Agar Ayah Dekat Dengan Anak

membangun dekat ayah anak
Membangun kedekatan antara ayah dengan anak hendaknya senantiasa dijalin setiap hari meskipun ayah memiliki kesibukan yang sangat padat.  Banyak hal positif yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak jika sang ayah juga berpartisipasi membantu bunda dalam mengasuh anak.  Karena tidak harus bunda yang identik dekat dengan anak, sang ayahpun juga pasti bisa lebih dekat dengan sang buah hati.

Ada beberapa cara dan tips yang bisa kita terapkan dalam membangun kedekatan antara ayah dengan anak diantaranya adalah sebagai berikut

1. Sejak masa kandungan

Dalam masa kandungan ini, sang ayah sudah bisa memulai menjalin kedekatan dengan sang bayi.  Komuikasi-komunikasi sederhana bisa dilakukan dengan mulai mengajak sang bayi berbicara.  Hal yang paling baik lagi adalah dengan membacakan calon buah hati dengan ayat-ayat Alquran dengan diiringi elusan lembut pada perut bunda.

2. Membantu bunda mengasuh anak

Untuk ayah yang super padat tidak harus seharian mengasuh anak, akan tetapi bisa melakukan hal-hal sederhana yang bisa membangun kedekatan dengan anak.  Misalnya ikut menggantikan popok bayi, menggendong anak ketika terbangun pada malam hari atau bahkan ikut menidurkan anak.  Interaksi-interaksi yang singkat ini akan sangat bagus sekali dalam menjalin kedekatan dengan anak meskipun kewajiban harian ayah sangat padat.

3. Bermain bersama

Sangat baiknya tentunya jika sang ayah ikut bermain dengan anak.  Hal ini akan membuat anak lebih mengenali lebih dekat orang-orang dekat yang ada disekitarnya. Jadi tidak sekedar hanya memberikan fasilitas anak permainan akan tetapi interaksi dengan anak, ini merupakan hal yang lebih jauh penting.

4. Menenangkan bayi atau anak

Adakalanya anak suka rewel, maka hal seperti ini bisa digunakan untuk membangun lebih dekat lagi dengan anak.  Karena terkadang walau hanya dengan pelukan atau gendongan anak akan lebih tenang dan terdiam dari rewelnya.  Selain itu ketika anak mengalami masa-masa sakit, sebaiknya ayah juga lebih dekat lagi dengan anak.  Hal sederhana yang bisa dilakukan bisa dengan menemani anak agar anak lebih tenang dan nyaman.

5. Memonitor perkembangan dan pertumbuhan anak

Untuk membantu ayah agar ayah tahu perkembangan anak maka bunda bisa berkomunikasi dengan ayah.  Fasilitas teknologi yang canggih bisa dimanfaatkan agar ayah tahu perkembangan sang buah hati.  Dengan hal ini diharapkan ayah akan tetap tersambung jalinan komunikasi dengan anak meskipun secara tidak langsung.  Bunda bisa menceritakan mengenai perkembangan-perkembangan baru sang anak kepada ayah.

Mengasuh anak tidak hanya menjadi tanggung jawab bunda saja,  akan tetapi ayah juga memiliki tanggung jawab yang paling utama.  Berhasil atau tidaknya pengasuhan tergantung dari kerjasama ayah dan ibu. Dengan jalinan komunikasi yang baik antara ayah dan anak diharapkan anak akan bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal dengan rasa kasih sayang yang cukup dari orang tuanya.

Meskipun ayah dengan kegiatan yang padat tidak harus lepas tangan begitu saja dalam mendidik anak.  Banyak hal-hal sederhana yang bisa diterapkan untuk membangun kedekatan dengan anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Ayah Dekat Dengan Anak"