Waspada Terhadap Sarana Bermain Umum Anak

waspada terhadap sarana bermain anak
Tempat bermain anak.  Hari libur merupakan hari yang menyenangkan untuk bermain bersama anak dan keluarga.  Setelah satu minggu beraktivitas di kantor, menyegarkan pikiran dengan meluangkan waktu untuk bermain dengan anak dan keluarga merupakan cara yang sehat agar tidak stress dan jenuh.  Melihat keceriaan anak di akhir pekan adalah hal yang bisa mengendorkan ketegangan syaraf dan pikiran.

Banyak tempat yang menyediakan sarana bermain, mulai dari yang gratisan dan yang berbayar.  Apalagi di kota-kota besar sarana bermain adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan.  Maka tak jarang kita akan mudah menemukan sarana bermain di tempat-tempat belanja atau mall.  Di tempat-tempat terbuka juga banyak tersedia sarana bermain.  Mulai dari taman-taman kota ataupun fasilitas dari pengembang perumahan.

Untuk membantu perkembangan anak, bermain di luar rumah merupakan kegiatan yang sebaiknya di jadwalkan. Dengan bermain di tempat umum akan membantu anak dalam perkembangan sosialnya dan untuk menambah pengalaman diri anak.  Namun yang diperlukan diperhatikan ketika bermain diluar rumah adalah pengawasan dan keamanan tempat sarana bermain.

Pengawasan dan keamanan mutlak diperhatikan dengan benar mengingat sarana bermain umum merupakan tempat bercampurnya banyak anak dan aneka mainan dengan berbagai macam umur.  Penularan penyakit dan kecelakaan anak bisa saja terjadi di arena bermain tersebut.  Oleh karena itu para orangtua harus mengawasi dengan baik ketika anak bermain.

Penularan penyakit di arena bermain

Karena arena bermain merupakan tempat berkumpulnya banyak anak maka kita patut waspada dengan penyakit.  Kita tidak akan bisa mendeteksi apakah seseorang anak sedang sakit atau tidak.  Apakah tangan anaknya mengandung bakteri/virus yang kemudian menempel pada mainan.

Selain itu arena bermain juga perlu diperhatikan mengenai perawatan sarana bermain.  Para orangtua sebaiknya memperhatikan tingkat kebersihan sarana bermain.  Lingkungan yang jorok dan kotor sebaiknya dihindari apabila sarana bermain tersebut berada di dalam ruangan.  Ruangan bermain yang bagus adalah ruangan yang ada sinar matahari yang masuk.  Karena dengan sinar matahari, beberapa virus ada yang mati karena sinar matahari tersebut.

Pengawasan keselamatan anak

Sarana bermain di tempat umum juga harus diperhatikan faktor keselamatannya.  Dengan aneka mainan tentu akan sangat menarik untuk anak.  Pastikan bahwa anak bermain dengan mainan yang sesuai dengan usianya agar tidak terjadi kecelakaan.  Kalaupun anak harus bermain dengan mainan yang tidak sesuai usianya maka orangtua sebaiknya menemani dan ikut bermain agar anak tidak celaka.

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah fasilitas keamanan yang disediakan owner sarana bermain.  Apakah kelistrikan terbungkus dengan sempurna, maksudnya agar anak tidak kesetrum.

Setelah kita memperhatikan faktor dari fasilitas yang disediakan maka orangtua juga harus memperhatikan peralatan keamanan yang dipakai anak.  Peralatan di sini salah satunya adalah baju yang dikenakan anak.  Pastikan bahwa baju anak memang aman untuk dipakai.  Baju tidak banyak mengandung tali, baju yang terlalu tebal agar tidak mengganggu kenyamanan anak.  Baju yang banyak talinya bisa menyebabkan anak terlilit.

Karena banyaknya manfaat yang didapat dari sarana bermain, maka luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak.  Tujuannya adalah agar anak mendapatkan pengalaman-pengalaman baru yang menyenangkan.  Untuk lama bermain bisa sekitar 1 hingga 2 jam itu sudah cukup.  Mengenai frekuensi bermain bisa 1 hingga 2 kali dalam seminggu.  Semoga akhir pekan bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk anak dan keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Terhadap Sarana Bermain Umum Anak"