Manfaat Gerakan Senam Hamil Untuk Bunda

manfaat senam hamil
Senam hamil untuk ibu hamil.  Tak dipungkiri ternyata senam hamil memiliki manfaat yang sangat banyak.  Terutama untuk menjaga kesehatan para ibu-ibu hamil.  Tapi apakah sama senam hamil dangan senam-senam lainnya?  Terus apakah dengan ikut senam hamil akan membantu persalinan berjalan normal?  Kalau melakukan senam hamil sendiri boleh dilakukan tidak?

Bagi ibu hamil segala sesuatu harus diperhatikan dengan seksama.  Mulai dari makanan, aktivitas, informasi berita, obat-obatan dan olah raga termasuk senam hamil.  Untuk makanan, para ibu hamil harus menjaga dengan baik kualitas makanan karena makanan adalah salah satu asupan yang juga akan diserap oleh si bayi yang masih dalam kandungan.  Mengenai aktivitas, ibu hamil tidak boleh beraktivitas melebihi ketika belum hamil karena bisa menyebabkan keguguran.  Informasi berita juga penting untuk disaring terutama mengenai berita-berita yang menakutkan.  Seperti informasi dan pengalaman yang buruk mengenai persalinan yang seolah-olah menakuti karena bisa mempengaruhi mentalitas ibu hamil.

Salah satu kegiatan yang bisa menambah dan semangat para ibu hamil adalah olah raga.  Olah raga sangat membantu menjaga stamina para ibu agar pada waktu melahirkan maka ibu akan lebih siap.  Olah raga yang dianjurkan para ibu hamil adalah senam hamil.  Senam hamil untuk para ibu hamil sangat cocok untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Apa itu senam hamil?  Senam hamil adalah senam yang dilakukan untuk melatih otot-otot tertentu untuk membantu agar proses persalinan bisa normal.  Otot-otot yang mempengaruhi proses selama persalinan yaitu otot perut, otot panggul dan otot paha.

Lalu, manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan senam hamil?

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti senam hamil.  Manfaat senam hamil yaitu

1. Dalam senam hamil akan dikenalkan dengan jenis pernafasan.  Jenis-jenis pernafasan yaitu pernafasan perut, pernafasan diafragma, pernafasan dada.  Ketiga macam pernafasan ini bisa membantu proses selama melahirkan apabila dilatih dengan baik.

2. Dengan senam hamil maka kita akan bisa mengetahui tentang cara peregangan yang mana peregangan ini akan berfungsi untuk mengatasi keluhan selama masa kehamilan.  Keluhan tersebut antara lain kram, rasa pegal dipinggang dan punggung, rasa bengkak.  Selain itu dengan senam hamil kita juga akan mengetahui mengenai gerakan untuk membantu agar si bayi bisa masuk ke posisi lahir yang baik.

3. Dengan senam hamil maka para bunda akan mengetahui posisi yang benar pada waktu melahirkan bayi dan paham mengenai urutan napas yang harus dilakukan pada waktu melahirkan agar bisa membantu lancarnya proses persalinan.

4. Dalam senam hamil juga akan diajarkan mengenai relaksasi.  Relaksasi ini akan membantu para ibu hamil agar bisa DEEP SLEEP.  Mengingat ada beberapa para ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak selama masa kehamilan.  Dengan relaksasi ini tentunya akan membantu para ibu hamil agar bisa tidur dengan nyenyak.

5. Menjalin tali silaturahim dengan para ibu hamil lainnya sehingga bisa menambah pertemanan dan bisa saling tukar pengalaman dan informasi.

Lalu apakah para ibu hamil harus ikut senam hamil?  Tidak ada keharusan para ibu hamil untuk ikut senam hamil.  Tapi bagi para ibu hamil yang baik sebaiknya dianjurkan untuk ikut senam hamil.  Ada beberapa ibu hamil yang disarankan untuk tidak mengikuti senam hamil yaitu para ibu hamil yang memiliki riwayat melahirkan bayi prematur, riwayat melahirkan dengan ketuban pecah lebih awal, pertumbuhan janin yang lambat, memiliki penyakit jantung akut.  Untuk lebih detailnya para bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menjadi langganan.

Masa yang baik untuk ikut senam hamil adalah ketika usia kehamilan telah mencapai usia trimester ke tiga dan senam hamil bisa dilakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Ternyata senam hamil memiliki manfaat yang banyak untuk para bunda yang sedang hamil.  Sebagai tips terakhir tentang senam hamil, para bunda bisa ikut senam hamil kemudian menghafal semua gerakan yang telah diajarkan.  Apabila sudah dihafal maka kita bisa melakukannya di rumah.  Minimal para bunda sudah mengetahui ilmunya dan bisa dipraktekkan di lain waktu masa kehamilan dan mengajarkan kepada saudara yang lain atau bahkan kepada anak sendiri.  Semoga informasi mengenai senam hamil ini bisa bermanfaat untuk para ibu yang sedang hamil. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Gerakan Senam Hamil Untuk Bunda"

Khoirun Nasikhin said...

Salam kenal Gan
Senam hamil dilakukan pada kandungan usia berapa bulan yaa?
dan saya informasikan jika ada yg mencari baju senam murah berkualtas, silahkan datang langsung ke Show room kami. kami menjual baju senam wanita murah dan perlatan olahraga lainnya seperti sarung tangan dan sepatu reebok berbagai jenis. trims :)

mala handis said...

matur nuhun teh, artikelnya meringankan tugas abdi , oh iya teh bisa bagi info dmna ya yg jual baju senam online harga bershabat dan berkualitas

bayu putra said...

"""salam kenal gan artikelnya menarik...
numpang tanya nih tau gk tempat jual baju senam hamil via online....???"""