Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

26 January 2015

Mendidik dan Membangun Imunitas Anak di Era Digital

anak dan internet
Semakin majunya era digital akan membuat sebagian tugas-tugas manusia bisa dikerjakan dengan cepat.  Segala informasipun juga akan semakin mudah diakses dan cepat beredar baik itu informasi positif ataupun negatif.  Dengan pesatnya kemajuan era digital, pembentengan terhadap keluarga terutama anak juga harus diperkuat agar pembentukan dan pendidikan anak yang berkualitas bisa tercapai.

Di era digital, membangun imunitas terhadap anak mutlak dilakukan agar anak tidak terkena dari dampak buruk majunya teknologi terutama teknologi informasi.  Di sekeliling kita banyak kita temui informasi-informasi tidak sehat dan beredar sangat cepat.  Hal ini sangat berbahaya untuk perkembangan dan pertumbuhan anak jika anak tidak dibekali dengan imunitas yang baik.

Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan untuk membekali anak kita agar proses pembentukan anak yang cerdas, berakhlaq mulia dan berkompeten bisa tercapai di tengah-tengah era digital.

Tips membangun imunitas anak di era digital dan internet

1. Memupuk keimanan anak sejak usia dini

Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik di dalam keluarga terutama dalam ketaatan beribadah.  Tujuannya adalah agar anak bisa mencontoh dan meniru apa yang dilakukan orang tuanya.  Selain itu pemberian pendidikan akan ilmu agama hendaknya diperhatikan dengan baik.  Memasukkan anak ke TPQ ataupun yang sejenisnya merupakan salah satu cara untuk memupuk keimanan anak.

2. Membangun kedekatan dengan anak

Banyak hal positif yang bisa dapatkan jika kita bisa membangun kedekatan dengan anak.  Salah satunya adalah anak tidak akan segan menyampaikan segala permasalahannya kepada orang tuanya.  Hal ini akan lebih baik daripada anak harus curhat kepada orang lain.  Bisa jadi dunia maya akan menjadi pelampiasannya jika orang tua tidak mampu menampung segala permasalahan yang dialami anak.

3. Perlunya sistem pendidikan yang berkarakter

Pendidikan yang berkarakter sangat diperlukan anak.  Karena pendidikan yang berkarakter akan lebih mampu mencetak generasi yang bertaqwa, berkepribadian, cerdas, berprestasi dan kompeten.  Oleh karena itu pemilihan tempat sekolah yang bermutu sangat penting untuk menunjang pesatnya dan semakin majunya dunia era digital.

4. Mendampingi anak ketika di depan internet

Mendampingi anak ketika berada di depan internet merupakan hal yang sangat penting.  Karena disini kita akan bisa mengajarkan kepada anak apa saja yang boleh diakses dan apa saja yang tidak boleh diakses.  Anak harus diberi pengetahuan baik itu kontak, konten yang sebaiknya dihindari dan anak juga harus diajarkan bagaimana berakhlaq ketika berada di dunia maya.  Para orang tua harus menyadari apa yang dilakukan anaknya ketika mereka menggunakan internet.

5. Menempatkan fasilitas digital dengan sebaik-baiknya

Komputer ataupun gadget harus diperhatikan dengan baik terutama penempatannya.  Hindari penempatan fasilitas tersebut di tempat yang cenderung lebih privat agar pengontrolan mudah dilakukan.

Era digital baik itu pengaruh baik ataupun buruknya akan senantiasa bergerak dan berubah.  Sosial media yang juga terus berkembang tak akan mampu kita hentikan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.  Keluarga merupakan benteng yang harus terus kita bangun agar anak-anak tetap aman dari serangan predator dunia era digital.  Perkuat imunitas anak agar anak mampu bertahan meskipun tanpa ada kita sebagai pendampingnya.
Back To Top