13 November 2012

Mengenal Penyakit Gondongan dan Pengobatannya

obat gondongan
Siapa yang tak kenal dengan istilah gondongan.  Gondongan adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang anak-anak ataupun orang dewasa.  Pada umumnya penyakit gondongan bisa menyerang pada anak-anak mulai dari usia 2-12 tahun.  Kita sebagai orang tua tentu akan khawatir apabila sang buah hati terkena penyakit gondongan.  Mengingat penyakit gondongan akan menggangu aktivitas anak dan tentunya juga akan mempengaruhi nafsu makannya. Sikap yang bijak sebagai orang tua adalah menenangkan diri terlebih dahulu dan cari informasi mengenai penyakit gondongan ini.

Apa itu gondongan?

Gondongan dalam dunia medis dikenal dengan nama "Parotis" atau "Mumps".  Sakit gondongan disebabkan oleh infeksi virus.  Virus ini disebut dengan Paramyxovirus.  Karakteristik dari virus ini adalah sangat menular.  Virus paramyxovirus menyerang bagian tubuh diantara rahang dan telinga.  Akibat serangan dari virus ini akan menyebabkan pembengkakkan di daerah pipi bagian bawah.

Penyebaran virus gondongan

Virus ini dapat menyebar dengan cepat di daerah atau tempat yang padat penduduk. Tempat itu diantaranya adalah sekolah, pondok pesantren, asrama, tempat pengasuhan anak.  Tempat-tempat seperti itu rentan jadi tempat penyebaran virus apabila segi kebersihan tidak diperhatikan.  Para anak-anak akan akan mudah untuk saling bersinggungan dengan penderita gondongan.  Bisa juga penularan gondongan melalui media makan dan minum.  Mengingat anak-anak suka makan dan minum bersama-sama. Apabila daya imunitas anak sedang rendah maka akan sangat mudah sekali untuk tertular gondongan.  Penyakit gondongan bisa menular melalui singgungan langsung dan percikan air ludah.

Tanda-tanda gondongan

Pada tahap awal, penderita baik itu anak-anak ataupun orang dewasa akan mengalami demam yang berlangsung kurang lebih 1-2 hari.  Gejala lain yang timbul adalah sakit kepala, rasa nyeri pada otot, terasa sakit ketika mengunyah makanan, sulit dan sakit untuk membuka rahang mulut.  Disamping itu nafsu untuk makan juga akan mengalami penurunan.
Setelah itu akan terjadi pembengkakkan pada kelenjar di bawah telinga (Parotis).  Biasanya pembengkakkan ini akan menurun setelah 3 hari, meskipun ada beberapa penderita tidak dialami secara lengkap.

Penanganan dan pengobatan gondongan

Penyakit gondongan adalah salah satu penyakit yang bisa sembuh sendiri.  Atau dalam bahasa lainnya dikenal dengan istilah "Self Limiting Disease".  Penderita gondongan sebaiknya memperbanyak istirahat.  Tidak dianjurkan untuk memberikan obat antibiotik kepada penderita gondongan.  Bagi anak-anak berilah suplemen makanan yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.  Boleh memberikan obat penurun demam dan pereda nyeri tergantung gejala yang timbul.
Bagi penderita dilarang untuk makan makanan asam karena bisa menambah rasa nyeri.  Berikan makanan yang empuk seperti bubur agar mempermudah dalam pengunyahan.

Tips untuk pengobatan alami pada tahap awal
Pengobatan Gondongan Pertama :

    1. Siapkan 2 Lembar daun simbar menjangan
    2. Sediakan garam dan air secukupnya

Cara membuatnya

    1. Daun Dicuci dan digiling halus kemudian diberi garam dan air
    2. Gunakan dengan cara melumasi bagian yang sakit 2 kali dalam satu hari

Pengobatan Penyakit Gondongan cara Kedua :

    1. Siapkan 10 Ranting daun belimbing wuluh
    2. siapkan 4 buah bawang merah

Cara membuat Obat Gondongan

    1. Ditumbuk halus menyerupai bubur
    2. Digunakan sebagai popok atau untuk memoleskan pada bagian yang sakit

Mewaspadai komplikasi yang ditimbulkan penyakit gondongan

Pada umumnya para anak-anak yang terkena penyakit gondongan akan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa ada kesulitan.  Akan tetapi gejala yang pernah timbul bisa muncul kembali setelah dua pekan.  Hal ini akan meyebabkan komplikasi, karena bisa menyerang daerah organ tubuh yang lain.
Komplikasi yang kemungkinan timbul apabila segera tidak ditangani

1. Orkitis, yaitu peradangan pada salah satu atau kedua testis.  Setelah sembuh testis bisa jadi mengecil namun jarang jika berdampak pada kemandulan.
2. Ovoritis, yaitu peradangan pada salah satu indung telur.  Rasa yang timbul adalah rasa nyeri perut ringan dan jarang akan menimbulkan kemandulan.
3. Meningitis yaitu peradangan selaput otak
4. Pankreatis, yaitu peradangan pada bagian pankreas.  Gejala yang timbul adalah rasa nyeri pada perut, mual dan muntah.  Gejala-gejala yang muncul tersebut akan hilang dan penderita akan sembuh total
5. Timbulnya peradangan ginjal yang mana penderita bisa mengeluarkan air seni yang lebih kental.
6. Nyeri pada beberapa bagian sendi.

Itulah sekilas mengenai penyakit gondongan pada anak.  Gondongan adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri.  Untuk pencegahan berilah anak untuk beristirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi.  Apabila anak terkena gondongan usahakan sembuh total sebelum ia masuk sekolah.  Mengingat gondongan adalah penyakit yang tergolong menular.

No comments:

Post a Comment