Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

29 June 2018

Pentingnya Kesehatan Gusi Dan Gigi Ibu Hamil

radang gusi ibu hamil

Senang rasanya jika bunda memasuki masa kehamilan.  Bagi seorang wanita ,mengandung merupakan kebanggaan tersendiri.  Akan tetapi apabila bunda sudah hamil maka tugas selanjutnya yaitu menjaga kehamilan dengan seksama agar nantinya bayi yang dilahirkan bisa sempurna dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Selama perjalanan kehamilan, asupan gizi dan pola hidup wanita hamil harus dijaga dengan betul agar perkembangan calon bayi bisa maksimal.  Tak kalah pentingnya yaitu bunda hamil harus menjaga kesehatan mulut terutama kesehatan gusi. Karena kesehatan gusi jika diabaikan selama masa kehamilan dapat berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandung.

Hal yang biasanya terjadi berkaitan dengan kesehatan mulut yaitu terjadinya radang gusi. Radang gusi jika tidak diobati maka akan bisa bertambah parah.  Kondisi ini bisa menyebar ke organ lain dan menyebabkan infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut dengan focal infection.  Oleh karena itu bunda hamil harus menjaga kesehatan mulut.

Seorang ibu hamil yang terkena Periodontitis berpeluang besar mempengaruhi kondisi janin.  Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.  Efek radang gusi ini bisa mempengaruhi berat badan bayi yang menjadi tidak ideal. Efek negatif yang terburuk yaitu janin bisa terlahir cacat. Kuman-kuman penyakit gusi apabila ia terbawa ke organ lainnya yaitu bisa menyebabkan jantung dan gangguan pencernaan jika kuman menyebar ke wilayah organ tersebut.

Tanda-tanda penyakit gusi yang bisa kita rasakan yaitu gusi terasa bengkak, terjadi pendarahan pada gusi, timbul rasa ngilu dan munculnya bau mulut atau halitosis. Penyebab utamanya yaitu kurang menjaga kesehatan mulut yang akibatnya muncul plak pada gigi.

Sebagai langkah awal pencegahan agar tidak terjadi radang gusi yang akut adalah dengan rajin menyikat gigi minimal 2 kali dalam satu hari, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.  Langkah selanjutnya yaitu rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan rutin cek kesehatan gigi ke dokter.  Untuk cek kesehatan gigi dianjurkan dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Kesehatan dan kebersihan mulut merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan khususnya ibu yang sedang hamil.  Meskipun terlihat sepele mengabaikan hal ini bisa menyebabkan efek buruk untuk kesehatan janin yang sedang dikandungnya.  Jika bunda hamil mengalami keluhan sekitar mulut maka baiknya segera konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani dengan segera dan tidak berpengaruh terhadap bayi yang sedang dikandung.
Back To Top