Makanan dan Nutrisi Sehat untuk Anak-anak

makanan sehat
Makanan ataupun nutrisi yang bergizi sangat dibutuhkan anak-anak untuk perkembangan dan pertumbuhannya.  Dengan kecukupan makanan yang sehat dan halal diharapkan anak akan bisa tumbuh sesuai dengan tabel standar anak sehat dan sesuai dengan usia anak tanpa ada kelambatan perkembangan.  

Karena pentingnya makanan sehat dan minuman bergizi sehingga para orang tua akan lebih terfokus pada pemenuhan dan penyediaan akan makanan ini.  Orang tua pasti akan memilihkan susu yang berkualitas, sayuran yang segar, lauk pauk yang baik dan tentunya orang tua juga akan rela meskipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan ini.

Akan tetapi di era yang serba maju ini, kebanyakan para orang tua tidak mengetahui bahwa kebutuhan ruhani dan pikiran anak juga memerlukan nutrisi dan makanan sehat untuk tumbuh kembangnya.  Dengan ruhani dan pikiran sehat akan membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal sesuai dengan slogan yang berbunyi "Di dalam pikiran yang sehat terdapat badan yang sehat."

Para orang tua harus mengetahui kebutuhan penting pikiran dan rohani anak agar anak bisa berkembang dengan pikiran yang sehat, ruhani yang kuat, etika dan moral serta akhlak yang baik.  Apa saja makanan dan nutrisi sehat untuk pikiran, etika, moral, dan rohani anak?

Beberapa contoh makanan dan nutrisi sehat untuk anak

1. Kata-kata yang baik pada anak terutama saat anak mengalami kegagalan.
2. Pujian dan penghargaan yang tulus kepada anak jika anak melakukan kebaikan ataupun berprestasi.
3. Menghindari tontonan yang tidak mendidik
4. Memperbanyak tontonan edukasi dan menjauhkan anak dari televisi yang merusak
5. Memberikan pelukan kepada anak
6. Berlemah lembut dalam bertutur kata kepada anak
7. Tidak membentak kepada anak
8. Menemani anak bermain
9. Mendongeng kepada anak
10. Memberikan mainan yang mendidik
11. Senantiasa memberikan senyuman yang tulus kepada anak
12. Memasukan anak ke sekolah yang peduli akan akhlak dan moral
13. Orang tua memberikan contoh yang baik di dalam keluarga
14. Mencium dan menggendong anak
15. Mencarikan lingkungan yang baik 
16. dan lain sebagainya

Kebutuhan anak tidak hanya sebatas kebutuhan fisik saja, akan tetapi kebutuhan pikiran dan rohani juga mesti diperhatikan dengan baik.  Banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu pemenuhan makanan dan nutrisi sehat agar pikiran dan rohani anak bisa berkembang secara baik.

Hal ini bisa kita lakukan mulai saat ini dan dimulai dari hal yang terkecil.  Semua orang tua pasti berharap kelak anaknya akan memiliki badan yang sehat serta pikiran yang sehat dan positif.  Hal ini akan bisa tercapai jikalau ayah dan ibu saling bekerja sama dengan niat yang ikhlas dalam memberikan makanan dan nutrisi sehat ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan dan Nutrisi Sehat untuk Anak-anak"