi yang jelas dengan diucapkan akan membuat anak menyimpan kosakata-kosakata yang ia dengar.  Lakukan kegiatan bercerita ini secara berulang-ulang.

5. Bernyanyi lagu anak-anak

Selain sebagai sarana hiburan, bernyanyi lagu anak akan melatih anak berbicara.

6. Berkumpul dan bermain bersama

Perbanyak anak untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lainnya terutama anak-anak yang sudah fasih berbicara.  Biasanya anak-anak yang suka bermain akan mendapatkan kosakata baru.  Pilihlah teman sepermainan yang baik-baik, karena tak jarang ketika anak-anak yang pulang dari bermain malah anak mendapatkan kata-kata yang tidak baik.

Melatih dan mengajari anak berbicara bisa dilakukan sedini mungkin.  Para bunda harus lebih sedikit cerewet (banyak berbicara) agar anak terstimulasi mulai dari lingkungan keluarga.  Itulah beberapa 6 tips agar anak cepat dan fasih berbicara sejak usia dini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengajari Anak Balita Lancar Berbicara"