Melahirkan Anak Tanpa Nyeri? Inilah Cara Terbaru

cara melahirkan anak dengan lea
Benarkah ada cara yang efektif agar melahirkan tanpa rasa sakit dan nyeri?  Betulkah proses melahirkan dengan metode LEA tidak menimbulkan rasa nyeri dan mulas?  Adakah cara melahirkan dengan metode baru yaitu LEA?  Atau apa sih metode melahirkan dengan cara LEA?  Apakah lebih sakit dengan metode melahirkan dengan cessar?

Proses melahirkan bagi seorang ibu adalah sunatullah yang harus dijalani.  Melahirkan adalah proses dimana seorang ibu mengeluarkan janin yang telah dikandungnya selama 9 bulan 10 hari.  Dalam proses melahirkan bukanlah hal yang mudah, karena proses melahirkan bagi seorang ibu adalah proses yang mempertaruhkan nyawa.  Oleh karena itu Allah membalas seorang ibu yang meninggal pada waktu sedang melahirkan dengan pahala surga.

"Mati Syahid itu ada tujuh, selain mati terbunuh dalam perang fii sabilillah, yaitu: 1.mati karena penyakit tha'un, 2.mati karena tenggelam, 3.mati karena penyakit lambung,4.mati karena sakit perut, 5.mati karena terbakar, 6.mati karena tertimpa reruntuhan, dan 7. perempuan yang mati karena hamil atau melahirkan" (HR Ahmad, Abu Dawud, Nasai dan Malik)."

Di era sekarang ini, sesuatu yang sangat instan dan praktis akan menjadi daya tarik tersendiri termasuk dalam proses melahirkan.  Pada jaman dahulu belum dikenal dengan proses melahirkan dengan cara dioperasi atau caesar, namun era sekarang operasi caesar merupakan salah satu pilihan para ibu  untuk melahirkan.  Dengan operasi caesar, seorang ibu bisa melahirkan sesuai dengan tanggal yang diinginkan meskipun ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Selain metode operasi caesar, ada lagi metode melahirkan dengan cara Hypnobirthing.  Atau melahirkan dengan cara terapi hypno.  Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit yang timbul pada waktu proses melahirkan.  Ada lagi cara melahirkan dengan metode waterbirth.  Sesuai namanya, waterbirth adalah cara melahirkan dengan memasukkan ibu ke dalam kolam/bak yang berisi air.  Tujuannya juga hampir sama yaitu agar ibu bisa melahirkan dengan rasa nyaman dan dapat mengurangi rasa nyeri serta mulas yang sangat.

Pada dasarnya melahirkan adalah proses yang harus melewati rasa sakit dan rasa mulas yang sangat dirasakan oleh para ibu.  Karena dengan rasa mulas ini maka sang bayi akan terdorong untuk keluar dari rahim ibu.  Tapi bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan akan merasakan beban mental yang tinggi.  Apalagi kalau ada cerita dari teman atau tetangga yang proses kelahirannya kurang lancar.  Beban mental ini juga akan dirasakan oleh ibu yang pernah melahirkan akan tetapi pengalaman melahirkan yang pertama kurang menyenangkan.

Tapi bagi anda para ibu yang mau melahirkan, saat ini ada lagi metode melahirkan anak tanpa rasa nyeri.  Metode melahirkan tersebut dikenal dengan metode LEA, ada juga yang menyebutnya dengan metode LIA.  LEA kependekkan dari Lumbar Epidural Analgesia.  Menurut dr. Ardi Pramono, Sp. An, M.kes yang juga berprofesi sebagai Dekan di UMY mengatakan bahwa metode melahirkan dengan cara LEA akan dapat mengurangi rasa nyeri dan efek yang ditimbulkan tidak akan mempengaruhi sang bayi.

Untuk hasil yang didapatkan dari cara melahirkan dengan LEA adalah lebih akurat dan tidak sakit.  Cara ini berbeda dengan caesar.  Melahirkan dengan LEA, anastesi yang diberikan adalah anastesi lokal yang ditujukan pada otot-otot melahirkan.  Cara pemasangannya adalah dengan cara LEA  dipasang diantara ruas tulang belakang dan diberikan pada saat ibu merasakan rasa nyeri pada awal proses kelahiran.

Bagi para ibu yang masih khawatir dengan proses kelahiran, setelah ada metode Lea maka cara ini bisa menjadi pilihan.  Terutama bagi para ibu yang yang memiliki pinggul sempit, tenaga lemah.  Sebelum menggunakan metode lea ini maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan.

Penemuan-penemuan dan berbagai cara metode melahirkan merupakan penemuan atau inovasi yang diakibatkan adanya kejadian melahirkan yang tidak normal.  Bisa jadi karena pinggul sempit, tenaga lemah, untuk keselamatan bayi dan sebab-sebab lainnya.  Semua cara ini bertujuan untuk menyelamatkan sang ibu dan sang bayi.  Karena saat ini masih banyak ditemukan kasus-kasus ibu yang meninggal pada waktu melahirkan.

Untuk membantu proses melahirkan secara normal sebaiknya para ibu hamil memperhatikan dengan seksama, baik itu pola makan ibu hamil, pantangan makanan selama masa kehamilan yang harus dihindari dan gaya hidup lainnya yang akan membuat proses kelahiran menjadi sulit.

Sebagai tips dalam melahirkan sebaiknya ibu yang tidak mengalami masalah baik itu kelainan selama masa kehamilan ataupun fisik yang tidak mendukung sebaiknya para ibu melahirkan dengan cara yang normal.  Karena dengan cara normal akan membuat kita lebih merasa terharu dan lebih merasakan perjuangan sehingga akan membuat rasa sayang kepada anak menjadi lebih dan agar Allah mencatat segala pengorbanan selama proses kehamilan dengan pahala yang setimpal.  Semoga informasi mengenai kelahiran dengan metode LEA ini bisa menambah wawasan dan membuat anda semakin bijak untuk memilih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melahirkan Anak Tanpa Nyeri? Inilah Cara Terbaru"