15 Ciri-Ciri Wanita dan Orang Hamil

ciri orang hamil
Kehamilan adalah Sunatullah atau kodrat seorang wanita.  Masa kehamilan untuk seorang wanita akan terlihat dari perubahan yang terjadi pada dirinya.  Perubahan yang terjadi pada wanita hamil adalah perubahan fisik dan perubahan emosional.  Oleh karena itu ciri-ciri wanita dan orang-orang yang lagi hamil bisa kita deteksi secara dini.

Mengapa kehamilan menjadi hal yang penting?  Menjadi penting karena proses kehamilan seorang wanita ada yang melalui proses secara baik dan melalui proses yang tidak baik.  Proses hamil yang baik adalah kehamilan yang diawali dengan pernikahan terlebih dahulu sedangkan proses yang tidak baik adalah kehamilan dahulu baru terjadi proses pernikahan.

Fenomena wanita saat ini sangat menyedihkan.  Karena banyak terjadi wanita yang hamil diluar nikah, sehingga aborsipun semakin banyak.  Padahal banyak wanita yang sudah menikah namun belum hamil menginginkan agar cepat hamil.  Fenomena ini menjadi bahan interopeksi bagi keluarga untuk menjaga anak perempuannya dengan baik, agar anak tidak melakukan hubungan seks diluar nikah.

Lalu ciri-ciri orang yang sedang hamil itu seperti apa?  Apakah kita bisa meyakinkan bahwa kita (wanita) sedang hamil?  Setidaknya ada 15 ciri-ciri orang yang sedang hamil.  Ciri-ciri wanita hamil yaitu

1. Telat dan berhentinya menstruasi atau haid

Ciri orang yang lagi hamil adalah tidak didapatkannya menstruasi yang biasa terjadi.  Awalnya telat namun kemudian malah tidak terjadi haid.

2. Rasa mual dan muntah

Pada awal masa kehamilan seorang wanita akan merasakan rasa mual-mual dan muntah yang bisa terjadi pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari.  Ini terjadi dikarenakan wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormonal.  Akibatnya muncul rasa mual dan muntah atau morning sickness.

3. Sering pipis atau kencing

Penyebabnya adalah karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang mulai membesar.  Selain itu juga dikarenakan ada peningkatan sirkulasi darah pada wanita yang sedang hamil

4. Perubahan bentuk payudara

Payudara wanita hamil akan cenderung membesar dan ada perubahan warna puting susu.  Ini disebabkan karena ada perubahan hormonal.

5. Mudah capek dan lelah

Orang yang sedang hamil cenderung akan mudah lelah dan capek.  Rasa lelah dan capek ini hanya sampai pada masa kehamilan trimester kedua.

6. Merasa pusing dan sakit kepala

Penyebabnya adalah karena bertambahnya daya kerja organ-organ tubuh lainnya.  Dikarenakan ada janin yang juga mau tumbuh.

7. Rasa sakit punggung

Sakit punggung yang dirasakan saat hamil dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan anda bertambah dan selama masa kehamilan.

8. Ada rasa kram

Kram ini dikarenakan ada perubahan rahim yang kian membesar seiring tumbuhnya janin.

9. Rasa ngidam

Biasanya rasa ngidam ini muncul pada tahap-tahap awal kehamilan

10. Perubahan emosional atau moody

Wanita yang sedang hamil pada awal-awal kehamilan akan membuat emosional ibu meningkat dari pada biasanya.

11. Peningkatan temperatur tubuh

Pengukuran temperatur tubuh ini adalah dilakukan ketika pagi hari sehabis bangun tidur dan belum melakukan aktifitas.

12. Munculnya bau badan

Tak semua mengalami ini, penyebabnya bisa jadi karena keringat yang lebih daripada biasanya.

13. Pusing bahkan pingsan

Hal ini juga jarang terjadi.  Tapi hal ini bisa juga menimpa apabila si ibu kurang makan dan kurang minum sehingga tubuh akan lemah

14. Bercak darah

Hal ini disebabkan karena proses menempelnya embrio ke dinding rahim ibu.

15. Hasil tes urine

Dengan menggunakan test pack maka kita juga bisa mendeteksi kehamilan.  Bila hasilnya positif maka kita bisa memeriksakan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan.

Itulah 15 ciri-ciri orang hamil yang perlu kita ketahui.  Untuk artikel selengkapnya bisa baca di Tanda-tanda Wanita Hamil pada edisi sebelumnya.  Ciri-ciri orang hamil pada kesempatan kali ini untuk mengingatkan kembali tentang kehamilan.  Mengingat saat ini fenomena hamil diluar nikah kerap terjadi.  Menurut survey dari beberapa pelajar banyak yang hamil dan lahir diluar nikah (nasional.news.viva.co.id/news/read/344307-studi--20--remaja-jakarta-hamil-di-luar-nikah)

Bagi para bunda yang belum dikarunia anak, semoga diedisi mendatang bisa posting tentang tips agar agar cepat dikarunia anak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "15 Ciri-Ciri Wanita dan Orang Hamil"

Dinar Ajadin said...

benar tuh, anak-anak jaman sekarang sudah menganut budaya barat, jadi banyak yang hamil di luar nikah...
kalau begini tanggung jawab siapa ???

Ciri-ciri Orang Hamil