Cara dan Tips Agar Melahirkan dengan Normal

melahirkan normal
Benarkah ibu hamil bisa melahirkan dengan cara normal? Adakah tips dan cara yang efektif untuk membantu agar bisa melahirkan dengan normal?  Dan perlukah kita tegang dan cemas sebelum masa persalinan?

Melahirkan adalah salah satu kodrat wanita yang harus dijalankan.  Setelah lebih dari 9 bulan mengandung sang bayi.  Melahirkan juga merupakan masa-masa yang dinanti walaupun terkadang ada rasa takut, cemas, tegang dan membuat tidur tidak nyenyak pada akhir-akhir masa kehamilan.  Setelah melalui proses melahirkan maka ada perasaan lega dan tenang, apalagi kalau dalam proses melahirkan berjalan dengan normal.

Melahirkan normal adalah dambaan setiap ibu hamil.  Apalagi kalau proses melahirkan normal tersebut tanpa jahitan sehingga tidak perlu lama-lama berada di rumah sakit.  Cukup sehari atau dua hari menginap di rumah bersalin.  Sehingga akan lebih menghemat biaya dan tidak merepotkan banyak orang.  Senyaman apapun kondisinya kalau tetap di rumah sakit tetap masih nyaman berada di rumah sendiri.  Apalagi ditambah dengan ditemani sang buah hati yang baru lahir.

Untuk dapat melahirkan secara normal para ibu hamil harus menjaga dengan baik semua pola hidupnya.  Mengingat jaman sekarang jaman serba instan, termasuk makanan.  Pola makan untuk ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap proses melahirkan.  Belum lagi dengan aktivitas para ibu-ibu hamil yang seakan-akan tidak dalam kondisi hamil.  Selain itu juga polusi-polusi yang ditimbulkan dari aktivitas pembakaran baik itu industri ataupun kendaraan bermotor.

Untuk membantu agar bisa melahirkan secara normal berikut cara dan tips yang bisa dipraktekkan untuk para ibu hamil

1.  Senantiasa menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan memang merupakan kewajiban setiap orang, baik itu ibu hamil ataupun orang biasa yang sedang tidak hamil.  Untuk menjaga agar tetap dalam kondisi yang prima maka setiap ibu hamil harus menjaga makanannya dengan baik.  Kondisikan agar gizi makanan tetap seimbang, banyak beristirahat namun tidak bermalas-malasan.  Dengan kondisi tubuh yang sehat maka akan sangat membantu untuk proses melahirkan secara normal.

2.  Mengontrol posisi bayi

Teknologi sekarang sudah tergolong canggih.  Saat ini kita sudah bisa mengintip posisi bayi dengan bantuan alat USG.  USG ini akan memberitahukan posisi janin di dalam kandungan.  Kondisi melahirkan yang baik adalah ketika posisi kepala bayi berada di bawah.  Oleh karena itu apabila kondisi bayi belum pada posisinya maka kita bisa banyak melakukan gerakan-gerakan agar bayi bisa dalam kondisi yang sempurna.  Salah satu gerakan yang bisa membantu adalah dengan memperbanyak sujud.

3.  Banyak berolahraga

Ibu hamil sebaiknya banyak berolahraga ringan agar membantu tubuh tetap bugar.  Bisa dengan jalan kaki rutin setiap pagi.  Menurut pengalaman ketika ibu hamil mau melahirkan di rumah sakit, sebelum waktu persalinan maka para ibu hamil akan diminta untuk jalan-jalan dahulu sambil menunggu pembukaaan.  Untuk ibu hamil maka bisa ikut program senam ibu hamil.  Saat ini sudah banyak yang menyediakan fasilitas  senam untuk ibu hamil.

4.  Menjaga kesiapan mental

Ibu hamil yang bisa rileks maka akan lebih siap untuk proses persalinan.  Hindari beban pikiran yang akan membuat stress, tegang, takut dan cemas.  Berpositif sajalah karena kita bisa melahirkan secara normal.  Agar bisa membantu mengusir negative think maka kita bisa membaca literatur-literatur islami.  Selain menambah wawasan juga akan membuat hati kita tenteram.

5.  Banyak berdoa dan bersedekah

Salah satu hal yang tidak boleh ditingalkan adalah berdoa.  Jangan sampai kesombongan membuat kita percaya diri karena semua hal telah disiapkan.  Tetaplah untuk tetap rendah hati meskipun semua yang kita butuhkan sudah tersedia, baik itu materi/dana dan rumah sakit  tempat ibu hamil melahirkan. Untuk selanjutnya salah satu ikhtiar langit yang bisa kita lakukan adalah dengan menyisihkan rejeki kita untuk orang yang tidak mampu.  Bala hanya bisa bisa ditangkal dengan sedekah.

“Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Setiap ibu hamil harus membangun keyakinan dengan mantap.  "Saya bisa melahirkan dengan normal."  Melahirkan dengan normal adalah dambaan setiap ibu hamil.  Meskipun ada program melahirkan tanpa sakit dengan metode LEA, program melahirkan dengan metode hypnobirthing, dan metode water birth.  Pilihlah kelahiran dengan metode normal karena lebih menenteramkan. Semoga tips dan cara agar melahirkan normal ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment