Gejala dan Tanda Demam Berdarah Dengue

gejala demam berdarah
Tanda dan gejala demam berdarah.  Demam  bukanlah penyakit akan tetapi demam adalah salah satu bentuk respon tubuh akan adanya serangan atau gangguan virus, bakteri dan kuman.  Demam merupakan cara tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu melawan virus.  Tapi dengan adanya demam kita patut waspada karena bisa jadi demam merupakan tanda awal terkena penyakit.  Sakit demam berdarah dan sakit tifus atau tifoid misalnya, kedua penyakit ini ditandai dengan demam pada tubuh.

Saat ini demam yang yang paling ditakuti adalah demam berdarah.  Penyebab dari demam berdarah adalah karena gigitan nyamuk Aides Aegypti.  Nyamuk Aides Aegypti bisa menghasilkan virus Dengue.  Makanya demam berdarah biasa disebut dengan DBD (Demam Berdarah Dengue).  Nyamuk Aides Aegypti biasa menggigit korbannya pada pagi hari.  Oleh karena itu waspadailah nyamuk yang menggigit pada waktu pagi.  Demam berdarah merupakan penyakit yang tergolong menular.


Nyamuk Aides Aegypti biasa berkembang biak di tempat-tempat genangan air.  Genangan air bisa di kaleng bekas yang tidak ditutup, tempayan, bak mandi, dan tempat-tempat lainnya yang biasa ada air menggenang.  Musim penghujan adalah musim yang rawan dengan demam berdarah.  Oleh karena itu ketika musim penghujan tiba, sebaiknya jangan biarkan air menggenang di tempat atau wadah bekas, karena bisa menjadi tempat nyamuk aides aegypti bersarang.

Ada beberapa tanda dan gejala yang muncul ketika seseorang terkena penyakit demam berdarah.  Biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada tubuh.  Tapi bintik-bintik merah ini bisa jadi juga tidak muncul.  Berikut ini adalah beberapa tanda yang muncul apabila terkena demam berdarah

1.  Demam tinggi yang bisa mencapai lebih dari 38 derajat celcius.
2.  Diiringi sakit kepala
3.  Terasa nyeri di belakan mata
4.  Sakit nyeri otot
5.  Berasa nyeri tulang
6.  Muncul bercak-bercak merah pada tubuh/kulit
7.  Tingkat trombosit atau sel darah merah menurun/rendah biasanya < 100.000/ul
8.  Uji darah di Laboratorium positif (Uji serologi)
9.  Tetangga ada yang terjangkit dan poositif terkena penyakit demam berdarah
10.  Mengalami pendarahan

Apabila badan terasa demam dan diiringi dua tanda yang telah disebutkan di atas bisa jadi demam tersebut adalah demam berdarah.  Oleh karena itu sebaiknya segera dikonsultasikan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat agar segera didiagnosis lebih lanjut.

Untuk mendeteksi bercak-bercak merah yang tidak muncul di kulit maka kita bisa melakukan dengan menekan atau pembendungan tekanan darah selama 5 hingga 10 menit kemudian perhatikan bintik-bintik merah yang tampak (tes tourniquet)

Demam berdarah merupakan penyakit yang memerlukan perhatian khusus karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang spesifik yang mampu menyembuhkan demam berdarah.  Ada dua macam demam yang perlu kita waspadai yaitu demam berdarah dan demam tifus atau tifoid.  Dua-duanya sangat berbahaya karena bisa merenggut korban jiwa.

Jangan biarkan keceriaan anak menjadi terganggu karena terserang penyakit yang disebabkan kecerobohan dan kelalaian kita dalam menjaga kebersihan lingkungan.  Terapkan 3 M menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas.  Ini dilakukan agar nyamuk Aides Aegypti tidak berkembang biak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gejala dan Tanda Demam Berdarah Dengue"

Dan Lucuan said...

Terima kasih informasinya... kebetulan anak kami sedang panas beberapa hari ini, kami takut dia terkena penyaman DBD. tapi kalo membaca tanda2 di atas, alhamdulillah tidak ada yang sesuai. semoga anak kami memang benar-benar bebas dari DBD...