Makanan Untuk Membantu Agar Anak Cerdas

makanan anak cerdas
Hal yang membanggakan adalah ketika melihat anak kita menjadi juara kelas dan paling cerdas di sekolahnya.  Anak yang cerdas di sekolah akan lebih disukai oleh teman-temannya.  Hal ini tentunya akan membantu dan mendorong anak tumbuh dewasa lebih optimal.  Tapi tahukah anda bahwa untuk menjadikan anak cerdas bukanlah hal yang gampang dan mudah.  Karena banyak faktor-faktor yang berperan dan mempengaruhi perkembangan anak.  Terutama mengenai otak anak.  Faktor yang paling utama adalah faktor dari keluarga dan kemampuan otak anak.  Ketika kita bisa memaksimalkan kedua faktor ini maka kemungkinan anak untuk tumbuh cerdas sangat terbuka lebar.

Untuk faktor dari keluarga nantinya akan berperan untuk memberikan stimulasi untuk perkembangan otak.  Otak anak tanpa diberi stimulasi-stimulasi sejak usia dini maka si otak anak tidak akan berkembang secara optimal.  Karena otak anak agar bisa berpikir diperlukan rangsangan-rangsangan.  Untuk selanjutnya yang mempengaruhi adalah faktor dari kemampuan otak anak.  Kemampuan daya kerja anak agar lebih cerdas diperlukan nutrisi-nutrisi dan makanan yang syarat akan gizi.  Bagaimana mungkin otak anak akan bekerja lebih sedangkan asupan yang diperlukan untuk otaknya tidak terpenuhi secara sempurna.  Perkembangan otak anak akan tumbuh cepat ketika masih di bawah usia 3 tahun.  Masa tersebut adalah masa-masa emas untuk meningkatkan daya kerja otak anak.  Salah satu suplemen dan nutrisi agar anak cerdas adalah asi.  Asi adalah menu makanan terbaik agar anak cerdas.  Kalau Rasulullah sendiri menyarankan agar anak kita disusui secara sempurna selama dua tahun.

Selain asi ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak agar bisa membantu perkembangan otaknya agar menjadi anak yang cerdas.  Makanan tersebut antara lain

1.  Berikan ikan salmon

Ikan salmon adalah ikan yang paling banyak mengandung omega 3 DHA dan EPA yang mana keduanya sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak agar lebih optimal.

2.  Makan telur ayam

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung banyak protein.  Dalam kuning telur ada kandungan kolin.  Kolin ini sangat membantu utnuk mempertajam daya ingat dan memori anak.  Telur adalah salah satu pilihan makanan yang bisa kita berikan pada buah hati kita.  Telur harganya lebih murah dan mudah untuk didapatkan.

3.  Berikan anak selai kacang

salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah kebutuhan akan vitamin E.  Vitamin E akan berfungsi sebagai pelindung membran-membran sel yang ada pada otak anak.  Dan juga vitamin E akan membantu otak dalam penggunaan gluosa untuk kebutuhan energi otak.  Vitamin E banyak terdapat dalam selai kacang.

4.  Berikan gandum murni

Gandum adalah salah satu makanan yang banyak mengandung gizi.  Dalam gandum mengandung glukosa dan banyak juga mengandung serat.  Vitamin B juga terkandung dalam gandum murni.  Vitamin B tersebut akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan saraf pada anak.  Sedangkan glukosa pada gandum akan membantu proses berjalannya pelepasan glukosa.

5.  Oat atau Oatmeal

Oat banyak mengandung serat, vitamin E, vitamin B potasium dan seng

6.  Berikan buah Berry

Yang tergolong berry adalah strawberry, blueberry.  Kaya akan antioksidan dengan kadar tinggi dan vitamin C yang akan sangat membantu daya ingat anak.

7.  Kacang-kacangan

Didalam kacang-kacangan banyak mengandung serat, vitamin, mineral.  Energi dari kacang-kacangan bisa bertahan lama.  Apabila pada siang hari makan kacang-kacangan maka energi tersebut akan mampu bertahan hingga sore harinya.

8.  Sayuran berwarna

Sayuran yang tergolong banyak dan kaya akan antikosidan yaitu tomat, ubi jalar, labu wortel dan bayam.  Sayuran tersebut mudah kita jumpai di sekeliling kita.

9.   Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt adalah minuman yang mempunyai manfaat besar untuk anak.  Karena dalam susu dan yoghurt banyak mengandung protein, vitamin B yang tinggi.  Ini akan berfungsi untuk menjaga jaringan otak, neurotransmitter.  Sifat dari susu dan yoghurt adalah membuat rasa kenyang diperut.

10.  Berikan daging sapi tanpa lemak

Di dalam daging mengandung zat besi yang berfungsi agar mempertahankan  anak tetap berenergi.  Salah satu kandungan dalam daging adalah mineral seng yang juga akan memperkuat daya ingat anak.

Itulah beberapa makanan yang bisa kita berikan untuk anak-anak kita.  Makanan tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya cerdas anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Untuk Membantu Agar Anak Cerdas"