Mengobati Demam Panas Secara Alami


obat panas alami dan tradisional
Obat tradisional untuk demam anak.  Perlukah demam anak diobati dengan obat kimia?  Apakah ada cara alami untuk mengobati penyakit demam untuk anak tanpa mengeluarkan biaya yang besar?  Atau apakah anak yang demam harus segera dibawa ke dokter untuk diobati?  Dan bisakah kita mengobati sendiri demam anak dengan cara-cara sederhana tanpa merepotkan orang lain?

Obat tradisional adalah salah satu obat yang terbukti mempunyai khasiat yang luar biasa bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia.  Obat kimia cenderung memiliki efek samping bila dibandingkan dengan obat-obatan tradisional.  Obat tradisional merupakan warisan nenek moyang yang terbukti ampuh untuk mengobati penyakit termasuk demam panas yang menimpa pada anak kecil maupun orang dewasa.

Daya kerja obat tradisional biasanya berlangsung agak lama namun terbukti manjur sedangkan obat kimia memiliki reaksi cepat namun juga memiliki efek samping.  Banyak obat-obatan tradisional tersedia di tengah-tengah kita yang bisa digunakan untuk mengobati anak atau anggota keluarga kita yang terkena demam panas.

Sebelum mengobati demam panas maka kita harus mengetahui terlebuh dahulu apa penyebab dari demam tersebut.  Karena demam memiliki 3 macam jenis, yaitu

1.  Demam panas yang disebabkan karena infeksi.  Demam panas ini bisa mencapai suhu lebih dari 38 derajat celcius.  Virus penyebab infeksi sangat bermacam-macam.  Mulai dari campak, SARS, Demam berdarah, flu burung dan virus lainnya yang berbahaya.

2.  Demam yang disebabkan oleh penyakit lainnya (demam noninfeksi).  Penyebabnya antara lain kanker, tumor, rematik, lupus dan lain sebagainya.

3.  Demam fisiologis yang disebabkan karena kekurangan cairan, suhu udara yang panas dan lain sebagainya.

Dari ketiga macam jenis demam tersebut hanya dua yang memerlukan bantuan obat penurun panas, yaitu demam panas karena infeksi dan noninfeksi.  Sedangkan demam jenis yang ketiga bisa turun sendiri dan suhunya tidak melebihi dari 38 derajat celcius.

Berikut ini adalah beberapa obat penurun panas alami dan tradisional yang bisa kita gunakan untuk mengobati anak atau anggota keluarga kita yang terserang demam.

1.  Tanaman Lempuyang emprit

Lempuyang emprit atau yang bernama Zingiber Amaricans ini ternyata memiliki kandungan yang luar biasa.  Lempuyang mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk menurunkan demam dan panas.

Cara meramu lempuyang emprit:  10 gram Lempuyang emprit dicuci terlebih dahulu dengan air bersih lalu lempuyang emprit diparut dan campurkan setengah gelas air panas dan aduk hingga tercampur dengan baik.  Setelah air menjadi dingin maka peras dan ambil sarinya.  Campurkan dengan madu bunga kapuk (2 sendok makan) dan campurkan.  Obat ini bisa diberikan 3 kali sehari.

2.  Tanaman kunyit

Kunyit memiliki bahasa latin Curcuma Longa.  Kunyit memiliki kandungan  minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan).

Cara meramu kunyit:  10 gram kunyit diparut dan campurkan dengan setengah gelas air panas hingga tercampur dengan sempurna dan merata.  Setelah menjadi dingin maka tambahkan perasan jeruk nipis (setengahnya saja) dan madu bunga kapuk sebanyak 2 sendok makan.  Berikan campuran ramuan 3 bahan ini sehari 3 kali.

3.  Tanaman sambiloto

Sambiloto atau Andrograpis Paniculata memiliki kandungan yang luar biasa yaitu andrografolid lactones, diterpene, glucosides dan flavonoid yang dapat menurunkan panas dan demam.  Menurut penilitian yang dilakukan di Thailand tanaman sambiloto  memiliki khasiat sama seperti parasetamol.

Cara meramu sambiloto:  10 gram daun sambiloto direbus dengan air panas dan dicampur 25 gram kunyit kering.  Takaran air yang digunakan adalah 200 cc air.  Rebuslah dan biarkan airnya tinggal 100 cc.  Setelah disaring maka tambahkan kembali madu bunga kapuk atau madu mahoni kemudian berikan 3 kali sehari kepada orang atau anak yang terkena demam.

4.  Tanaman Pegagan

Pegagan atau Centella Asiatica L juga berkhasiat menyembuhkan demam panas.  Bentuk daun pegagan seperti kipas ginjal.  Pegagan mengandung triterpenoid, saponin, hydrocotyline, dan vellarine.

Cara meramu pegagan:  1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air hingga air mendidih.  Sisakan air hingga air rebusan tinggal 1 gelas saja.  Berikan air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari.

5.  Tanaman Temulawak

Temulawak atau yang biasa dikenal dengan nama Curcuma Xanthoorhiza Roxb juga memiliki khasiat untuk meyembuhkan penyakit demam dan panas.  Tanaman temulawak mengandung zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain.  Tanaman temulawak juga baik digunakan untuk obat penurun panas, menambah nafsu makan, menyembuhkan sakit kuning, mencegah diare, mengobati maag, perut kembung dan pegal-pegal.

Cara meramu temulawak:  10 gram temulawak dicuci dengan air bersih kemudian parut hingga halus.  Kemudian campurkan dengan air panas sebanyak setengah gelas.  Setelah menjadi dingin maka peras dan campurkan madu bunga kapuk dan aduk hingga tercampur dengan sempurna.  Berikan 3 kali dalam satu hari.

6.   Bawang Merah

Bawang merah juga memiliki khasiat untuk menurunkan demam panas.  Bahasa latin bawang merah yaitu Allium Cepa L.  Bawang merah banyak mengandung  minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin.

Cara meramu bawang merah:  Lima buah butir bawang merah dikupas dan diparut kasar atau ditumbuk.  Kemudian tambahkan dengan minyak kelapa dan usapkan ke ubun-ubun serta usapkan ke seluruh tubuh secara merata.


7.  Air kelapa muda

Siapa yang tak kenal dan tak suka air kelapa muda.  Air kelapa muda memiliki kandungan mineral, kalium.  Air kelapa bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat panas dan demam yang keluar melalui keringat saat panas/demam.  Air kelapa bisa diberikan kepada orang yang terkena panas/demam.

Dalam memberikan ramuan tradisional untuk menyembuhkan demam/panas anak maka dosis yang diberikan harus sesuai.  Dosis anak-anak berbeda dengan dosis orang yang sudah dewasa.  Berikut ini tabel dosis ramuan tradisional

Umur anak                  Besarnya dosis yang diberikan  

Umur Bayi                       1/8 dosis dewasa

Umur 2-5 tahun               1/4 dosis dewasa

Umur 6-9 tahun               1/3 dosis dewasa

Umur 10-13 tahun           1/2 dosis dewasa

Umur 14-16 tahun            3/4 dosis dewasa

Mengobati demam dan panas bukanlah hal yang sulit.  Banyak obat-obatan tradisional yang tersedia di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan dengan baik.  Kalau bisa kita obati panas secara alami kenapa harus ke dokter.  Apabila demam atau panas tidak kunjung sembuh dalam waktu 3 hari maka bisa dikonsultasikan dengan pelayanan kesehatan terdekat.  Untuk membantu proses penyembuhan jangan lupa untuk banyak berdoa dan sedekah kepada anak yang tidak mampu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengobati Demam Panas Secara Alami"

Obat Pembesar Payudara said...

postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang mengobati demam panas secara alami.... saya berharap bisa berkunjung lagi

bloggerid said...

Maksih pencerahannya bu....aku juga suka obat alai