Memberikan Nama Islami pada Anak


nama anak islami
Nama adalah doa.  Kalau dalam kamus wikipedia.org pengertian nama adalah sebutan atau label yang diberikan kepada benda, manusia, tempat, produk dan bahkan gagasan atau konsep.  Para orang tua memberikan nama kepada kita tentunya ada tujuan yang ingin diharapkan oleh para orang tua. Para orang tua berharap nama yang diberikan kepada anaknya akan menjadi doa dan tentunya anak tersebut kelak akan sesuai dengan nama yang telah diberikan.


Nama adalah hak seorang dan sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menamai anaknya.  Memberikan nama-nama yang baik merupakan tuntunan dalam islam.  Ada sebuah peribahasa yang mengatakan

" Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading dan manusia mati meninggalkan nama."


Oleh sebab itu, pemberian nama kepada anak hendaknya mengandung arti yang positif.  Islam tidak mengajarkan memberikan nama kepada anak dengan nama-nama yang jelek, misalnya si kikir, si susah, si kumat (karena anaknya sering kumat penyakitnya).
Dalam hadits dikatakan

"Sesungguhnya kamu akan diseru/panggil pada hari iamat dengan nama-nama kamu dan juga nama-nama bapak kamu, maka perbaguslah nama-nama kamu." (Hr. Imam Abu Daud)

Sesuai dengan hadits tersebut, maka menjadi kewajiban orangtuanyalah memberikan nama pada anaknya dengan nama-nama yang baik.  Mengingat nama-nama tersebut akan dipanggil ketika di hari akhir nanti.  Lantas kapan, waktu yang baik untuk memberikan nama pada anak yang baru lahir.

Nabi Shallallahu Alaihi wasallam bersabda

"Setiap anak kecil(bayi) tergadaikan dengan suatu aqiqah, disembelih untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama."(Hr. Imam Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah)

Waktu yang tepat untuk memberikan nama pada bayi adalah pada usia tujuh harinya.  Meskipun memberi nama pada anak pada hari kelahirannya juga diperbolehkan, karena pada hadits yang lain juga dikatakan 

"Telah dilahirkan untukku seorang anak, lalu aku membawanya kepada Rasulullah Saw, maka Baginda menamakannya Ibrahim dan Baginda mentahniknya dengan sebiji buah tamar serta Baginda mendoakan keberkatan untuknya." (Hr. Imam Bukhari dan Muslim)

Anda juga bisa membaca artikel tentang Mendidik Anak Ketika Lahir

Tips memberikan nama anak dalam Islam

1. Disunnahkan untuk memberikan nama-nama yang baik kepada anak. Sesuai dengan Hadits yang artinya

"Sesungguhnya kamu akan diseru/panggil pada hari kiamat dengan nama-nama kamu dan juga nama-nama bapak kamu, maka perbaguslah nama-nama kamu." (Hr. Imam Abu Daud)

Dengan memberikan nama yang baik, juga akan membantu anak untuk percaya diri di depan teman-temannya.

2. Dalam Islam, nama yang paling baik untuk anak yaitu dengan memberikan nama Abdullah dan Abdurrahman.  Ini sesuai dengan petunjuk dari Nabi Muhammad Saw dalam Sabdanya 

 "Sesungguhnya nama yang paling disukai oleh Allah dari nama-nama kamu adalah Abdullah dan Abdurrahman." (Hr. Imam Muslim)

3. Diperbolehkan memberikan nama kepada anak dengan nama-nama nabi.

"“Seorang lelaki dari kalangan kami baru memperolehi anak dan ia memberi nama anak itu ‘Muhammad’. Lalu kaumnya berkata kepadanya; ‘Kami tidak akan membiarkan kamu memberi nama dengan nama Rasulullah SAW. Maka lelaki ini pun pergi menemui Nabi SAW dengan membawa anaknya di atas belakangnya. Ia bertanya Nabi; “Ya Rasulullah, dilahirkan untukku anak dan aku menamakannya ‘Muhammad’, lalu kaumku berkata kepadaku; ‘Kami tidak akan membiar kamu menamakan dengan nama Muhammad.” Lantas Rasulullah SAW menjawab;

“Berilah nama dengan namaku, akan tetapi jangan memanggil dengan panggilanku (yaitu Abul-Qasim) kerana sesungguhnya aku adalah Qasim (pembahagi) yang membahagi di antara kamu.”   (Riwayat Imam Muslim).

Banyak sekali nama-nama yang baik yang bisa kita berikan kepada anak kita.  Untuk daftar nama-nama islami dan Software nama-nama Islami semoga bisa diposting di edisi berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memberikan Nama Islami pada Anak"