Manfaat Pijat Bayi untuk Anak-anak

pijat bayi dan anak
Stimulasi pijat atau yang biasa disebut dengan stimulasi sentuh, terapi pijat bayi, baby massage, infant massage memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak ataupun bayi. Dengan memberikan stimulasi pijat maka ada beberapa interaksi positif yang bisa didapatkan yaitu kombinasi bentuk stimulasi seperti stimulasi auditory, stimulasi visual, raba dan kinestetik.

Pijat bayi memiliki manfaat utama yaitu untuk membantu memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi.  Sebaiknya dalam memberikan pijat bayi dilakukan dalam suasana dan kondisi yang menyenangkan dan nyaman.  Durasi waktu dalam proses pemijatan bayi hendaknya kurang lebih 15 menit dan diberikan secara rutin.  Ada baiknya jikalau orang tua memberikan stimulasi pijat ini kepada bayinya.

Perbedaan Pijat bayi dan urut tradisional

Pijat bayi dan urut tradisional hampir memiliki kesamaan yang sama.  Karena pada prinisipnya sama-sama memberikan bentuk manipulasi pada jaringan lunak tubuh dengan cara memegang, menggerakkan dan memberikan penekanan pada bagian tubuh tertentu untuk memberikan pengaruh positif pada bayi.

Adapun perbedaan urut bayi dan pijat bayi yaitu tujuan dari pemberian terapi tersebut. Biasanya urut bayi diberikan untuk menyembuhkan penyakit/sakit yang dialami bayi atau sebagai program penyembuhan suatu penyakit yang dialami oleh bayi.  Dan urut bayi biasanya diberikan oleh PARAJI atau dukun bayi.  

Sedangkan pijat bayi itu sendiri berbeda dengan urut bayi.  Stimulasi pijat (pijat bayi) harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua, tenaga kesehatan atau anggota keluarga yang lain.  Pijat bayi berhenti dilakukan manakala bayi merasa kesakitan, dan pijat bisa dilakukan kembali apabila bayi telah merasa nyaman.  Selain itu pijat bayi bisa diiringi dengan terapi yang lain, misalnya stimulasi auditory (terapi suara) dan stimulasi visual.  Tentu saja hal ini akan berbeda dengan urut bayi.

Lantas apa saja manfaat dari pijat bayi?  Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan terapi pijat bayi, antara lain

1. Membantu menguatkan bayi untuk menyusui
2. Memberikan kenyamanan pada bayi dengan rilaksasi
3. Memaksimalkan istirahat bayi sehingga tidur bayi akan lebih pulas
4. Membangun kedekatan dengan orang tua khususnya ibu
5. Membantu menaikkan berat badan bayi
6. Meningkatkan nafsu makan bayi.
7. Memperbaiki sistem pencernaan bayi
8. Menghilangkan ketidaknyamanan pada bayi
9. Menurunkan kadar hormon stress pada bayi
10. Mengatasi gangguan tidur pada bayi

Selain itu dengan memberikan pijat bayi, ada beberapa sisi positif yang bisa didapatkan para orang tua antara lain

1. Menguatkan tali hubungan antara bayi dengan orang tua
2. Memahami bahasa isyarat bayi
3. Lebih PD lagi dalam mengurus dan merawat bayi
4. Menghilangkan stress pada orang tua
5. Menciptakan suasana yang menyenangkan

Pijat bayi dapat diberikan jika bayi sudah cukup bulan.  Untuk memastikan cukup bulan maka hal yang bisa dilakukan yaitu dengan berkonsultasi tenaga kesehatan (Bidan).  Dalam memberikan pijat bayi dianjurkan jangan dilakukan setelah anak selesai makan, bayi saat lapar, bayi sedang sakit ataupun saat bayi kelihatan enggan untuk diberikan pijatan.

Dalam melakukan pijat bayi hendaknya memperhatikan selalu respons yang diberikan bayi. Ketika bayi terlihat kesakitan maka pijatan jangan diteruskan.  Untuk membantu kelancaran pijatan bayi, maka lotion ataupun minyak kelapa bisa digunakan.  Siapkan waktu dan kondisikan suasana yang nyaman dan menyenangkan agar proses pemijatan bisa berjalan dengan lancar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pijat Bayi untuk Anak-anak"