6 Jenis Makanan Pantangan Ibu Hamil

6 jenis makanan yang dilarang ibu hamil
Makanan memiliki peranan penting baik itu selama menjalani kehamilan ataupun ketika bunda sedang menjalani program kehamilan.  Jenis makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan benar agar tidak memberikan efek negatif terhadap kesehatan bunda dan kesehatan calon bayi yang sedang dikandung.  Makanan yang sehat dan alami merupakan pilihan yang terbaik untuk ibu hamil ataupun keluarga yang sedang melakukan program hamil.

Seiring dengan kemajuan jaman membuat beberapa hal yang bersifat instan-instan lebih disukai.  Hal yang instan ini biasanya peminatnya banyak dikarenakan berharganya waktu. Dengan sesuatu yang instan maka akan membuat semuanya menjadi lebih praktis dan lebih singkat.  Termasuk juga dalam hal makanan.  Makanan juga banyak yang serba instan. Nah, yang serba instan ini yang harus diwaspadai oleh bunda hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dan dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun bunda yang sedang menjalani program kehamilan bersama suaminya

1. Makanan olahan cepat saji

Di daerah perkotaan makanan siap saji ini merupakan makanan favorit.  Maka tak heran apabila junk food ataupun fast food akan memiliki banyak pelanggan.  Selain rasanya lebih enak junk food ataupun fast food akan lebih bergengsi dari pada makan di tempat lain.  Tapi perlu bunda ketahui bahwa junk food ataupun fast food ini sangat miskin gizi sehingga tidak akan memberikan manfaat yang banyak untuk perkembangan janin.  Oleh karena itu bunda hamil sebaiknya menghindari tipe makanan tersebut.

2. Makanan yang mengandung pengawet

Bahan pengawet akan membuat daya tahan makanan menjadi tahan lama.  Oleh karena itu makanan yang mengandung bahan pengawet sebaiknya dihindari.  Beberapa contoh makanan yang berpengawet antara lain makanan kaleng dan sarden.  Bunda hamil sebaiknya memperhatikan komposisi makanan yang akan dikonsumsinya. Biasanya bahan pembuat makanan akan tercantum dalam label makanan tersebut.

3. Kafein

Minuman yang mengandung kafein sebaiknya juga dihindari untuk para ibu hamil.  Salah satu contoh minuman yang mengandung kafein antara lain adalah kopi.  Sebaiknya minuman berkafein ini harus dihindari.

4. Makanan yang mengandung merkuri

Merkuri biasanya banyak terdapat pada makanan yang berasal dari laut.  Merkuri merupakan zat yang bisa menyebabkan calon bayi terlahir dengan kondisi autis ataupun dalam kondisi cacat.  Bunda sebaiknya memilih dengan tepat makanan yang berasal dari laut.  Pilihlah ikan segar yang terbebas dari merkuri.

5. Kebiasaan merokok

Ada dua macam tipe perokok yaitu perokok aktif maupun perokok pasif. Perokok pasif akan memiliki resiko lebih besar daripada perokok aktif.  Bagi bunda yang masih memiliki kebiasaan merokok sebaiknya kebiasaan buruk tersebut harus dihentikan demi kesehatan janin.  Selain itu bunda juga harus berhati-hati terhadap para perokok aktif agar kita tidak menjadi perokok pasif.

6. Minuman beralkohol

Alkohol bisa memberikan efek negatif dan cenderung lebih membahayakan.  Karena alkohol bisa menurunkan kualitas sperma para suami.  Kualitas sperma yang buruk akan memperlambat proses kehamilan.  Bunda perlu berhati-hati dengan alkohol karena alkohol kadang juga terdapat pada obat-obatan.  Lihat dengan seksama kemasan suatu obat.

Mencegah lebih baik daripada mengobati karena penyesalan selalu datang belakangan.  Oleh karena itu bunda hamil harus memahami dengan baik makanan yang dikonsumsinya.  Hindarilah kebiasaan buruk di atas untuk menjaga kesehatan bayi.  Kesehatan merupakan harga mahal yang tidak ternilai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Jenis Makanan Pantangan Ibu Hamil"