Cara Yahudi Mendidik Anak Mereka


anak pintar
Mengapa Yahudi pintar dan pandai.  Bangsa yahudi adalah bangsa dengan jumlah yang sedikit akan tetapi mereka bisa hampir menguasai seluruh aspek kehidupan yang penting dan vital.  Mulai dari politik, ekonomi, budaya dan teknologi.  Bangsa Yahudi memang memiliki kecerdasan dibandingkan dengan negara-negara yang lain.  Ini kita bisa lihat dari perbandingan jumlah profesor yang dihasilkan dengan jumlah penduduk. Mereka sangat produktif dan persentasenya sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari bangsa yahudi yaitu cara belajar mereka yang berbeda dengan manusia-manusia lainnya terutama cara belajar anak-anak mereka.  Cara belajar untuk menjadi anak yang pandai dan pintar sudah mereka lakukan semenjak anak masih dalam kandungan.  Lalu bagaimana cara mereka mengajari anak mereka agar menjadi anak yang pintar dan cerdas, berikut caranya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Stephen Carr Leon


Wanita yahudi yang mengetahui bahwa dirinya sedang dalam kondisi hamil, maka wanita yahudi tersebut akan banyak memberikan rangsangan kepada janinnya dengan mendengarkan musik, bermain piano, dan mengasah kemampuan otak ibu dengan belajar matematika.Fungsi dari mendengarkan musik dan bermain piano akan membuat ibu yahudi merasa tenang yang akan berakibat pada janin yang dikandungnya.  Ketika ibu merasa tenang maka janin juga akan merasakan hal yang sama sehingga ketika bayi lahir ke dunia maka bayinya akan memiliki sifat yang tenang (emosi stabil).  Jiwa yang tenang akan lebih mampu untuk memecahkan persoalan dengan baik.

Sedangkan ibu belajar matematika adalah untuk menstimulus  bayi agar anak lahir dengan kondisi otak yang cerdas.  Kombinasi emosi yang stabil dan otak yang cerdas akan mampu menyelesaikan persoalan dan menemukan ide-ide kreatif yang cerdas.  Wanita melatih anaknya sejak mulai dari kandungan bukan dari bayi ketika sudah lahir dan mereka paham betul manfaat yang bisa dirasakan

2.  Cara makan selama masa kandungan

Cara makan orang yahudi sangat diperhatikan dengan benar, termasuk kombinasi-kombinasi makanannya.  Mereka akan banyak memakan kacang badam, kurma dan susu. Mereka juga gemar makan daging ikan.  Tapi mereka membuang kepala ikan tersebut dan tidak memakannya.  Cara ini tentunya berbeda dengan cara makan kita.

Orang yahudi tidak mencampurkan daging dengan ikan.  Mereka akan menghidangkannya secara terpisah dan tidak dimakan secara bersamaan.  Daging dan ikan sangat bermanfaat untuk membantu kecerdasan otak.  Ketika mereka sedang makan besar, maka yang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu.  Menu buah-buahan akan dijadikan menu pembuka bukan dijadikan makanan 
penutup.  Manfaatnya adalah untuk menghindari rasa ngantuk yang ditimbulkan oleh zat karbohidrat.  Selain itu buah-buahan akan lebih cepat membusuk di dalam perut oleh karena itu buah-buahan harus dicerna terlebih dahulu.

3.  Masa anak-anak yahudi

Anak-anak yahudi juga gemar memakan pil minyak ikan.  Minyak ikan ini akan sangat membantu kecerdasannya.  Selain itu anak yahudi juga dilatih untuk bermain biola dan piano.  Bermain musik dan not musik menurut orang yahudi akan dapat meningkatkan IQ anak.  Anak-anak yahudi juga akan belajar bahasa selain dari bahasa mereka.  Setidaknya mereka bisa menguasai 3 bahasa yaitu hebrew, arab dan inggris.  Belajar dengan bahasa yang berbeda akan sangat bermanfaat untuk otak yaitu untuk menyeimbangkan cara kerja kedua buah otak, otak kanan dan otak kiri.  Anak usia kelas 1 hingga kelas 6 mereka akan diajari pelajaran matematika berbasis perniagaan.  Mereka juga akan diajarkan olahraga memanah, menembak dan berlari. Menembak dan memanah akan membantu daya fokus dan konsentrasi anak.

4.  Selama masa sekolah tinggi

Pelajaran sains adalah menu pelajaran yang diberikan secara kontinyu.  Tujuannya adalah agar mereka bisa menciptakan produk baru.  Banyak hal-hal yang mereka teliti dalam dunia sains meskipun penelitian mereka dalam hal-hal yang sederhana.  Selain pelajaran sains mereka juga harus belajar ekonomi.  Dalam akhir pembelajaran mereka dituntut harus bisa membuat proyek yang mana proyek tersebut bisa menghasilkan keuntungan kurang lebih 1 juta dollar dengan jumlah tiap tim adalah sepuluh orang.  Jiwa kewirausahaan dan networking sudah diajarkan kepada anak-anak mereka pada usia sekolah.

5.  Merokok merupakan hal yang tabu dan memalukan

Merokok adalah suatu hal yang sangat tabu dikalangan mereka.  Jangan pernah mencoba-coba untuk merokok ketika bermain ke rumah mereka atau anda akan diusir dari dalam rumah.  Nikotin dalam rokok adalah zat yang sangat merugikan perkembangan otak mereka dan dapat melekat pada gen.  Sehingga akan dapat meyebabkan keturunan mereka ikut menjadi lemah otak (bodoh).  Bagi orang yahudi merokok adalah hal yang sangat merugikan baik itu perokok aktif maupun perokok pasif.  Melihat dari apa yang dilakukan oleh bangsa yahudi tersebut bahwa mereka memang sangat tekun dan giat berusaha untuk menjadi generasi-generasi pintar yang sudah mereka lakukan sejak usia dini dan dalam kandungan.  Untuk menjadikan anak yang cerdas dan pintar memang seharusnya diberikan stimulus-stimulus positif sejak di usia-usia awal bukan ketika anak sudah beranjak dewasa.  Karena stimulus-stimulus tersebut akan dapat bekerja secara efektif pada saat usia anak masih dini.

Ada beberapa point yang bisa kita ambil hikmahnya dari pelajaran di atas untuk menjadikan anak kita menjadi anak yang cerdas, yaitu pola makan, stimulasi dan gaya hidup (merokok).
Tapi ada beberapa point yang harus dikaji kembali.  Untuk pola mendengarkan musik dan semacamnya yang berkaitan maka kita bisa menggantinya dengan memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran karena hal tersebut akan lebih menenteramkan di dalam hati baik itu untuk sang ibu dan bayi yang diasuhnya.

Untuk menu makanan maka kita bisa menambahkan makanan yang banyak tercantum dalam Alquran ataupun Hadits seperti kurma, madu, minyak zaitun, habbatusauda, air zam-zam.  Khasiat makanan tersebut sangat luar biasa untuk kesehatan keluarga.  Karena Nabi Muhammad sudah mengajarkan maka kita tinggal 
mengikutinya.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Yahudi Mendidik Anak Mereka"

Irham Maulana said...

Bicara tentang makanan memang tidak ada matinya..
Jika ada pembaca blog ini yang butuh Packaging Makanan dapat mengunjungi Greenpack untuk menjawab kebutuhan Anda.