Manfaat Berenang untuk Anak

manfaat anak berenang
Mengisi liburan bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan.  Apalagi setelah sepekan beraktifitas di kantor yang penuh dengan pekerjaan.  Untuk menyegarkan kembali adalah dengan bermain bersama keluarga.  Bisa dengan jalan-jalan pagi ataupun acara pergi keluar kota seperti bertamasya ke tempat rekreasi.

Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan bersama keluarga adalah dengan mengajak keluarga berenang.  Selain menyenangkan, berenang adalah salah satu kegiatan yang tidak membosankan dan tentunya akan menyehatkan badan karena berenang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan.

Bagi anda yang mempunyai anak yang masih kecil, berenang adalah kegiatan yang dianjurkan untuk anak kecil.  Mengingat berenang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berenang untuk anak

1. Dapat meningkatkan IQ anak lebih tinggi

Dengan berenang akan membuat tubuh anak-anak bergerak lebih banyak dan dengan pergerakan tubuh tersebut akan merangsang pertumbuhan otak.  Untuk kegiatan berenang ini paling cocok apabila usia anak minimal sudah 5 tahun.

2. Dengan berenang akan memberikan stimulasi pada motorik

Bermain dalam air akan membuat anak bergerak.  Dan dengan gerakan tubuhnya tersebut akan membantu menguatkan ototnya dan akan merangsang saraf-saraf pada tubuhnya meskipun gerakan anak dalam berenang belum sempurna.

3. Berenang dapat melatih rasa percaya diri dan keberanian anak

Dengan melihat kolam renang yang luas akan membuat anak untuk tertarik menjelajahinya sehingga akan melatih anak untuk percaya diri serta keberaniannya.  Anak akan mencoba aneka permainan yang tersedia di dalam kolam renang.  Hal ini juga akan membuat ikatan emosi lebih dekat apabila kita ikut mendampingi anak berenang.

4. Dengan berenang akan melatih kemampuan sosial anak

Dengan berenang bersama-sama di kolam renang umum akan membuat anak untuk beradaptasi dan bersosialisasidengan teman yang lain.  Oleh karena itu berikan kesempatan pada anak ketika si anak sedang ngobrol dengan teman barunya di kolam renang, tetapi jangan lupa untuk tetap diawasi.

Itulah beberapa manfaat berenang untuk anak dan yang perlu diperhatikan adalah pengawasan orang tua ketika anak sedang berenang.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Berenang untuk Anak"